Indonetwork, Kesehatan – Dalam tubuh manusia terdapat 60%-70% kandungan air. Besarnya persentase tersebut menunjukkan bahwa cairan merupakan bagian penting bagi manusia, khususnya tubuh. Manusia membutuhkan cairan dalam tubuh untuk menjalankan fungsi tubuh dalam proses metabolisme.

Namun, tidak semua cairan dapat masuk ke dalam tubuh manusia, hanya air bersih dan sehat yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Air tersebut harus memiliki pH yang sesuai dengan tubuh manusia. Sehingga air yang dapat dikonsumsi harus memenuhi kriteria tertentu, salah satunya adalah pH air yang mendekati 7 agar dapat dikonsumsi oleh manusia. Anda harus memastikan kadar pH dengan alat ukur pH air memiliki hasil yang sesuai dengan standar kesehatan. Kadar pH dalam air yang sehat tidak memiliki keasaman maupun terlalu basa untuk dikonsumsi.

Manfaat Kadar pH Air Yang Tinggi Bagi Tubuh

Kadar pH (Power of Hydrogen) merupakan suatu derajat keasaman yang digunakan menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Nilai pH air minum yang mendekati 7 adalah nilai yang digunakan pada kandungan air yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, nilai pH tinggi memiliki manfaat lebih bagi tubuh, khususnya untuk mencegah beberapa penyakit seperti kanker. 

Saat ini, air dengan pH 8 atau 9 banyak dikonsumsi oleh banyak orang karena memiliki manfaat untuk menetralkan kadar asam dalam tubuh. Tidak hanya itu, air yang disebut air alkali ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan tubuh sebagai berikut.

Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Air dengan kadar pH yang tinggi memiliki manfaat untuk menjadi sistem imun pada tubuh. Imunitas dan pH dalam tubuh akan mengalami penurunan ketika Anda melakukan gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan pedas, junk food, dan lain sebagainya. Sehingga tubuh membutuhkan air dengan kadar pH yang tinggi untuk dapat menyeimbangkan pH dan meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. 

Menjaga Kadar pH Darah

Darah merupakan salah satu cairan yang penting dalam tubuh manusia. Darah memiliki tugas dalam tubuh untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Sehingga, Anda perlu menjaga keseimbangan pH dalam darah pada tubuh.

Baca juga: PENTINGNYA PH AIR MINUM UNTUK TUBUH

Memperlambat Proses Penuaan

Memperlambat penuaan

Dalam dunia kecantikan, orang melakukan berbagai cara dan mengkonsumsi banyak makanan atau minuman yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bagi sebagian orang, air alkali diyakini dapat membantu dalam memperlambat proses penuaan. Hal ini karena kandungan air yang kaya akan antioksidan yang dapat mencegah penuaan serta masalah kulit lainnya.

Mencegah Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang banyak sering kali dialami oleh banyak orang. Sehingga banyak cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit ini, salah satunya dengan mengkonsumsi air minum dengan kadar pH sebesar 8,8. Dengan kandungan pH yang tinggi dapat menetralkan tingkat asam yang terlalu tinggi di lambung dan menonaktifkan enzim pepsin yang memicu penyakit asam lambung. 

Menjaga Elektrolit Dalam Tubuh

Elektrolit adalah kandungan mineral bermuatan listrik yang terdapat di dalam sel, jaringan, dan cairan tubuh. Fungsi dari elektrolit dalam tubuh adalah untuk mengontrol keseimbangan asam basa tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi air alkali dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam cairan tubuh untuk mencegah tingkat keasaman yang tinggi dalam tubuh.

Jenis-Jenis Alat Pengukur pH Air

Air dengan pH yang tinggi memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, sehingga penting bagi Anda untuk mengkonsumsi air dengan kadar pH yang tepat. Untuk mengetahui kadar pH pada air yang akan dikonsumsi, Anda dapat menggunakan beberapa jenis alat pengukur pH air, seperti:

Kertas Lakmus Merah dan Biru

Salah satu jenis alat yang dapat digunakan untuk mengukur pH air adalah dengan menggunakan kertas lakmus merah dan biru. Kertas ini dapat Anda gunakan untuk menentukan derajat keasaman/kebasaan dari suatu larutan seperti air.

Caranya adalah dengan meneteskan air ke atas kertas lakmus dan didiamkan hingga berubah warna. Kertas lakmus biru akan berwarna biru dalam larutan basa atau netral, dan akan berubah merah dalam larutan asam. Sedangkan kertas lakmus merah akan berwarna biru dalam larutan basa dan tetap merah dalam larutan asam. 

PH Meter Digital

Jika Anda ingin mengetahui kadar pH air secara akurat, alat ukur pH air atau pH Meter digital dapat Anda gunakan. Alat ini akan menunjukkan kadar pH dalam air secara akurat. Biasanya alat ini digunakan oleh perusahaan air mineral untuk mengecek kadar pH air untuk dikonsumsi. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengambil sampel air dan memasukkan pH Meter ke dalam air tersebut, dan alat akan menunjukkan nilai angka pH air.

Indikator Alami

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kadar pH air adalah dengan indikator alami. Cara ini dapat Anda coba tanpa menggunakan alat tertentu, melainkan dengan penggunaan jenis tanaman tertentu. Seperti penggunaan bunga sepatu yang akan akan menunjukkan warna merah jika larutan asam dan netral, lalu akan berubah berwarna kuning kehijauan pada larutan basa. 

Baca juga: CARA MEMILIH ALAT PENGUKUR PH AIR YANG TEPAT

Air memang menjadi elemen yang tidak bisa digantikan dalam kehidupan semua makhluk hidup. Sehingga, Anda harus memastikan kadar pH air yang dikonsumsi sesuai dengan standar kesehatan. Perlu untuk menggunakan alat pengukur pH air yang tepat agar dapat menunjukkan kadar pH air. Anda dapat menemukan distributor alat pengukur pH air dengan mudah karena fungsi alat yang cukup penting. CV. Berkah Amanah adalah salah satu distributor yang dapat Anda kunjungi untuk membeli alat pengukur ini dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau. 

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks