Indonetwork, Peralatan Industri – Di dunia penjahitan, terdapat berbagai macam jenis benang jahit dengan karakteristik dan penggunaan yang berbeda. Salah satunya yaitu benang jahit karung yang biasa Anda temukan pada karung beras, karung pakaian bekas, karung paket, dan sebagainya.

Benang jahit karung merupakan benang khusus yang digunakan untuk merekatkan atau mengikat ujung karung sehingga karung dapat tertutup dengan aman. Ukuran benang jenis ini jelas lebih besar dari benang untuk menjahit pakaian, begitu juga dengan kekuatannya yang jauh lebih kuat.

Karena digunakan untuk mengikat karung yang besar dan berat, maka benang jahit karung harus kuat, tebal, dan tidak mudah putus. Karena itu, benang jahit karung umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti polipropilena (PP) atau polyester (PE).

Polipropilena (PP) atau polyester (PE) dipilih untuk bahan benang jahit karung karena daya tahannya yang bagus terhadap cuaca dan mampu menahan beban berat, seperti beras, tanpa mudah putus. Lapisan khusus juga terkadang ditambahkan untuk meningkatkan ketahanan terhadap kelembapan dan faktor lingkungan lainnya.

Terdapat berbagai ukuran dan warna benang jahit karung. Selengkapnya, Anda bisa simak rangkumannya berikut ini.

Warna Benang Jahit Karung dan Penggunaannya

Benang jahit karung terdiri dari beberapa warna, seperti merah, putih, hitam, dan hijau yang menjadi simbol dan mempunyai arti tertentu. Pada dunia bisnis dan branding, pemilihan benang jahit karung warna sangat penting karena akan memudahkan identifikasi dan pengecekan oleh produsen, distributor atau supplier, dan pembeli.

Berikut warna benang jahit karung dan tujuan penggunaannya, yaitu:

Putih

Merupakan warna benang jahit karung yang paling umum dipilih. Warna putih memberi tampilan bersih dan rapi pada karung, biasanya digunakan pada karung beras yang ada di toko atau gudang penyimpanan.

Hijau

Sedangkan benang karung hijau digunakan untuk menandai bahwa karung beras tersebut berisi beras organik atau beras ramah lingkungan.

Baca Juga: 10 Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos

Merah

Selain benang karung hijau, terkadang karung beras organik juga direkatkan menggunakan benang karung merah.

Hitam

Sementara itu, karung yang berisi beras premium atau berkualitas tinggi biasanya menggunakan benang hitam. Hal ini karena warna hitam sering dikaitkan dengan produk-produk mewah.

Kuning

Benang jahit karung warna kuning juga menjadi salah satu yang umum digunakan. Biasanya, warna kuning digunakan untuk memberi tanda karung beras yang isinya beras medium atau jenis lain.

Cokelat

Beberapa produsen atau supplier beras ada pula yang menggunakan benang jahit warna cokelat untuk menandai karung beras organik.

Biru

Lain halnya dengan benang jahit karung biru. Benang jahit warna ini biasanya digunakan pada karung beras yang dialokasikan untuk program bantuan sosial, sehingga mudah dibedakan.

Kembali lagi, pemilihan warna-warna benang jahit karung bisa bervariasi tergantung pada branding produk maupun preferensi pribadi. Terkadang, beberapa supplier yang hanya memasok beras tertentu tidak begitu memperhatikan warna benang dan hanya menggunakan satu warna saja.

Ukuran Benang Jahit Karung

ukuran benang jahit karung
Sumber: Citra Menara Mas

Benang jahit karung tersedia dalam beberapa ukuran berbeda. Tidak ada aturan harus menggunakan ukuran mana, karena penggunaannya disesuaikan kembali kebutuhan Anda, baik dari karakteristik karung dan berat beban.

Namun, ukuran benang jahit karung yang umum digunakan, di antaranya:

  1. Ukuran 14/4 (Tex 180) diameter 0,4 mm: Cocok untuk jahitan karung beras berukuran sedang karena cukup kuat dan biasa digunakan dalam industri pengemasan dan pertanian.
  2. Ukuran 20/6 (Tex 120) diameter 0,5 mm: Direkomendasikan untuk karung beras ukuran lebih kecil dan ringan karena teksturnya yang halus.
  3. Ukuran 30/6 (Tex 80) diameter 0,6 mm: Sangat cocok untuk karung beras dengan bobot yang sangat ringan, seperti pada karung kertas yang lebih tipis.
  4. Ukuran 20/9 (Tex 270) diameter 0,3 mm: Biasanya digunakan untuk jahitan karung beras berukuran sedang hingga besar.

Mungkin ada dari Anda yang masih bingung dengan sistem penomoran pada ukuran benang jahit karung di atas? Sistem penomoran tersebut adalah untuk mengidentifikasi ketebalan dan kekuatan.

Misalnya benang jahit karung 20/5, berarti angka pertama (20) mengacu pada ketebalan benang, sehingga semakin besar angkanya, maka semakin tebal benangnya. Lalu, angka kedua (6) mengacu pada jumlah lapisan benang yang menyusun benang jahit.

Sementara semakin besar angka Tex, semakin besar pula diameternya, dan menandakan benang tersebut bisa digunakan untuk karung dengan beban yang berat. Begitu pula dengan angka Tex yang semakin kecil.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kaos Sablon agar Tahah Lama

Fungsi Benang Jahit Karung di Berbagai Aspek

Di pasaran, terdapat berbagai merek benang jahit karung yang mempunyai karakteristiknya masing-masing. Salah satunya benang jahit karung Monas dan Kepala Kambing yang dikenal dengan benang jahit karungnya yang kuat dan tahan lama. Benang jahit karung Monas dan Kepala Kambing dirancang untuk bisa diaplikasikan di berbagai sektor industri.

Nah, berikut beberapa fungsi benang jahit karung di berbagai aspek pengemasan.

  1. Mengikat atau menjahit karung agar isinya terlindungi dengan aman, baik untuk produk pupuk, gandum, kardus, hingga barang rumah tangga lainnya.
  2. Untuk menjahit karung-karung hasil panen pertanian, seperti beras, jagung, dan kacang-kacangan.
  3. Memudahkan pengangkutan dan pengiriman karena karung dan isinya terjahit dengan rapi.
  4. Dapat digunakan juga untuk melindungi karung yang berisi material proyek konstruksi, seperti pasir, kerikil, dan semen.
  5. Terkadang dimanfaatkan juga dalam proyek kreatif, seperti pembuatan tas, anyaman, dan dompet.

Benang jahit karung tidak sama dengan benang jahit kain biasa, karena penggunaannya yang khusus untuk kemasan karung yang tebal dan memuat bobot berat. Apabila Anda membutuhkan benang jahit karung, mudah untuk mendapatkannya dari Citra Menara Mas. Mereka adalah perusahaan benang yang yang telah melayani lebih dari 1.000 pelanggan di hampir seluruh pelosok Nusantara.

Selain benang jahit karung, Anda juga bisa mendapatkan aneka jenis benang, mulai dari benang halal, benang pengaman, benang jahit jumbo, hingga benang polyester berkualitas. Hubungi Citra Menara Mas sekarang untuk mendapatkan best price dan penawaran eksklusifnya.

Enable Notifications OK No thanks