Indonetwork, Bahan Bangunan – Sumber daya alam yang semakin menipis, mendorong berbagai pihak untuk menciptakan sumber daya pengganti dan dapat terbaharui. Salah satunya adalah membuat material buatan yang lebih ramah lingkungan. Tujuannya adalah untuk menggantikan material dari sumber daya alam yang semakin menipis. Material kayu komposit atau Wood Plastic Composite (WPC) menjadi salah satu material buatan yang ramah lingkungan. 

Material ini menjadi salah satu bahan plastik yang dijadikan alternatif pengganti kayu alami dan kayu lapis. Saat ini banyak produsen kayu komposit atau WPC yang menghasilkan variasi material yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya pada eksterior dan interior bangunan.

Baca juga: PERBEDAAN LANTAI SPC DAN VINYL, MANA YANG LEBIH BAGUS?

Apa itu WPC (Wood Plastic Composite)? 

Mengenal kayu komposit atau wood plastic composite (WPC)

WPC atau Wood Plastic Composite merupakan jenis material yang terbuat dari campuran plastik dan kayu. Material yang sering disebut kayu komposit ini menjadi solusi dari kelangkaan dan kenaikan harga pada kayu. Tidak hanya itu, eksploitasi hutan yang mengancam lingkungan juga mendorong munculnya material WPC dalam industri. 

Material WPC lebih ramah lingkungan karena material ini terbuat dari campuran serbuk kayu dan plastik karbon dengan campuran bahan lain, seperti perekat, anti UV agar warna tahan lama. Kemudian bahan dicampur dengan menggunakan mesin extruder hingga tercampur seperti bubur. Bahan tersebut lalu dicetak dengan berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tekstur permukaan yang bervariasi.

Dengan adanya kandungan plastik pada kayu komposit, material ini anti rayap dan tahan terhadap air. Tidak hanya itu, dengan material pembentuknya membuat jenis kayu komposit tidak memiliki bau serta mudah untuk di daur ulang. 

Kayu komposit yang diproduksi saat ini memiliki tampilan seperti kayu asli. Banyak produsen kayu komposit yang menjual produk dengan motif kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa menggunakan material ini pada eksterior dan interior bangunan agar terlihat lebih modern dengan sentuhan motif kayu. 

Jenis dan Kegunaan WPC

Kayu komposit yang ada saat ini terdiri dari 2 jenis. Masing-masing jenis dari kayu komposit tersebut dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan, salah satunya pada eksterior dan interior bangunan. Berikut ini adalah 2 jenis WPC atau kayu komposit yang dapat Anda temukan.

1.  Kayu Komposit Hollow (Wood Plastic Composite Hollow)

Jenis kayu komposit ini memiliki lubang yang ada di dalam kayunya sehingga mirip dan identik dengan besi hollow. Kayu komposit hollow biasanya digunakan untuk pagar, decking, plafon, dan lantai teras. WPC ini juga mudah dikombinasikan dengan material lainnya.

2. Kayu Komposit Solid (Wood Plastic Composite Solid)

Kayu komposit solid dapat dijumpai dalam bentuk papan lurus atau melengkung. Dengan komposisi yang solid, material ini digunakan sebagai bahan bangunan alternatif pengganti kayu. WPC solid banyak digunakan pada eksterior dan interior bangunan karena tampilannya yang memberikan kesan mewah serta modern pada hunian. Anda bisa menggunakan material ini di lantai dan dinding outdoor hunian.

Kelebihan dan Kekurangan WPC (Wood Plastic Composite)

Setelah mengetahui mengenai material WPC, Anda juga perlu mengetahui kelebihan pada material ini. Sebelum menggunakannya dan beralih, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari material kayu komposit.

Kelebihan material WPC (Wood Plastic Composite):

  • Material ramah lingkungan, tidak beracun dan tidak membahayakan lingkungan
  • Awet dan tahan lama
  • Tahan pada api, tidak mudah terbakar dan merambat api
  • Tahan terhadap berbagai cuaca
  • Material WPC dapat di daur ulang
  • Dapat dicat ulang dengan tampilan warna sesuai selera
  • Anti rayap, serangga, dan jamur
  • Mudah dalam pemasangannya

Kelebihan material WPC (Wood Plastic Composite):

  • Hanya terdapat sedikit pilihan warna dan motif
  • Kandungan polimer pada material kurang tahan terhadap radiasi sinar UV, sehingga rawan meleleh
  • Terdapat kandungan kimia
  • Harganya cenderung lebih mahal
  • Membutuhkan perawatan khusus agar tahan lama

Cara Pemasangan WPC

cara pemasangan wpc

Salah satu kelebihan dari material WPC adalah pemasangannya yang mudah. Aplikasinya yang mudah pada berbagai bagian bangunan membuat material ini banyak digunakan. Berikut ini adalah cara pemasangan wood plastic composite (WPC) pada lantai dan dinding.

Pemasangan pada Lantai Outdoor

  1. Pasang rangka atau joist dengan jarak 30-35 cm
  2. Material yang akan dipasang secara permanen, dapat dibor dan sekrup rangka ke lantai.
  3. Jika rangka sudah terpasang, letakkan decking WPC di atas rangka atau joist. Jika rangka yang terpasang dengan posisi vertikal, maka decking WPC harus dipasang dengan posisi horizontal, dan sebaliknya. 
  4. Berikan jarak antar decking WPC dengan nat yang lainnya sekitar 5-7 mm untuk menghindari kelembaban ketika terkena air.
  5. Pasang plastic clip untuk decking WPC dengan jarak 30 cm

Pemasangan pada Dinding Indoor

  1. Pasang besi hollow pada permukaan dinding dengan jarak sekitar 40 cm
  2. Pasang dinding panel WPC ke besi hollow secara berlawanan. Jika besi dipasang secara vertikal, maka dinding panel dipasang secara horizontal, dan sebaliknya.
  3. Gunakan paku atau baut untuk memasang dinding panel WPC ke besi hollow dengan cara mengaitkan paku pada dinding panel pertama. Tujuannya agar paku atau baut tidak terlihat. 
  4. Jika pemasangan dinding panel WPC dengan kayu, lapisi dinding panel dengan lem kayu lalu rekatkan pada besi hollow.

Baca juga: KENALI JENIS KAYU YANG BAGUS UNTUK BAHAN BANGUNAN

Penyedia Jasa Pasang Komposit

Dengan tampilan desain kayu komposit yang mewah dan modern, tidak heran jika saat ini banyak yang beralih pada material ini. Material ini digunakan pada eksterior dan interior bangunan pada lantai, dinding, dan plafon. Material WPC berkualitas bisa Anda dapatkan dari PT. Mega Komposit Indonesia

Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis lantai dan panel WPC dengan pilihan warna dan bentuk yang beragam. Produk untuk ceiling, flooring, decking, facade, wallpaper serta door frame dapat Anda temukan disini. Tidak hanya itu, produsen kayu komposit ini menyediakan jasa pasang komposit dengan tenaga ahli yang berpengalaman. 

 


Author

%d bloggers like this: