Legal Officer merupakan profesi yang bertugas melindungi perusahaan dari sejumlah permasalah hukum yang dapat mengakibatkan terhambatnya sejumlah operasional perusahaan. Oleh karena itu, profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengurus segala pekerjaan dalam organisasi yang memerlukan legalitas.

Legalitas merupakan bentuk dari ketaatan perusahaan terhadap aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Perusahaan dengan legalitas akan dipandang sebagai perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi dan profesional oleh mitra, investor, karyawan, dan pihak-pihak yang memiliki kerja sama dengan perusahaan tersebut.

Apa itu Legal Officer

Dilansir dari AR Generasi Unggul, Legal Officer adalah suatu profesi yang memiliki tugas menangani masalah hukum baik internal maupun eksternal. Selain itu, bagian ini juga bertugas untuk menjaga organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja agar terhindar dari permasalahan hukum serta untuk mengatur legalitas dan izin perusahaan.

Bagian Legal Officer bertanggung jawab mengurus semua dokumen, perizinan, serta berbagai permasalahan hukum dalam perusahaan yang dapat menghambat operasional perusahaan. Apabila operasional perusahaan terganggu, maka akan memberikan dampak permasalahan hukum yang serius bagi perusahaan.

Secara umum, profesi ini berperan sebagai konsultan hukum yang berwenang memberikan nasehat atau opini hukum kepada pimpinan perusahaan. Legal Officer juga dapat menjadi advokat yang bisa mewakili perusahaan apabila terjadi masalah di pengadilan.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Menggunakan Perusahaan Cleaning Service

Tugas Legal Officer

Legal Officer
Sumber: Pexels

Dilansir dari Libera, berikut beberapa tugas yang ditangani oleh Legal Officer.

Tugas Utama

Legal Officer sebagai advokat perusahaan, bertugas untuk mewakili perusahaan jika terjadi masalah di pengadilan. Adapun jika sebagai pelaksana perusahaan, divisi ini bertugas untuk menyiapkan dan mengurus perizinan dan dokumen-dokumen lainnya baik dokumen internal maupun dokumen eksternal perusahaan. Selain itu, Legal Officer juga dapat berperan sebagai konsultan hukum perusahaan untuk memberikan nasihat atau saran mengenai hukum kepada pemimpin perusahaan.

Memberikan Nasihat Hukum

Divisi ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan arahan kepada direksi mengenai masalah hukum, potensi resiko, tindakan yang perlu diambil ketika terjadi masalah, dan beberapa pertimbangan yang diperlukan. Pertimbangan yang diberikan oleh Legal Officer, diukur dari kemungkinan resiko yang akan terjadi kedepannya.
Nasihat-nasihat hukum yang diberikan kepada dewan direksi dapat berbentuk lisan maupun tertulis. Bahkan biasanya disertai dengan definisi dari istilah-istilah sulit mengenai hukum agar mudah dipahami oleh dewan direksi.

Mengelola Dokumen Legal

Bagian ini juga bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen legal milik perusahaan seperti kontrak kerja, perjanjian partnership, sertifikat saham, dan lain sebagainya.

Melakukan Riset

Selain itu, posisi ini juga bertugas melakukan riset, terhadap kebijakan dan peraturan pemerintah. Bagian ini diminta untuk selalu memperbarui segala informasi mengenai sumber daya hukum seperti artikel, undang-undang, dan keputusan pengadilan. Proses riset pada bagian ini merupakan proses yang penting, karena akan berakibat fatal apabila pihak Legal Officer tidak mengetahui peraturan terbaru yang berlaku pada suatu negara.

Mengidentifikasi Resiko

Bagian Legal Officer juga bertugas untuk mendeteksi resiko yang bisa ditimbulkan karena permasalahan terkait hukum. Apabila resiko sudah terdeteksi, mereka juga bertugas untuk memberikan beberapa saran untuk menghindarkan perusahaan dari resiko yang akan ditimbulkan.

Mengadakan Sosialisasi

Peran Legal Officer dalam suatu perusahaan bertujuan untuk menghindarkan perusahaan dari segala permasalahan yang menyangkut hukum. Oleh karena itu, untuk menjaga perusahaan tetap berjalan pada jalurnya, perusahaan perlu untuk mengadakan sosialisasi atau pengarahan terkait hal-hal yang perlu dihindari agar reputasi perusahaan bisa terjaga.

Baca juga: Butuh Konsultan Perpajakan Terpercaya, Artax Solusindo Solusi Tepat

Legal Officer dalam Perusahaan

Legal Officer
Sumber: Pexels

Pada suatu perusahaan, posisi Legal Officer berada langsung di bawah Direksi dan Staf Ahli Direksi. Bagian penempatan yang strategis dalam sebuah susunan organisasi perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar mudah ketika berkoordinasi dengan bagian-bagian lain seperti akunting, marketing, HRD, dan internal audit.
Dengan adanya tim legal dalam sebuah perusahaan, maka permasalahan-permasalahan yang berkenaan dengan hukum dapat langsung ditangani dan tidak perlu membutuhkan waktu lama. Mereka juga akan langsung dapat mendeteksi apabila terdapat permasalahan hukum yang akan muncul dalam suatu perusahaan.

Pekerjaan di bidang ini, juga memiliki tugas eksternal, yakni sebagai penghubung antara perusahaan dengan pihak perusahaan luar yang memiliki hubungan kerja sama. Legal Officer bertugas untuk memastikan keja sama dengan pemerintah, memastikan seluruh perizinan perusahaan telah terpenuhi, hingga membuat daftar perizinan lengkap dengan konsep pengajuannya. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab terhadap persiapan kontrak atau perjanjian kerja sama hingga memantaunya sampai selesai.

Baca juga: Butuh Jasa Pelatihan dan Konsultasi Go System Consultant Solusinya

Pelatihan Legal Online

Apabila Anda ingin meningkatkan kemampuan karyawan pada perusahaan Anda atau meningkatkan kemampuan Anda secara personal berkaitan dengan profesi Legal Officer, Anda dapat menggunakan jasa pelatihan yang dapat menunjang kinerja pekerjaan melalui AR Generasi Unggul.

AR Generasi Unggul merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa training dan workshop terapan, sertifikasi kompetensi BNSP, konsultan pengembangan sistem SDM, dan masih banyak lagi. Mereka menyediakan pelatihan legal online dengan tenaga kerja profesional dan berpengalaman lho. AR Generasi Unggul akan memberikan pelayanan terbaik mereka untuk membantu Anda dengan sebaik-baiknya. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website AR Generasi Unggul atau dapat juga melalui Whatsapp/Call/email untuk konsultasi lebih lanjut.


Author

%d bloggers like this: