Indonetwork, ElektronikMemilih printer thermal Bluetooth terbaik menjadi prioritas utama pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya lebih lencar. Pasalnya, aset usaha yang tidak dipilih dengan baik dan teliti tentu akan menjadi boomerang bagi kelangsungan proses usaha.

Maka dari itu bagi Anda yang akan membeli printer thermal Bluetooth, maka perlu rmemperhatikan kualitas, tujuan, dan harga sebelum membeli perangkat tersebut dengan benar.

Nah, untuk memudahkan Anda mendapatkan printer thermal Bluetooth berkualitas, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Namun sebelumnya, mari mengulas ringkas apa itu printer thermal Bluetooth, kegunaanya, hingga jenis-jenis printer thermal berdasarkan cara kerjanya.

Apa Itu Printer Thermal Bluetooth?

merk printer bluetooh terbaik
Sumber: Pixabay

Printer thermal Bluetoth merupakan perangkat printer yang digunakan untuk mencetak struk, resi, kupon, dan lain sebagainya. Berbeda dengan mesin kasir biasanya yang menggunakan listrik untuk mencetak struk, printer ini menggunakan bluetooth untuk mencetak struk dari aplikasi yang terhubung.

Printer ini umumnya berbentuk portabel dan lebih kecil sehingga lebih mudah dipindahkan kemana-mana. Printer thermal ini juga menggunakan kertas thermal. Kertas thermal merupakan kertas yang biasa digunakan sebagai bukti pembayaran di kasir.

Jenis  kertas ini terbuat dari bahan kimiawi yang apabila dipanaskan maka berubah warna. Kertas thermal juga memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Merk Printer Bluetooth Terbaik untuk UMKM

Kegunaan Printer Thermal Bluetooh

Secara umum printer thermal Bluetooth sering digunakan sebagai bukti pembayaran untuk mendukung kelangsungan bisnis Anda. Maka dari itu berikut ini beberapa rincian kegunaannya.

  • Mencetak struk pembayaran swalayan
  • Sebagai bukti embayaran SPBU
  • Cetak struk pembayaran kasir
  • Membuat resi pengiriman produk
  • Mencetak label produk
  • Dan lain sebagainya

Jenis-jenis Printer Thermal berdasakan cara kerjanya

printer bluetooth thermal
Sumber: Amazon

Di pasaran terdapat dua jenis printer thermal Bluetooth yang sering ditemui berdasarkan cara kerjanya. Berikut ini ulasannya.

1. Direct Thermal

Jenis printer bluetooth Direct Thermal menggunakan cara kerja dengan memanaskan ketas dan tidak menggunakan pita, tinta, atau lainnya. Maka dari itu jenis printer ini harus menggunakan kertas khusus (kertas thermal) saat akan mencetak.

Karena menggunakan kertas thermal maka jenis pencetakannya atau struk yang dihasilkan juga tidak akan tahan lama. Kertas jenis ini sensitif terhadap paparan air, bahan kimia, dan sinar matahari.

Jenis printer Direct Thermal cocok digunakan untuk mencetak struk yang digunakan dengan durasi tidak lebih dari enam bulan. Misalnya saja untuk tiket, kwitansi, struk pembayaran, dan lainnya.

Printer ini juga mayoritas portabel dan mudah dibawa kemana saja karena praktis dan lebih ringan. Perangkat ini juga lebih mudah dioperasikan karena memiliki komponen yang lebih sedikit. Dari segi perawatan printer serta tak banyak membutuhkan perawatan khusus dan mahal.

2. Thermal Tranfer Printing

Dilansir dari Brother Mobile, jenis printer ini menggunakan pita yang terbuat dari lilin atau tinta berbasis resin. Printer ini umumnya akan mencetak hasil dengan kualitas tinggi dan tahan lama.

Thermal transfer printing ideal untuk mencetak struk atau label yang dibuat untuk jangka panjang lebih dari enam bulan. Hal tersebut karena jenis printer ini lebih tahan bahan kimia, suhu tinggi, cahaya, dan air. Cocok digunakan untuk mencetak beragam struk yang berkaitan dengan kesehatan, laboratorium, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet P1102 Hasil Print Kotor

Tips Memilih Printer Thermal Bluetooth Terbaik

Printer Barcode Zebra ZD420 Direct Thermal/Thermal Transfer

Memilih perangkat elektronik khususnya untuk bisnis memang perlu pertimbangan yang baik. Pilihlah kualitas produk terbaik dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini sebelum membeli printer Thermal Bluetoth terbaik. Semoga membantu.

1. Ketahui dulu jenis printer

Seperti yang sudah disinggung pada ulasan sebelumnya, terdapat dua jenis printer thermal yang bisa Anda gunakan untuk bisnis. Apabila printer digunakan sekadar bukti pembayaran dengan jangka pendek kurang dari enam bulan, maka pilihlah jenis Direct Thermal. Jenis ini juga lebih kompak dan praktis untuk skala bisnis kecil hingga menengah.

Namun apabila bisnis Anda membutuhkan pencetakan struk atau label yang mengharuskan tahan lama, maka pilihlah jenis Thermal Tranfer Printing. Beragam jenis printer ini tentu sudah tersedia di beragam situs berbagai marketplace di pasaran.

2. Cek konektivitas printer

Jangan lupa mengecek konektivitas printer. Printer yang lambat tentu akan membuang-buang waktu Anda. Untuk mendapatkan konektivitas yang ideal maka pilihkan printer dengan spesifikasi 203dpi-300dpi. Cek jenis sambungan printer misalnya ketersediaan Bluetooth atau WiFi, port USB, hingga ketersediaan konektivitas printer 5G.

3. Resolusi cetak

Printer akan mencetak beberapa data atau tulisan sebagai bukti pembayaran atau data penting tertentu. Maka dari itu, pertimbangan lain adalah memilih printer dengan jenis resolusi yang baik. Umumnya semakin tinggi resolusi printer maka semakin baik kualitas struk yang dicetaknya. Anda dapat berkonsultasi kepada toko resmi mengenai resolusi printer sebelum membelinya.

4. Kecepatan pencetakan

Pernahakah Anda menemukan printer dengan proses cetak yang cukup lama? Tentu hal ini cukup menyebalkan. Maka dari itu Anda, sebaiknya memilih dan mengecek spesifikasi printer dengan baik. Pilihlah printer dengan kecepatan 80-100mm/s.

Kecepatan pencetakan ini tentu berpengaruh dengan pelayanan pada pelanggan. Terlebih lagi bagi Anda yang menggunakan jenis printer ini untuk usaha cafe, restoran, dan lainnya yang berhubungan langsung dengan customer.

5. Pilih toko terpercaya

Sebagai salah satu aset bisnis yang penting tentu pilihlah produsen atau toko printer terpercaya. Usahakan printer memiliki garansi tertentu dan tanyakan bagaimana perawatan dan service center mereka.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet 1020

Itulah beberapa uraian dan tips mengenai printer thermal Bluetooth terbaik. Sebagai referensi dan rekomendasi mendapatkan printer thermal Bluetooth berkualitas, Anda dapat menuju tautan berikut ini untuk memilih beragam produsen printer thermal terbaik di Indonesia.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks