Indonetwork, ElektronikMerk printer Bluetooth terbaik saat ini banyak dicari masyarakat. Pasalnya seiring berkembangnya bisnis terutama sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) membuat perangkat ini menjadi alat wajib yang dimiliki sebagai media untuk promosi atau memudahkan transaksi.

Para pelaku UMKM pun banyak memburu dan mencari merk terbaik agar mendukung keperluan bisnisnya agar berjalan dengan lancar. Sebelum mengulas ringkas rekomendasi printer bluetooh terbaik untuk usaha Anda, ada baiknya mari mengulas denisi printer bluetooth.

Apa Itu Printer Bluetooth?

bluetooth printer untuk UMKM
Sumber: Unsplash

Printer Bluetooth atau biasa disebut dengan Printer Thermal Bluetooth adalah mesin kasir mini yang didesain untuk mencetak struk. Sesuai namanya printer Bluetooth praktis dan efisien karena tidak memerlukan kabel.

Printer Bluetooth dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari mencetak struk, label, kode batang, kwitansi, dan lain sebagainya. Namun perangkat ini lebih populer untuk mencetak tanda pembayaran atau struk transaksi.

Bagaimana cara menggunakan printer bluetooth?

Sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu mengaktifkan Bluetooth dari smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Selanjutnya tunggu hingga Bluetooth memindai printer Anda. Anda akan diminta mengisi kode tertentu dan tunggu hingga perangkat printer terdeteksi. Apabila berhasi printer siap digunakan.

Cara Kerja Printer Bluetooth

merk printer bluetooth terbaik
Sumber: Logile

Printer Bluetooth sendiri bekerja dengan teknologi nirkabel yang dapat dikonfigurasikan dengan perangkat iOS, Android & Windows. Sistem akan mengirimkan data lewat sinyal radio rendah dengan frekuensi 2,4GHz. Umumnya printer thermal Bluetooth dapat menjangkau hingga jarak 100 meter.

Baca Juga: Cara Kerja Printer Laserjet Monochrome Terbaik

Kegunaan Printer Bluetooh

Perangkat ini bisa difungsikan untuk apa saja. Terutama digunakan untuk keperluan bisnis, administrasi kecil, dan lainnya.

  • Mencetak struk pembayaran
  • Mencetak karcis
  • Membuat barcode produk dan kwitansi

Karena ukurannya yang lebih kecil dan portable, terkadang pengguna sedikit bingung mengenai jenis kertas yang digunakan. Dirangkum dari beberapa sumber, nama kertas untuk printer Bluetooth adalah Kertas Struk Thermal Mobile dengan ukuran 58 x 40.

Saat membeli perangkat ini umumnya penjual akan memberikan sekaligus kertas printer.  Anda juga bisa menanyakan lebih lanjut mengenai informasi kertas struk thermal mobile.

Kelebihan Printer Bluetooth

  • Hemat daya dan listrik,
  • Praktis, ringkas, dan efisien,
  • Ringan sehingga mudah dipindahkan atau dibawa ke mana-mana,
  • Hasil struk lebih kecil dan hemat kertas serta lebih ringkas, dan
  • Cocok untuk beragam bidang usaha karena harganya yang lebih murah dibanding perangkat kasir lengkap.

Keuntungan Menggunakan Printer Bluetooth

  • Menambah pendapatan bisnis. Hal ini dikarenakan pelayanan bisnis Anda menjadi lebih baik karena dilengkapi dengan struk atau invoice harga. Pelayanan bisnis menjadi lebih optimal.
  • Memberikan citra usaha semakin baik. Kegiatan usaha yang dilengkapi dengan beragam layanan, termasuk pemberian tanda bukti pembayaran menjadi sangat penting. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan terpercaya dan optimal memberikan pelayanannya.
  • Printer menggunakan Bluetooth dapat meminimalisir anggaran listrik.

Baca Juga: Tips Memilih Printer Laserjet A3 Terbaik

Harga Merk Printer Bluetooh Terbaik untuk Bisnis

Memiliki bentuk lebih kecil dan portabel membuat printer Bluetooth lebih terjangkau dari segi harga. Beberapa situs marketplace memajang harga printer bluetooth ini dengan harga mulai dari Rp 200.000-an saja hingga berkisar Rp 1.000.000-an. Harga tersebut tentu disesuaikan dengan merk, kualitas, dan fitur-fitur yang dimiliki.

Tips Memilih Merk Printer Bluetooh Terbaik

Sebagai salah satu aset penting dalam bisnis tentu Anda tak ingin menggunakan perangkat dengan kualitas rendah. Maka dari itu berikut ini beberapa tips memilih merk printer terbaik

  • Cek merk printer Bluetooth dengan menanyakan secara detail informasi mengenai perangkat
  • Cek fisik hingga spesifikasi dengan detail
  • Tanyakan apakah ada garansi atau tidak
  • Cek juga service center dan solusi penanganan printer apabila terjadi error
  • Pilih toko atau marketplace terpercaya
  • Cek review produk

5 Rekomendasi Merk Printer Bluetooth Terbaik dan Berkualitas

Untuk membantu Anda mencari merk printer Bluetooth terbaik berikut ini daftar rekomendasi printer bluetooth lengkap dengan spesifikasinya.

1. DeFelsko Printer Bluetooth

harga jual defelsko Bluetooth Printer

DeFelsko dilengkapi dengan spesifikasi ukuran 1,75″ x 3,25″ x 4,375″ (4,5 cm x 8 cm x 11 cm). Isi ulang baterai Lithium Ion dengan adaptor AC universal. Berteknologi nirkabel Bluetooth dengan kecepatan cetak 6mm/s. Baterai menggunakan Lithium Ion dengan adaptor AC universal. Menggunakan kertas termal bebas tintan, ringan, dan garansi satu tahun.

2. Mobile Printer Bluetooth HP – M200

Printer Bluetooth untuk kebutuhan PPOB

Memiliki ukuran dimensi 103 x 75 x 46 mm dengan kapasitas baterai 1500 mAH, 7.4V rechargeable li-ion battery, fast charging. Daya tahan hingga lima jam. Kecepatan cetak struk 80mm/s. Desain elegan dan ramping sehingga mudah dibawa kemana-mana.

3. Seuic Portable Printer MP2

Dilengkapi dengan kapasitas baterai hingga 2.600 mAH. Memiliki ukuran dimensi 127 x 108 x 65 mm. Diameter kertas 50 mm. Printing speed 50mm/s. Berat 410g. Anti-water IP54.

4. Mobile Printer BLUETOOTH HP-M200

Mobile Printer BLUETOOTH HP-M200

Mobile printer berukuran mini dengan koneksi Bluetooth, USB, RS232, IR interface (optional). Memiliki ketahanan baterai hingga lima jam. Dapat digunakan untuk aplikasi mobile banking, micro banking, payment pint online bank, dan lain sebagainya. Kecepatan mencetak 50-80mm/s.

5. Mobile Printer – Bluetooth Printer – Codesoft HP -M 200

Mobile Printer - Bluetooth Printar - Codesoft HP -M 200

Codesoft HP M200 memiliki dimensi 103 x 75 x 46 mm. Dilengkapi dengan kapasitas baterai 1500mAH, 7.4V rechargeable li-ion battery, quick charge. Tahan hingga lima jam atau setara dengan 200 meter pencetakan. Kecepatan printer 80mm/s. Tersedia RS-232, USB; Bluetooth or IR interface.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Keluar Tinta

Demikian ulasan mengenai merk printer Bluetooth terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menunjang bisnis agar semakin lancar. Jika Anda sedang mencari produk yang satu ini atau produk-produk lainnya untuk menunjang bisnis Anda, Anda dapat mengunjungi Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce terlengkap di Indonesia, kami memiliki banyak pilihan produk dari para seller-seller terpercaya.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks