Indonetwork, Bahan Bangunan – Nyatanya, memilih pipa besi termurah dan terbaik memang gampang-gampang susah. Mengingat penggunaannya untuk jangka panjang, maka pipa besi yang dipilih harus benar-benar berkualitas.

Pipa besi merupakan selongsong dari material besi yang berfungsi sebagai saluran zat cair atau gas. Pipa besi diproduksi melalui rangkaian teknologi untuk menghasilkan pipa yang mampu tahan terhadap berbagai jenis zat cair, gas, dan cuaca.

Untuk bisa mengalirkan gas dan zat cair, pipa besi bekerja dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Fluida mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah.

Selain jenis pipa besi, merk juga menjadi faktor yang penting Anda perhatikan ketika memilih pipa besi. Bukan tanpa alasan, merk dapat mencerminkan bagaimana kualitas pipa besi yang Anda beli. Selain itu, pipa besi yang bermerk juga menandakan pipa besi tersebut sudah sudah lolos uji standar global yang berlaku.

Sebagai referensi, berikut Indonetwork sajikan rekomendasi merk pipa besi terbaik yang sudah terbukti memiliki daya tahan tangguh dan awet.

Merk Pipa Besi Terbaik

Saat membeli pipa besi, Anda tentu ingin mendapatkan pipa besi murah yang awet sebanding dengan harganya. Salah satu cara memilih pipa besi berkualitas dan awet bisa dilihat dari merknya.

Berikut merk pipa besi terbaik yang bisa Anda jadikan andalan.

1. Spindo

pipa besi spindo sni
Sumber: spindo.com

Spindo sudah menjadi salah satu merk pipa baja terdepan di Indonesia. Pipa spindo adalah pipa baja yang diproduksi oleh PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (Spindo). Berdiri sejak tahun 1971, Spindo terkenal karena kualitas pipa dan produk-produknya yang tahan lama dan sudah banyak digunakan di berbagai proyek konstruksi.

Ada berbagai jenis pipa baja Spindo yang tersedia di pasaran, termasuk pipa galvanis dan pipa hollow. Diproduksi dengan high quality control, pipa besi Spindo dipastikan memiliki standar mutu SNI dan ISO, tahan karat tahan lama, dan presisi.

Baca Juga: Macam-macam Jenis Sambungan Pipa PVC

2. Bakrie

pipa besi bakrie
Sumber: Google

Rekomendasi pipa besi murah terbaik selanjutnya yaitu Bakrie. Pipa besi Bakrie juga menjadi andalan para kontraktor bangunan karena terbukti memiliki fleksibilitas dan kualitas unggul.

Pipa besi Bakrie diproduksi oleh PT Bakrie Pipe Industries, perusahaan pipa baja terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1959. Perusahaan ini memproduksi pipa baja untuk berbagai kebutuhan industri, seperti minyak, gas, pipa air, hingga konstruksi berstandar nasional (SNI) dan internasional (API, ASTM).

Banyak yang menyukai pipa besi Bakrie karena memiliki kontrol dan jaminan mutu tinggi, dengan sertifikasi sistem manajemen ISO yang lengkap. Anda bisa mendapatkan berga produk pipa besi Bakrie dengan berbagai ukuran, grade, dan tipe di pasaran.

3. SPS

pipa besi sps
Sumber: Google

Jika Anda membutuhkan pipa yang kuat dan tahan bertahun-tahun, maka pipa SPS dapat menjadi pilihan terbaik. Pipa SPS diproduksi oleh PT Srirejeki Perdana Steel, salah satu perusahaan baja terbesar di Indonesia sejak tahun 1993.

Pipa SPS menjadi andalan karena adanya lapisan zinc galvanis, sehingga pipa lebih tahan lama dan tahan korosi. Pipa terbuat dari baja karbon dan tahan tekanan tinggi. Karena itu, pipa SPS dapat diaplikasikan di berbagai industri dan kebutuhan, mulai dari pipa minyak, pipa pertambangan, hingga konstruksi jalan raya.

Baca Juga: 4 Jenis Pipa Air Panas dan Kegunaannya

Ukuran Pipa Besi dan Harganya

Sebagai referensi, berikut ukuran pipa besi dan harga rata-rata di pasaran.

  • Pipa besi ¾ inch: Rp138.5000
  • Pipa besi ½ inch: Rp60.000
  • Pipa besi 1 inch: Rp135.000
  • Pipa besi 2 inch: Rp284.000
  • Pipa besi 3 inch: Rp139.000
  • Pipa besi 6 inch: Rp90.000

Itulah rekomendasi merk pipa besi termurah dan terbaik untuk referensi Anda. Masing-masing pipa memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai pipa sekaligus mendapatkan pipa berkualitas unggul, Anda bisa menghubungi CV. Tunggal Perkasa yang jual pipa besi Spindo standar SNI dan bergaransi. Semoga membantu.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Enable Notifications OK No thanks