Indonetwork, Bahan Bangunan – Pipa HDPE (High-density polyethylene) merupakan pipa yang berbahan polimer hidrokarbon yang dibuat dari etilen proses katalitik. Pipa ini terkenal dengan kekuatan dan fleksibilitasnya. Untuk menyambungkan satu potong pipa dengan potongan yang lain dibutuhkan pipa sambungan HDPE.

Dengan sifat termoplastik yang rendah, koneksi pipa sambungan HDPE dilakukan dengan proses pemanasan. Proses ini membuat bagian sambungan memiliki kekuatan yang setara dengan bodi pipa, sehingga tidak mudah rusak dan bocor. Sebelum membahas lebih lanjut proses penyambungan pipa HDPE, mari kita pahami sifat dari bahan termoplastik.

Sifat Termoplastik pada Pipa Sambungan HDPE

Bahan ini sangat istimewa, sehingga membuat produk pipa plastik memiliki kekuatan yang lebih baik dari produk pipa besi. Dikutip dari ensiklopedia bebas, termoplastik adalah proses pengolahan bahan plastik dengan cara dipanaskan. Proses ini akan membuat bahan menjadi lembut dan mudah dibentuk dan disambung.

Kelebihannya, setelah proses pendinginan dan suhu kembali normal, material akan mengeras. Uniknya, proses pemanasan yang dilakukan sekali lagi akan membuat bahan menjadi lunak, sehingga proses tersebut biasa dikaitkan dengan bahan daur ulang. Dengan kata lain, bahan tersebut dapat diolah menjadi bahan lain. Bahan HDPE dikenal sebagai material yang tangguh dengan tingkat kelenturan yang relatif lebih baik dibandingkan PVC.

Termoplastik menjadi bagian penting dalam produk pipa dari bahan HDPE karena berkaitan dengan proses penyambungannya. Sifat termoplastik membuat bagian sambungan memiliki kekuatan yang sama dengan badan pipa. Hal ini membuat pipa tidak mudah rusak bocor dan memiliki masa pakai yang lebih lama. Tidak hanya itu, kurangnya bahan kimia seperti pelarut semen dan sebagainya membuat pipa HDPE direkomendasikan untuk saluran air bersih standar food grade. Secara umum, berikut adalah beberapa prosedur penyambungan pipa HDPE yang dapat Anda pelajari.

Prosedur Memasang Pipa Sambungan HDPE

1. Butt Fusion

Ikatan pipa HDPE Butt Fusion atau biasa dikenal dengan proses penyambungan dari ujung ke ujung (butt) antar pipa atau aksesoris fitting. Proses penyambungan ini dilakukan dengan menggunakan mesin pemanas atau biasa dikenal dengan mesin las untuk pipa jenis HDPE.

Mesin las tersebut pada dasarnya bekerja untuk menghubungkan ujung pipa dengan pipa atau aksesoris dengan teknik pemanasan yang presisi. Bagian pipa harus terhubung satu sama lain dengan tepat. Kesalahan proses pemasangan akan membuat bagian sambungan tidak terpasang sempurna (tidak presisi) sehingga akan membuat resiko kerusakan ataupun kebocoran.

Baca Juga: MENGENAL APA ITU PIPA DAN JENISNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Untuk menghindari hal tersebut, mesin las memiliki bagian catok yang bertugas untuk mengunci pipa atau fitting yang akan disambung. Proses ini dilakukan agar pipa atau fitting tidak bergerak kecuali kedepan dan kebelakang. Selain itu, untuk mendapatkan hasil penyambungan pipa HDPE yang sempurna, bagian yang akan disambung harus berbentuk pipih. Ini membuat proses memanaskan dua ujung dalam satu waktu berjalan sempurna.

Bagian penting dalam mesin las adalah pelat pemanas. Bagian ini memiliki dua bagian kanan dan kiri. Sehingga proses pemanasan dapat dilakukan dalam satu waktu. Model sambungan jenis ini cocok untuk batang jenis pipa HDPE. Namun demikian, hal ini juga dapat dilakukan untuk beberapa produk pipa (roll) dengan diameter tertentu.

Jual Pipa Sambungan HDPE
Sumber: IndiaMART

2. Mechanical Joint

Proses penyambungan pipa HDPE Mechanical Joint bisa menjadi cara penyambungan yang paling mudah dan sederhana. Proses ini bisa dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia dan mesin (pemanas) konektor melainkan dengan sambungan-sambungan kompresi khusus. Aksesoris ini terdiri dari beberapa pipa pengunci bagian dalam, segel karet untuk mencegah kebocoran sambungan dan pengunci mekanis yang dapat dikencangkan dengan proses dratting. Untuk memulai, Anda dapat memasukkan ujung pipa yang akan dihubungkan. Kunci dengan bagian pengunci, dan perbaiki dengan menutup bagian segel karet untuk menghindari kebocoran. Setelah itu, Anda dapat mengencangkannya dengan pengunci dratt mekanis, yang dapat dikencangkan secara manual (dengan tangan atau menggunakan alat).

Baca Juga: MENGENAL WELDING MACHINE HDPE UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI

Proses penyambungan dengan cara ini cocok untuk jenis pipa roll, dan cocok untuk proses pemasangan di daerah yang sulit. Area yang tidak memungkinkan Anda untuk membawa mesin penyambung pipa HDPE atau Welding Mahchine. Untuk menghasilkan saluran-saluran yang sesuai kebutuhan, Fitting Pipa HDPE Compression Joint tersedia dalam berbagai macam bentuk. Seperti Eebow, reducer, coupler, tee, stub flange dan berbagai jenis aksesoris lainnya. Semua dirancang dengan proses penguncian yang sama, dan dipasang tanpa menggunakan mesin ataupun bahan kimia lainnya.

Pipa Sambungan HDPE
Sumber: Victaulic

3. Electro Fusion

Penyambungan pipa HDPE jenis ini merupakan kombinasi dari dua metode yang telah kita bahas sebelumnya. Karena menggunakan mesin penyambung khusus dan menggunakan aksesoris pipa yang mendukung proses penyambungan ini. Mesin Electro Fusion bekerja sebagai sumber energi listrik. Mesin memiliki dua panel, yang dapat diaplikasikan dengan dua panel khsus yang juga ada di bagian fitting. Energi listrik ini kemudian diubah menjadi energi panas. Energi panas diubah dari energi listrik melalui aksesori fusi elektro. Caranya dengan kumparan edukasi di bagian dalam asesorisnya. Bagian ini akan memanas dan membuat bagian dalam fitting dan pipa luar meleleh.

Akibatnya, bagian dalam fitting dan pipa luar akan menyatu dengan sempurna. Hasil sambungan akan terblokir dengan baik, sehingga memiliki resiko kebocoran yang sangat kecil. Sambungan ini direkomendasikan untuk pipa HDPE yang digunakan sebagai saluran gas.

Metode Pipa Sambungan HDPE
Sumber: Plastic Pipe & Fusion Metallic Pipe Welding Experts

Rekomendasi Jual Pipa Sambungan HDPE

Proses penyambungan pipa HDPE dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung jenis pipa yang Anda gunakan. Pemilihan produk pipa dan proses bonding yang tepat akan membuat proses berjalan dengan sempurna. Semua bahan dan alat penyambungan atau bonding dapat Anda temukan di PT. Mutiara Tiga Berlian. Perseroan yang berkantor di Ciracas, Jakarta Timur ini juga melayani service dan maintenance untuk perawatan mesin penyambung pipa dalam berbagai merk.


Author

%d bloggers like this: