Indonetwork, WahanaDengan banyaknya anak-anak yang tertarik dengan playground, apakah Anda pernah terpikir untuk membuka usaha playground indoor? Jika iya, maka salah satu hal yang harus Anda rencanakan pertama kali adalah modal usaha playground indoor.

Adanya perencanaan keuangan yang matang akan sangat membantu Anda dalam merencanakan hal-hal lainnya. Ini juga akan membantu Anda dalam menentukan tarif untuk playground indoor.

Berikut beberapa informasi seputar modal yang perlu Anda siapkan untuk membuat playground indoor.

Modal Usaha Playground Indoor

Modal Usaha Playground Indoor
Sumber: Pexels

Modal usaha adalah sejumlah uang yang dipakai untuk memulai berdagang. Biasanya, modal tidak hanya berupa uang saja, namun juga dapat berupa barang dan lain sebagainya yang dapat menunjang kebutuhan awal berdagang.
Terdapat berbagai varian jumlah modal usaha yang bisa dikeluarkan untuk menunjang kebutuhan Anda. Hal ini tergantung konsep, desain, serta hal-hal yang disertakan di dalamnya sesuai dengan keinginan Anda.

Selain itu, hal-hal lain yang membedakan besar kecilnya biaya adalah jenis peralatan, tingkat kesulitan pemasangan, dan ukuran playground sendiri. Perusahaan yang menangani pemasangan playground pun bisa menyebabkan perbedaan harga juga.

Biaya minimal yang biasanya dibutuhkan untuk membangun sebuah taman bermain adalah sekitar Rp6.000.000, sedangkan biaya maksimalnya dapat mencapai Rp150.000.000.

Jika Anda berencana untuk membangun playground indoor, biaya yang dibutuhkan berkisar antara Rp6.000.000 hingga Rp31.000.000, tergantung pada ukuran dan peralatan-peralatan yang digunakan.

Taman bermain indoor sangat ideal untuk daerah yang sering mengalami cuaca buruk seperti musim dingin atau hujan lebat. Playground indoor juga banyak disukai oleh orang tua dan babysitter, karena mereka dapat dengan mudah mengawasi anak-anak.

Baca juga: Apa itu Lantai Rubber Floor dan Beberapa Keunggulannya

Cara Memilih Produsen Pembuat Playground

permainan dalam ruangan
Sumber: Pexels

Untuk memilih perusahaan yang bisa membantu Anda mewujudkan playground, jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Anda bisa memilihnya secara perlahan, membuat daftar, dan mengkurasi daftar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Metode tersebut bisa memudahkan Anda dalam menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga penting untuk menjadi perhatian Anda.

1. Periksa Kualitas

Perusahaan yang bereputasi baik pasti memiliki akreditasi, karena hal ini sebagai salah satu bukti bahwa mereka berkomitmen terhadap kualitas produk mereka.

Perusahaan yang menjadi pilihan Anda juga harus terdaftar di Badan Standar Nasional atau Internasional berdasarkan standar ISO yang ada.

2. Pilih Produsen Berpengalaman

Akan lebih baik jika Anda mempercayakan playground Anda kepada perusahaan yang sudah menjalankan bisnisnya selama bertahun-tahun. Semakin lama perusahaan mereka berdiri, akan semakin banyak studi kasus yang pernah mereka tangani tentang permasalahan atau hal lainnya.

3. Sadar Keselamatan

Keselamatan adalah hal utama terpenting yang harus diprioritaskan dalam membangun sebuah playground. Pastikan bahwa perusahaan pilihan Anda mengetahui bagaimana mereka membangun keselamatan anak-anak dengan peralatan dan permukaannya yang terkadang membahayakan.

BACA JUGA: 8 ALASAN INDOOR PLAYGROUND PENTING DIBUAT DI RUMAH

4. Sadar Pemeliharaan

Untuk memperpanjang usia taman bermain dan menjaga keselamatan anak-anak, playground juga harus memiliki jadwal pemeliharaan yang teratur.

Oleh karena itu, dalam memilih produsen pembuat taman bermain, Anda juga perlu menanyakan apakah mereka memiliki saran pemeliharaan terhadap playground Anda atau tidak.

5. Peralatan Imajinatif

Dalam memilih perusahaan playground, Anda perlu meluangkan waktu untuk melihat kualitas dan koleksi peralatan yang mereka tawarkan.

Mengingat taman bermain Anda harus memiliki peralatan yang berwarna, menyenangkan, dan imajinatif bagi anak-anak. Tentunya pemilihan ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

6. Mudah dihubungi

Keadaan darurat terkadang dapat terjadi kapanpun dan secara tiba-tiba. Selain memanggil layanan kesehatan untuk mengatasi jika terjadi korban kecelakaan, Anda juga perlu menganalisis penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan meminta bantuan pada perusahaan yang dahulu membantu Anda memasang playground tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih memiliki sejumlah kontak yang mudah dihubungi.

7. Ramah Lingkungan

Pastikan bahwa perusahaan playground pilihan Anda memiliki kualitas peralatan yang ramah lingkungan. Dengan peralatan yang ramah lingkungan, dapat menekan karbon menjadi lebih rendah.

Baca juga: 5 Tips Memilih Karpet Puzzle yang Aman untuk Anak-Anak

Beli Permainan Playground di Sini

Modal Usaha Playground Indoor
Sumber: Pexels

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pabrik playground yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.

Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: