Anak-anak akan lebih senang jika bermain di atas karpet puzzle. Jadi karpet ini tidak hanya dapat dipakai sebagai alas lantai saja, namun bisa dipakai sebagai mainan oleh anak-anak. Namun pastikan Anda harus menggunakan karpet puzzle yang aman untuk anak-anak.

Sekarang di pasaran telah banyak toko yang jual karpet puzzle evamat huruf dengan harga yang sangat terjangkau. Namun pastikan Anda untuk memastikan keamanannya jika akan dipakai oleh si buah hati.

Ada banyak merk karpet puzzle yang dapat Anda pilih di pasaran, misalnya adalah Image Toys. Merk karpet puzzle yang sudah terkenal biasanya mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga bisa Anda pertimbangkan untuk membelinya.

Cara Memilih Karpet Puzzle yang Aman untuk Anak

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih karpet puzzle yang aman untuk anak. Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda ketika membeli karpet puzzle untuk anak.

1. Tentukan Ukurannya

Setiap karpet yang ada di pasaran itu mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Jika Anda menginginkan area bermain yang lebih luas untuk anak-anak, maka pilih karpet yang ukurannya besar.

Namun Anda juga tetap harus mempersiapkan ruangan yang lebih besar untuk menempatkan karpet yang besar itu. Selain memerlukan ruangan yang lebih besar, Anda juga memerlukan budget yang lebih banyak.

Jika Anda punya ruangan yang terbatas, sebaiknya pilih karpet puzzle yang kecil. Anda juga tidak perlu budget yang besar jika ingin membeli karpet puzzle berukuran kecil.

Jika memang pihak penjual tidak memberikan informasi ukuran keseluruhan karpet, namun hanya ukuran per potongan puzzle saja, itu tidak masalah. Anda tinggal menyesuaikannya dengan ruangannya.

Baca juga: TIPS MEMILIH KARPET PUZZLE EVAMAT UNTUK ANAK

2. Ketahui Jumlah Puzzle dalam Satu Set

Jumlah puzzle dalam satu set produk juga mesti Anda perhatikan karena berpengaruh pada ukuran keseluruhan puzzle. Potongan puzzle yang banyak akan membuat ukuran keseluruhan karpet jadi lebih besar juga.

Tapi semakin banyak potongan puzzle, maka semakin banyak pula mainan yang akan anak Anda dapatkan. Karena biasanya potongan puzzle itu dapat dipakai untuk mainan seperti menyusun gambar atau membentuk bangun ruang.

Karpet puzzle dengan jumlah potongan puzzle banyak sebaiknya dipakai untuk anak yang berusia lebih dari enam tahun. Sementara untuk di bawah usia tersebut, potongan puzzle dalam set sebaiknya yang sedikit saja.

3. Pilih Karpet yang Anti Slip

Untuk keamanan anak-anak, pastikan untuk membeli karpet yang punya anti slip. Dengan begitu potensi anak tergelincir bisa sangat kecil. Apalagi jika anak Anda jalannya masih belum stabil, sehingga sangat rentan tergelincir.

Hal ini perlu Anda perhatikan karena pada kebanyakan produk tidak mencantumkan informasi ini. Tapi Anda bisa tanyakan ke pihak penjual atau review pengguna sebelumnya.

Baca juga: 5 DAMPAK POSITIF PADA ANAK KETIKA BERMAIN DI PLAYGROUND

4. Perhatikan Kemampuan Daya Tolak Air Tinggi

Jika dipakai untuk anak-anak, pastikan memilih karpet puzzle yang punya daya tolak air tinggi. Karpet yang punya fitur ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk merawatnya.

Karena anak-anak itu cenderung rentang menumpahkan sesuatu seperti air atau minuman. Jika daya tolak karpet rendah, maka tumpahan tersebut akan terserap oleh karpet.

Jika daya tolak airnya tinggi, Anda bisa membersihkannya dengan sangat mudah. Anda tinggal menyeka dan mengeringkannya memakai kain, maka karpet akan kembali bersih.

Selain itu, tampilan karpet juga akan selalu terlihat bersih karena tidak ada bekas tumpahan. Jadi pastikan untuk memilih karpet puzzle yang punya daya tolak air yang tinggi supaya mudah dibersihkan dan tampilanya selalu terlihat bersih.

5. Perhatikan Ketebalannya

Kebanyakan karpet puzzle anak punya ketebalan 1 cm. Namun banyak karpet yang punya motif dan karakter yang beragam dan lucu. Selain itu ada juga gambar puzzle yang dapat dilepas sehingga bisa dijadikan edukasi untuk anak-anak.

Namun juga ada beberapa produk karpet puzzle yang punya ketebalan yang lebih besar yaitu 2 hingga 2,5 cm. Karpet ini tentu saja punya kepadatan yang lebih besar dan bisa Anda manfaatkan untuk olahraga.

Jika anak Anda suka berlarian, memilih karpet yang tebal akan membuat mereka tersandung. Jadi sebaiknya sesuaikan ukuran karpet ini dengan aktivitas anak-anak.

Demikianlah beberapa tips memilih karpet puzzle yang aman yang dapat Anda pertimbangkan. Hal ini perlu Anda perhatikan mengingat akan bersangkutan dengan kenyamanan dan keamanan anak-anak ketika bermain.


Author

%d bloggers like this: