Pernahkah Anda melihat lantai playground anak yang berwarana -warni? Jika iya, tahukah Anda istilah atau jenis lantai tersebut? Yah, jenis lantai tersebut dinamakan rubber floor.

Rubber floor memang sangat populer di berbagai tempat yang mayoritas mengandalkan aktivitas fisik. Jenis lantai ini dapat diaplikasikan di berbagai tempat tergantung pada jenis dan tempat kegiatan yang berlangsung. Berikut ini ulasan mengenai pengertian rubber floor dan kenali beberapa manfaatnya.

Pengertian rubber floor

Rubber floor merupakan lantai atau karpet dengan bahan khusus yang memiliki sifat lentur dan fleksibel. Umumnya jenis lantai ini diaplikasikan di berbagai sarana olahraga seperti arena gym, lapangan tennis, playground anak-anak, lapangan futsal, hingga rumah sakit.

Lantai rubber floor dikenal memiliki sifat serbaguna, dan daya tahan yang cukup baik. Sehingga permukaan lantai lebih mudah diakses dan digunakan di mana saja sesuai kebutuhan. Tak hanya di tempat – tempat umum seperti sarana olahraga, rubber floor juga cocok diaplikasikan di lantai rumah.

Terbuat dari apakah rubber floor?

lantai rubber floor
Sumber: rubberflooringinc.com 

Rubber floor terbuat dari karet pohon alami maupun sintetis. Umumnya jika menggunakan bahan sintetis akan terbuat dari daur ulang ban kendaraan. Bahan-bahan inilah yang membuat permukaan rubber floor cukup tahan lama dan memiliki perawatan yang mudah. Selain itu, karena terbuat dari karet maka jenis lantai ini memiliki bahan antiselip dan ketahanan yang bagus.

Jenis – jenis rubber floor

Jenis lantai karet satu ini juga memiliki beberapa macam. Adapun beragam jenis rubber floor ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan dan penggunaan masing-masing.

Rubber floor mats

Rubber floor mats merupakan jenis lantai keset yang cocok diaplikasikan di permukaan yang keras dan rata. Umumnya proses pemasanganny akan ditambahkan bantalan dan ketebalan ekstra pada area tersebut. Rubber floor mats juga tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan beragam ruangan Anda. Mulai dari 3’ x 6’ dan memiliki ketebalan bervariasi mulai dari 2 inci. Jenis rubber floor satu ini bisa diaplikasikan di area lantai rumah, kamar tidur, hingga, ruang keluarga, agar menambah kenyamanan pijakan Anda.

Rubber floor tiles

Jenis rubber floor satu ini merupakan yang paling populer digunakan di berbagai tempat komersial maupun rumah pribadi. Memiliki ukuran dan desain yang nyaman dan bisa diaplikasikan di berbagai tujuan dan ruangan apa pun. Rubber floor ini tersedia dalam ukuran 12′ x 12′, 18′ x 18′ dan 36′ x 36′.

Dalam hal pemasangan, rubber floor jenis ini memiliki kemudahan dalam pemasangan. Rubber floor tile saling terkait dan memiliki bagian tepi yang dapat dilepas dan memungkinkan pemasangan di ruangan berbentuk yang tidak beraturan. Keuntungan memasang jenis ubin ini adalah jika terdapat sedikit bagian yang rusak, Anda mudah menggantinya hanya pada bagian yang rusak dan tidak perlu keseluruhannya.

Rubber floor rolls

Rubber floor rolls merupakan jenis yang tepat untuk menutupi area lantai yang lebih luas. Jenis ini memiliki sedikit jahitan dibandingkan dengan jenis rubber floor yang saling terkait. Selain itu, rubber floor ini lebih ekonomis dan berbentuk dalam lembaran yang luas.

Sehingga Anda dapat dengan mudah menutupi seluruh ruangan menggunakan satu atau dua gulungan. Namun sayangnya menggunakan jenis ini memerlukan keahlian dan seorang yang berpengalaman karena gulungannya cukup besar dan berat. Umumnya rubber floor rolls diaplikasikan pada lantai gym karet dan berbagai tempat yang lebih luas dan besar.

Keunggulan lantai rubber floor

lantai rubber floor
Sumber: mommasays.net

Mengapa saat ini banyak orang yang memilih rubber floor sebagai pilihan lantai hunian maupun tempat komersialnya? Hal tersebut karena rubber floor memiliki beberapa keunggulan antara lain:

Tahan lama

Rubber floor merupakan jenis lantai yang memiliki bahan dasar karet. Hal ini yang membuat jenis lantai ini bisa bertahan hingga 50 tahun lamanya. Tidak berpori, yang artinya tahan air dan berbagai jenis cairan lainnya. Selain itu lantai ini juga tahan noda, dan tidak mudah rusak seiring berjalannya waktu. Selain itu, karena terbuat dari karet, maka jenis lantai ini lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

Kedap suara

Karet menyerap suara, maka dari itu rubber floor merupakan bahan kedap suara yang bagus dan sangat ideal untuk mengurangi berbagai suara yang menganggu. Sehingga hal ini cocok diaplikasikan pada ruangan si kecil dan bayi yang membutuhkan ketenangan.

Ramah lingkungan dan ekonomis

Seperti ulasan sebelumnya, rubber floor merupakan lantai yang berbahan dasar karet sehingga dapat didaur ulang. Hal ini tentu sangat baik untuk kita agar terus menjaga lingkungan. Selain itu biaya atau harga rubber floor juga dinilai lebih murah dibanding dengan berbagai jenis lantai lainnya sehingga menjadikannya lebih ekonomis dan hemat biaya.

Pemasangan yang mudah

Rubber floor sendiri termasuk dalam kategori jenis lantai yang mudah dipasang. Meskipun jika pertama kali disarankan untuk menggunakan seorang yang ahli atau jasa pasang rubber floor, namun tidak memungkinkan jika Anda sendiri yang memasangnya dan berkreasi sesuai yang Anda inginkan.

Antiselip

Rubber floor memiliki bahan baku utama terbuat dari karet yang memiliki sifat antiselip sehingga cukup aman terlebih lagi bagi anak – anak atau lansia. Selain itu rubber floor juga sangat nyaman di kaki, dan enak diinjak.

Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan rubber floor baik di hunian pribadi maupun komersial, berikut ini beberapa rekomendasi dari Indonetwork terkait jual rubber floor di Indonesia yang terbaik dan berkualitas.


Author

%d bloggers like this: