Indonetwork, BisnisUsaha playground banyak ditemukan banyak menjamur di area mall dan pasar malam. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa saat ini untuk mendirikan usaha playground, Anda bahkan bisa mendirikannya di rumah atau lahan kosong di sekitar rumah Anda.

Usaha playground rumahan merupakan salah satu peluang besar yang bisa memberikan Anda keuntungan seiring berjalannya waktu dan ketekunan yang Anda pupuk.

Dengan adanya lokasi yang sudah tersedia, tentunya Anda tidak perlu lagi mencari dan menyewa lokasi milik orang lain. Ini merupakan langkah awal yang baik dalam menekan modal usaha yang akan dikeluarkan.

Model Usaha Playground Rumahan

Usaha Playground Rumahan
Sumber: Pexels

Di pasaran, mungkin Anda banyak melihat playground hanyalah sebagai taman bermain untuk tempat refreshing melepas penat atau quality time antara anak dan orang tua.

Akan tetapi, di sejumlah negara terdapat beberapa usaha playground yang menyuguhkan model bisnis yang berbeda. Berikut beberapa model usaha playground rumahan yang bisa menjadi ide bisnis Anda selanjutnya.

1. Model Keanggotaan

Model keanggotaan adalah model yang memberlakukan taman bermain hanya boleh dipakai oleh anggota-anggota tertentu saja, sehingga dalam taman bermain tersebut hanyalah anggota terdaftar saja yang boleh menggunakan permainan.

Opsi ini bisa digunakan ketika Anda memiliki target market yang terdiri dari sekumpulan ibu-ibu yang memiliki geng atau kelompok. Biasanya, mereka akan mengajak masing-masing anaknya untuk bermain bersama di luar. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mempromosikan usaha Anda.

Sebenarnya, penerapan model usaha ini mirip dengan sistem booking. Di mana sejumlah orang melakukan reservasi terlebih dahulu dan menggunakan layanan pada waktu yang telah disetujui oleh konsumen dan produsen.

2. Pesta Ulang Tahun

Model usaha playground lainnya yang bisa Anda terapkan di rumah adalah dengan menawarkan tempat untuk pesta ulang tahun.

Anda bisa memberikan spesifikasi usia target market yang bisa menggunakan lokasi Anda sebagai pesat ulang tahun. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan paket dan berkomunikasi secara langsung dengan klien untuk menentukan konsep acaranya.

Opsi ini mungkin bisa mendatangkan konsumen hingga daftar tunggu selama beberapa bulan. Akan tetapi, hal ini juga bisa menjadi sedikit rumit dan menguras tenaga, karena Anda dan pegawai perlu mengganti konsep beberapa kali.

Baca juga: 5 Ide Desain Taman Bermain Anak Terbaik

3. Playground dan Toko Mainan

Jika Anda menginginkan keuntungan yang berlipat, opsi ketiga ini bisa Anda coba. Anda bisa mendirikan playground sekaligus toko mainan pada lokasi yang Anda miliki. Dengan begitu, lokasi Anda sudah dapat dikatakan sebagai dunia anak-anak.

Ketika konsumen masuk, Anda bisa mengarahkan langsung menuju taman bermain. Setelah itu, ketika konsumen akan keluar, Anda bisa mengarahkan mereka ke toko mainan atau bahkan memberikan sejumlah penawaran yang menggiurkan.

Taman bermain yang memiliki toko mainan sekaligus dapat menjadi daya tarik bagi anak-anak dan orang tua. Terlebih jika Anda menawarkan sejumlah paket harga yang bisa menarik konsumen untuk datang kembali ke toko Anda.

4. Penitipan Anak

Model usaha playground rumahan lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mendirikan playground dengan fasilitas penitipan anak. Fasilitas ini akan sangat bermanfaat untuk orang tua yang bekerja atau orang tua yang perlu sedikit istirahat.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan lounge atau ruang tunggu yang bisa dimanfaatkan orang tua untuk bekerja atau menunggu anak-anak mereka yang sedang bermain.

Seiring berkembangnya model bekerja di era digital, banyak perusahaan yang menerapkan waktu kerja fleksibel dan karyawan dapat bekerja dari mana saja. Tentunya hal ini meningkatkan kebutuhan akan pengasuhan anak yang fleksibel juga.

5. Pembelajaran

Anda juga bisa menerapkan model playground sebagai taman bermain dan pembelajaran bagi anak-anak. Biasanya, fasilitas ini cenderung berfokus pada satu gaya belajar dan tidak mengikuti pedoman kurikulum yang ada.

Jika Anda ingin membuka dalam beberapa kelas, Anda bisa membaginya secara usia atau ragam kelas yang ditawarkan. Dengan begitu, konsumen dapat memilih dan menyesuaikan kebutuhan pembelajaran di luar sekolah yang dibutuhkan oleh anak.

Baca juga: Modal Usaha Playground Indoor

Beli Permainan Playground di Sini

Usaha Playground Rumahan
Sumber: Pexels

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pabrik playground yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.


Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: