Indonetwork, WahanaDesain taman bermain anak atau playground juga termasuk salah satu hal yang bisa menarik minat anak-anak. Sebelum membangun taman bermain, ada baiknya jika Anda mendesain dan merencanakan terlebih dahulu mengenai konsep yang akan digunakan.

Selain mengatur warna-warna yang akan digunakan, Anda juga bisa berdiskusi mengenai keamanan yang baik sebuah playground hingga struktur bangunan dan bahan yang akan digunakan.

Anda pun juga perlu mendiskusikan terkait batas beban yang bisa ditopang. Jangan sampai terjadi kecelakaan fatal terhadap anak-anak ketika mereka bermain, karena hal ini tidak hanya akan menyebabkan cedera serius, tapi juga bisa menyebabkan trauma.

Apabila Anda berencana untuk membuat playground baik di ruangan terbuka maupun tertutup, berikut beberapa desain taman bermain anak yang bisa menjadi inspirasi ide Anda.

Desain Taman Bermain Anak

Desain Taman Bermain Anak
Sumber: Pexels

Terdapat berbagai desain taman bermain yang bisa Anda buat konsepnya terlebih dahulu sebelum mewujudkannya. Berikut beberapa ide desain untuk taman bermain Anda.

1. Binatang

Anak-anak tentunya sangat menyukai binatang. Anda bisa mendesain taman bermain seakan-akan mereka sedang bermain di sebuah hutan dengan kucing, anjing, katak, dan berbagai hewan lainnya.

Lebih spesifik, jika Anda menggunakan desain taman bermain bertema hewan air, Anda bisa mendekornya menggunakan kulit kerang. Jika Anda menggunakan desain bertema hewan hutan, Anda bisa menghiasinya dengan berbagai pohon seperti pohon palem.

2. Kastil dan Fantasi

Tema kastil dan fantasi bisa meningkatkan imajinasi anak-anak dan memainkan berbagai peran seperti dalam buku dongeng.

Ketika mereka memainkan peran tersebut, hal itu membantu mereka untuk belajar bagaimana berinteraksi dan membangun keterampilan sosial dengan orang-orang di sekitar mereka.

BACA JUGA: PERMAINAN AMAN DAN SERU DARI PABRIK PLAYGROUND

3. Pemadam Kebakaran

Selain itu, Anda juga bisa mendesain dengan tema pemadam kebakaran. Dengan tema ini, anak-anak bisa mewujudkan impian mereka dan belajar untuk menjadi pahlawan dengan memadamkan api atau menanggapi keadaan darurat.

4. Petualangan Alam

Pada area taman bermain, Anda juga bisa memberikan anak-anak pengalaman untuk dekat dengan alam. Seperti membuat panjat tebing yang sesuai dengan usia mereka, hal tersebut akan membuat anak membayangkan menjadi seorang pendaki gunung.

Anda juga bisa menambahkan atap daun atau pepohonan tinggi untuk menciptakan seolah-olah langit yang ada di sekitar mereka adalah pepohonan di hutan.

Baca juga: Macam-Macam Playground Buat Anak Betah

Manfaat Membuat Desain Terlebih Dahulu

Desain Taman Bermain Anak
Sumber: Pexels

Untuk membuat taman bermain yang terstruktur, aman, dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak, ada baiknya Anda membuat desain terlebih dahulu. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda membuat desain dan konsepnya terlebih dahulu sebelum mewujudkannya.

1. Memutuskan Jenis Peralatan yang dipasang

Untuk memutuskan peralatan-peralatan apa saja yang dipasang, Anda bisa memulai dengan menargetkan siapa saja yang akan menggunakan taman bermain tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memutuskan besar kecilnya struktur dan berapa bobot yang dapat ditahan oleh peralatan-peralatan di playground.

2. Menentukan Elemen yang akan dipakai

Manfaat lain yang bisa didapat dengan merencanakannya terlebih dahulu adalah Anda bisa menentukan elemen yang akan dipakai. Apakah perlu ada elemen yang ditambahkan atau dicabut, bahkan mungkin terdapat elemen dari playground yang ingin Anda renovasi.

3. Menentukan Jangka Waktu Pengerjaan

Jika Anda mengetahui struktur, peralatan, dan sudah menentukan konsep dari playground, maka hal ini akan membantu Anda dalam menentukan jangka waktu pengerjaan. Dengan begitu, Anda juga tidak akan kehilangan atau harus menambahkan biaya untuk menangani pengerjaan playground.

4. Menetapkan Anggaran

Dengan mengonsepnya terlebih dahulu, Anda bisa dengan mudah menetapkan anggaran atau menyesuaikan dengan anggaran yang sudah ada. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis peralatan yang diinginkan hingga menetapkan ukuran taman bermain itu sendiri.

5. Menganalisis Lokasi Playground

Lokasi playground adalah salah satu hal yang penting, karena hal ini mempengaruhi banyak faktor pada pengerjaan taman bermain. Apakah tanahnya memiliki kemiringan, kualitas tanahnya kurang baik, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting menganalisis lokasi terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Dampak Positif Pada Anak Ketika Bermain di Playground

Beli Permainan Playground di Sini

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pihak yang menjual mainan playground outdoor yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.

Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: