Indonetwork, WahanaPlayground adalah salah satu bisnis yang bisa Anda coba. Mengingat besarnya peluang dan hampir semua anak-anak menyukai playground. Bahkan beberapa orang tua juga tak segan untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka di taman bermain.

Ada berbagai macam pilihan untuk memulai bisnis playground saat ini. Diantaranya yaitu Anda bisa memulainya dengan mengerjakan dari awal hingga akhir sendiri, memilih untuk membeli paket usaha playground, hingga bergabung dalam komunitas usaha playground yang sudah mempunyai nama.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis playground, berikut daftar paket usaha playground yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Paket Usaha Playground

Ada banyak macam paket usaha playground yang tersedia di Indonesia. Tentunya, setiap perusahaan memiliki daftar dan detail paket yang tidak sama. Mulai dari ukuran, material, hingga fitur permainan di dalamnya.

1. Paket Usaha Playground Indoor

Paket Usaha Playground
Sumber: Pinterest

Untuk memulai bisnis playground indoor, Anda bisa membuka playground indoor dengan bergabung dalam sebuah mall atau mendirikan tempat sendiri dengan nama “Pulau Bermain Anak” dan lain sebagainya.

Dalam playground indoor, fitur-fitur permainan yang biasa disediakan ada berbagai macam. Berikut daftar permainan yang biasa terdapat di playground indoor.

  1. Mandi bola
  2. Perosotan busa
  3. Berbagai macam tangga
  4. Terowongan
  5. Trampoline
  6. Halangan
  7. Flying Fox
  8. Tangga

Berdasarkan materialnya pun beraneka ragam. Banyak perusahaan yang membangun playground menggunakan besi galvanis yang diterapkan pada tiang-tiang penyangga dan foam pipe evamat sebagai lantai matras playground.

Tiap-tiap playground juga dapat dibangun dengan berbagai macam ukuran. Hal ini tergantung keperluan dan kepentingan masing-masing pemilik usaha. Mulai dari 2,4 m x 3,6 m x 2,5 m, 2,4 m x 10,8 m x 2,5 m, hingga 3,6 m x 7,2 m x 2,5 m.

Ukuran-ukuran tersebut mempengaruhi bentuk dan besar kecil playground yang Anda miliki. Selain itu, hal ini juga bisa berdampak pada biaya yang harus Anda keluarkan. Oleh karena itu, sebelum memulai usaha playground pastikan Anda memiliki rencana biaya atau anggaran yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Macam-Macam Playground Terseru

2. Paket Usaha Playground Outdoor

Paket Usaha Playground
Sumber: Pinterest

Berbeda dengan playground indoor, playground outdoor kebanyakan dibangun pada area taman yang diperuntukkan bagi publik hingga lingkungan sekolah anak playgroup, TK, dan SD.

Akan tetapi, saat ini banyak pemilik usaha yang mulai berinovasi dan mencampurkan berbagai unsur di dalam usahanya.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha playground outdoor, Anda bisa memulainya dengan membukanya pada lahan kosong. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan dengan menambahkan usaha kafe disekitarnya atau berkolaborasi dengan seorang pemilik kafe. Tempat tersebut tentunya akan bermanfaat untuk tempat mengobrol para pengunjung atau membelikan anak-anaknya makanan.

Terdapat berbagai tipe playground outdoor yang bisa menjadi pilihan, tergantung pada fitur-fitur apa saja yang ingin Anda implementasikan di dalamnya. Mulai dari tipe yang sederhana, bertemakan karakter hewan, bertemakan tali temali, bertemakan pantai, hingga tema ayunan.

Semua jenis-jenis tersebut tersedia dengan berbagai spesifikasi, material hingga harga. Berikut daftar beberapa permainan yang bisa Anda bangun pada playground outdoor.

  1. Ayunan
  2. Jungkat-jungkit
  3. Trampoline
  4. Halangan
  5. Perosotan
  6. Panjat tebing
  7. Terowongan
  8. Berbagai macam tangga
  9. Labirin tali temali
  10. Rintangan tali temali

Ukuran-ukuran playground outdoor pun beraneka ragam, mulai dari 380 cm x 100 cm x 250 cm hingga 840 cm x 320 cm x 340 cm atau bahkan lebih.

Sementara material dalam playground outdoor, banyak menggunakan galvanize pipe sebagai struktur playground, plastik sebagai bahan material seperti perosotan, tali sebagai bahan pendukung, dan mulsa atau berbagai alas lainnya yang digunakan untuk melindungi lantai.

Untuk memulai sebuah bisnis playground, usahakan untuk tidak gegabah dalam menentukan perusahaan yang akan membangun playground Anda. Mengingat terdapat banyak perusahaan yang menawarkan pembuatan playground dengan rentang harga berbeda. Sebuah daftar dapat memudahkan Anda dalam mengkurasi calon perusahaan yang ingin Anda ajak untuk kerja sama.

Baca juga: Permainan Aman dan Seru dari Pabrik Playground

Beli Permainan Playground di Sini

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pabrik playground yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.

Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: