Indonetwork, WahanaPlayground atau taman bermain akhir-akhir ini cukup menjamur keberadaannya. Didesain sebagai tempat khusus untuk anak-anak agar bisa bermain, playground tersedia baik di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor).

Playground biasanya ada di tempat-tempat keramaian publik dan dapat berbayar atau gratis. Karena ramainya fenomena ini, Anda harus cermat dalam memilih pabrik playground supaya dapat menghasilkan playground yang bagus dan tentu saja memiliki tingkat keamanan yang baik.

Berikut beberapa informasi mengenai tips bermain yang aman di pabrik playground untuk Anda dan si kecil!

Tips Aman Bermain di Playground

anak bermain di playground

Setelah memilih playground yang memiliki tingkat keamanan yang baik, Anda perlu memperhatikan bagaimana perilaku anak saat bermain di playground. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar anak tetap aman saat bermain di playground.

  1. Saat anak berusia sekolah dan prasekolah, dibutuhkan alat bermain playground yang bisa memancing aktivitas fisik dan motoriknya. Sebaiknya Anda menyesuaikan dengan tahapan usianya agar anak bisa bebas bergerak sesuai keinginan mereka dengan aman. Sementara untuk balita, perlu didampingi saat bermain. Pasalnya, anak usia balita seringkali belum menyadari kekuatannya sebatas mana. Tak heran jika mereka kerap terjatuh dan mengalami cedera saat bermain. 
  2. Selain aspek rekreasi atau kesenangan bagi anak dalam bermain, Anda sebaiknya memperhatikan pula manfaat dari permainan tersebut. Misalnya; jungkat-jungkit bisa melatih keseimbangan, ayunan untuk melatih fisiknya dan juga berkaitan dengan sistem kerja syaraf, permainan meniti balok untuk melatih keseimbangan, tangga yang dibentuk sedemikian rupa untuk melatih kemampuannya dalam memanjat atau bergelantungan yang membutuhkan kekuatan tangan dan keberanian, dan lain-lain.
  3. Untuk outdoor playground, sebaiknya hindari jenis permainan yang membahayakan batita maupun balita Anda. Misalnya saja bermain trampolin tanpa pengawasan, besar kemungkinan bisa mengakibatkan cedera pada tengkuk leher. Pengawasan Anda sebagai orang tua sangat perlu.
  4. Jika berada di indoor playground, sebelum memberikan mainan kepada si kecil, perhatikan label yang tercantum dalam kemasan alat bermain tersebut. Alat bermain yang baik senantiasa mencantumkan label peringatan bahwa alat permainan tersebut dirancang untuk anak usia tertentu.
  5. Kebersihan alat bermain juga perlu diperhatikan. Semua alat dibersihkan dalam rentang waktu tertentu, seperti seminggu sekali untuk menghindari bakteri, kuman, jamur, dan tungau tumbuh. Misalnya saja pada bola-bola yang digunakan untuk mandi bola. Jika diabaikan dapat memicu masalah kesehatan, terutama anak-anak yang memiliki kecenderungan alergi. Selain rutin dibersihkan, arena permainan mandi bola juga mesti diletakkan pada area yang aman dari serangga-serangga atau binatang liar lainnya apabila diletakkan outdoor playground.
  6. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan rutin terhadap alat bermain, untuk memastikan kondisinya aman bagi anak. Minimal seminggu sekali diperiksa untuk mengetahui apakah ada bagian yang rusak dan perlu diperbaiki. 
  7. Jika Anda mendapati beberapa mainan yang rusak, misalnya tali ayunan hampir putus atau pegangan pada jungkat-jungkit tidak lagi rekat, sebaiknya hindari menggunakan alat tersebut. Ajak si kecil untuk memilih mainan lain yang layak dan aman saat digunakan. Anda juga perlu menginformasikan kepada pengelola playground tersebut bahwa ada sebagian alat bermain di area tersebut rusak.

BACA JUGA: 5 MACAM OUTDOOR PLAYGROUND DAN MANFAATNYA

Tips Aman Bermain Ayunan

tips aman bermain ayunan

Sebagai orang tua, Anda perlu memahami terdapat beberapa alat permainan yang memiliki risiko tinggi. Salah satunya adalah mainan ayunan.

Berikut beberapa tips agar aman saat bermain ayunan bagi anak-anak:

  • Pastikan ayunan terbuat dari material lembut seperti karet atau plastik, bukan kayu atau logam.
  • Anak harus selalu duduk di ayunan, bukan berdiri atau berlutut. Anak harus memegang erat pegangan ayunan dengan kedua tangan ketika berayun. Saat mereka sudah ingin turun dari ayunan, Anda harus pastikan kalau ayunan sudah berhenti sepenuhnya sebelum anak berdiri dari ayunan.
  • Anak harus menjaga jarak aman dari anak lain di ayunan, tidak berlari atau berjalan di depan atau belakang ayunan yang bergerak.
  • Ayunan dibuat hanya untuk satu orang. Jadi jangan sampai ada dua orang anak naik di satu kursi yang sama. 

Jenis Produksi Pabrik Playground

outdoor PLAYGROUND

Selain memperhatikan keamanan alat-alat bermain yang tersedia di playground, sebagai orang tua Anda juga perlu memastikan alat bermain sesuai dengan usia anak. Setiap rentang usia anak memiliki kecocokan terhadap alat permainan yang berbeda-beda.

Secara umum, jenis permainan di area bermain disesuaikan untuk tiga kelompok usia:

  1. Area bermain toddler, cocok untuk anak mulai dari usia 6 hingga 23 bulan. Biasanya ada tempat untuk anak merangkak, berdiri, berjalan, dan bereksplorasi. Jenis permainan untuk kelompok ini berupa struktur untuk memanjat dengan tinggi kurang dari 32 inci, jalan yang landai, tangga, perosotan pendek, dan ayunan dengan dudukan yang aman.
  2. Area bermain untuk prasekolah, ditujukan untuk anak usia 2 hingga 5 tahun, bisa berupa komedi putar, perosotan spiral dengan satu putaran 360 derajat, kursi goyang pegas, tangga, ayunan dengan sabuk dan dudukan yang aman, serta ayunan ban berputar.
  3. Area bermain usia sekolah, cocok untuk anak usia lebih dari 5 hingga 12 tahun. Bisa berupa busur panjat, jungkat-jungkit, ayunan dengan sabuk, ayunan ban berputar, tambang meluncur vertikal, tangga, dan komedi putar. Perosotan spiral dengan lebih dari satu putaran 360 derajat sangat menyenangkan bagi anak di kelompok usia ini.

BACA JUGA: 8 ALASAN INDOOR PLAYGROUND PENTING DIBUAT DI RUMAH

Rekomendasi Pabrik Playground

Jika Anda sedang mencari pabrik playground, Anda tidak perlu risau. Saat ini sudah tersedia pabrik playground yang telah memiliki reputasi baik dalam melayani pelangganya yaitu PT. Wahana Tirta Estetika. Perusahaan ini memproduksi dan merancang peralatan bermain menggunakan bahan kualitas tinggi untuk ketahanan dan keamanan.

TEMUKAN BERBAGAI WAHANA BERMAIN SERU LAINNYA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks