Indonetwork, WahanaKetika berada di sebuah taman atau halaman sekolah playgroup dan TK, salah satu hal yang menarik perhatian anak adalah playground. Terdapat berbagai macam playground beraneka warna yang dapat menarik perhatian anak-anak.

Biasanya, anak selalu betah berlama-lama untuk bermain di area playground, karena hal tersebut sesuai dengan usianya dimana bermain adalah salah satu pekerjaannya. Akan tetapi, tidak semua orang menyadari hal ini dan terkadang terburu untuk mengajak si anak pulang.

Playground dapat menjadi tempat belajar dan bermain anak-anak untuk mengasah skill dan psikologis mereka. Banyak kemampuan akan terasah ketika mereka bermain playground, seperti kemampuan kognitif, fisik, sosial, dan sensorik mereka.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai playground, berikut macam-macam permainan playground dan manfaat bagi psikologis anak.

Macam-macam Permainan Playground

permainan playground ayunan
Sumber: Pexels

Umumnya, playground banyak dibangun pada ruangan terbuka seperti taman dan halaman sekolah. Akan tetapi, saat ini produsen telah banyak berinovasi dan menciptakan playground yang bisa digunakan pada ruangan tertutup atau playground indoor.

Berikut macam-macam permainan playground yang sering dimainkan.

1. Berburu Harta Karun

Permainan berburu harta karun dapat diwujudkan dengan menyembunyikan beberapa potongan puzzle pada area taman bermain. Para orang tua atau pendamping dapat memberikan sejumlah petunjuk untuk memicu rasa ingin tahu mereka.

Permainan ini dapat memicu kegembiraan, mendorong jiwa detektif mereka, membangun koneksi, dan memperpanjang durasi waktu aktivitas mereka di luar rumah.

Setelah semua puzzle sudah ditemukan, Anda dapat meminta mereka untuk menyusun puzzle bersama-sama.

Baca juga: 8 Tips yang Harus diperhatikan dalam Pembuatan Playground

2. Lompat Tali

Dengan berbagai kreativitas yang terus berkembang, terdapat banyak variasi permainan lompat tali. Permainan ini dapat dilakukan dengan pemain yang tak terbatas.

Anda bisa mencontohkan bagaimana cara memainkan permainan ini dan meminta mereka untuk mencobanya secara individu atau berpasangan. Aktivitas ini dapat meningkatkan kreativitas, mendorong komunikasi terbuka, dan kerja tim.

3. Estafet Hula Hoop

Selain itu, Anda juga bisa menciptakan permainan dengan hula hoop. Permainan ini tidak menuntut jumlah pemain, jadi Anda bisa sesuai dengan jumlah anak yang ada.

Untuk memainkan permainan ini, mintalah anak-anak membentuk lingkaran terlebih dahulu dengan saling berpegangan tangan. Tempatkan satu atau dua hula hoop pada salah satu tangan mereka. Hula hoop tersebut harus melewati setiap kepala dan di bawah kaki mereka secara bergantian.

Aktivitas ini dapat memancing tawa, membangkitkan kecerdikan, dan meningkatkan kekuatan otak pada anak. Anda bisa mencontohkan terlebih dahulu agar mereka dapat menyusun strategi bagaimana melewati hula hoop dengan tangan terhubung atau bahkan mata tertutup.

4. Lampu Merah lampu Hijau

Selain itu, juga terdapat permainan lampu merah lampu hijau (stop-and-go). Ini adalah salah satu permainan yang semakin banyak pemain akan semakin seru.

Permainan ini melibatkan musik atau perintah vokal di dalamnya. Para pemain diminta untuk berjalan dari garis start hingga finish dengan sejumlah ketentuan. Salah satunya yakni mengikuti perintah musik atau vokal yang ada. Jika musik berhenti, maka mereka juga harus berhenti, begitu pun sebaliknya.

Para pemain akan diawasi oleh salah satu polisi untuk melihat siapa saja yang melakukan gerakan sekecil apapun itu. Jika ada salah satu yang tertangkap bergerak, maka ia juga bisa menjadi polisi untuk teman-temannya.

Baca juga: Permainan Aman dan Seru dari Pabrik Playground

Manfaat Psikologis Bagi Anak

Macam-Macam Permainan Playground
Sumber: Pexels

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bermain pada playground. Salah satunya yakni manfaat psikologis.

1. Kognitif

Adanya aktivitas interaksi dan menjelajah taman bermain, anak-anak bisa mendapatkan kesempatan untuk memecahkan masalah, berpikir kritis, dan merencanakan secara strategis.

2. Fisik

Kegiatan fisik seperti memanjat, melompat, dan berlari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan tubuh mereka. Bermain juga meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi anggota tubuh.

3. Sosial

Dengan terlibat dalam interaksi teman sebaya, mereka dapat berkolaborasi dan belajar berteman dengan orang selain anggota keluarga.

4. Sensorik

Aktivitas yang melibatkan indera penglihatan, pendengaran, serta sentuhan dapat membantu perkembangan otak lebih cepat.

Baca juga: 8 Alasan Indoor Playground Penting dibuat di Rumah

Beli Permainan Playground di Sini

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pihak yang menjual mainan playground outdoor yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.

Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: