Indonetwork, PanduanBagi Anda yang baru saja ingin memulai sebuah bisnis tentu saja perlu mengetahui tentang bisnis online sebagai salah satu referensi bentuk usaha agar usaha yang dijalani berjalan baik dan lancar. Berbisnis online dapat membuat Anda mendapat lebih banyak keuntungan karena konsumen bisa datang dari mana dan kapan saja, baik dari dalam maupun luar negeri.

Produk yang dijual pun sangat beragam, mulai dari produk fashion, food and beverages, otomotif, perlengkapan sekolah, peralatan dan keperluan olahraga dan lainya. Namun dalam menjalankan bisnis online tentu saja tidak mudan dan asal asalan agar tidak mendapat kerugian, mari simak panduannya dalam memulai bisnis online.

Apa Itu Bisnis Online?

Free A Man and a Woman Looking at A Laptop Screen Stock Photo

Bisnis online adalah jenis bisnis yang dijalankan melalui media internet atau secara digital dengan melalui aktivitas bisnis jual-beli, pelayanan kepada konsumen, pemasaran, dan sebagainya dilakukan secara online. Anda juga dapat  menjual berbagai jenis produk, mulai dari barang, jasa, hingga produk digital.

Tentu saja dengan Internet dapat menciptakan lingkungan bisnis yang tidak lagi mementingkan waktu dan jarak dan mempermudah konsumen memiliki akses untuk mengetahui produk dan layanan yang lebih luas jangkauannya.

Panduan Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

gray and blue Open signage

Sebelum membangun sebuah bisnis kadang kita sendiri merasa khawatir dengan modal yang kita miliki, namun apakah Anda tahu memulai sebuah bisnis bisa saja tidak membutuhkan modal tentu saja dengan kunci utamanya adalah yakin akan diri sendiri dengan bisnis yang akan dibangun. 

Anda bisa memulainya dengan menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang ingin Anda buat, namun sebelum itu mari kita simak pandungan memulai bisnis online tanpa modal.

1. Pilih Produk yang Menarik

Dalam memilih sebuah produk yang akan dipasarkan tentu saja kita harus memilih produk yang menarik dan diminati banyak orang karena produk yang banyak diminati akan memiliki harga jual yang tinggi. 

Selain memilih produk yang menarik, cara memulai usaha online sendiri tanpa modal dengan memahami produk yang akan dijual ini. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang menanyakan, reseller juga bisa lebih pintar menjawabnya sehingga pelanggan akan merasa yakin untuk membeli produk tersebut.

BACA JUGA: Apa Saja Perbedaan E-Commerce Dengan Marketplace?

2. Melakukan Riset

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan riset, hal wajib dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar hingga target pemasaran bisnis Anda, hal ini juga dapat memastikan bahwa rekan yang akan diajak kerja sama benar-benar terpercaya. 

Dalam melakukan riset, Anda hanya cukup melakukan cek mengenai hal atau pun barang komoditi yang saat ini dibutuhkan atau digemari oleh pasar. Selain melakukan pengecekan terhadap kebutuhan pasar, Anda juga perlu menentukan target bisnis Anda. 

3. Membuat Akun Media Sosial 

Cara yang satu ini tentu saja sangat diperlukan hal ini merupakan metode yang cukup strategis lantaran media sosial kini sangatlah dekat dengan masyarakat serta dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. 

Anda dapat memposting produk Anda dengan semenarik mungkin sehingga dapat membuat produk Anda diminati banyak orang. selain membuat media sosial Anda juga dapat memposting produk Anda melalui situs jual online.

4. Memasarkan produk kepada orang terdekat

Tips membuka bisnis online tanpa modal lainnya dengan cara menjual produk kepada orang terdekat. dengan memperkenalkan produk Anda kepada teman terdekat tentu saja tidak membutuhkan banyak uang. Anda bisa langsung menawarkan produk pada teman, keluarga, atau kerabat dekat Anda. 

5. Memberikan promosi

Untuk menarik perhatian pelanggan tentu saja memberikan sebuah promosi sangatlah efektif,  Anda dapat memberikan promo yang berlaku dalam batas waktu tertentu sehingga membuat banyak orang yang akan tertarik.

6. Pilih Rekan Terpercaya

Dalam memilih rekan saat ingin memulai bisnis tentu saja harus diperhatikan Agar bisnis yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, Anda perlu memiliki distributor yang terpercaya. Ada beberapa hal yang harus perhatikan saat akan memilih distributor terpercaya diantaranya:

  • Produk memiliki kualitas yang baik
  • Kemasan produk yang dikirim, waktu pengiriman dan keamanan barang
  • Pilih distributor yang jujur dan dapat diandalkan, agar ketika ada kebutuhan yang mendesak bisa merespon dengan cepat
  • Sistem penjualan dan pemasaran dari distributor jelas dan lengkap. 
  • Pastikan stok dari distributor bisa diandalkan untuk keberlangsungan penjualan.

BACA JUGA: Tips Menentukan Harga Jual Barang Yang Sesuai

7. Sematkan Kontak Pada Produk

Selain membuat media sosial dan mempromosikan produk Anda, Anda dapat mencantumkan kontak bisnis Anda pada produk Anda hingga akan sangat memudahkan pelanggan untuk melakukan repeat order. 


Itulah Panduan memulai bisnis online tanpa moda semoga dapat membantu bisnis yang akan Anda bangun dan dapat menambah wawasan Anda. 

Jika Anda sedang mencari tempat untuk memasarkan produk dan memulai bisnis online Anda, Anda dapat menggunakan platform B2B marketplace seperti Indonetwork.

Sebagai pelopor B2B marketplace yang sudah terkenal di Indonesia, Indonetwork akan membuat produk dan perusahaan Anda lebih dikenal lebih luas karena setiap bulannya, ada ratusan ribu orang yang mengunjungi website Indonetwork. Segera daftarkan diri Anda menjadi member Indonetwork dan rasakan keuntungannya!

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks