Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah Anda memiliki karpet bulu karakter yang telah rata dan kusut seiring waktu? Anda tidak perlu khawatir hingga membuangnya. Faktanya, karpet bulu tidak akan selalu terlihat sempurna. Berjalan di atas karpet, membiarkan hewan peliharaan berbaring di atasnya, dan bahkan menempatkan furnitur di atasnya dapat membantu menekan serat ke bawah dan membuatnya rata. Untuk menjadikannya halus kembali, ikutilah panduan berikut ini.

Panduan Merawat Karpet Bulu Karakter

1. Mulailah dengan Menyedot Debu

Sebelum melakukan hal lain, Anda harus memeriksa penyedot debu terlebih dahulu apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa pengisapan membantu menarik serat karpet apapun termasuk karpet bulu karakter sedikit ke atas dan membuatnya terangkat. Tentu saja, itu tidak cukup untuk meremajakan karpet sepenuhnya. Semakin kuat Anda menyedot debu, semakin besar kemungkinan serat untuk berdiri. Jika Anda tidak memiliki penyedot debu atau vacum cleaner Anda dapat menggunakan sapu atau pemukul karpet sesuai arahan berikut ini

  1. Sapu dan Pengki

Sapu dan pengki akan membantu menghilangkan kotoran dari karpet. Rambut sapu sebaiknya kaku agar efektif melonggarkan dan mengangkat tumpukan kotoran dan debu dari karpet. Anda dapat menggunakan pengki kecil atau pengki dengan pegangan. Mulailah dari satu ujung atau sudut karpet dan kerjakan ke ujung yang lain. Jika puing-puing mulai menumpuk, sapukan ke dalam pengki sebelum kotoran atau debu tersebut bertebaran lagi terkena angin.

  1. Pemukul Karpet

Anda dapat membawa karpet bulu karakter ke luar rumah dan menggantungnya di atas tali jemuran atau pagar. Pemukul karpet akan menghilangkan banyak sekali kotoran. Alat ini biasanya terbuat dari rotan. Alat ini memiliki pegangan yang kokoh dan dayung yang lebar di ujungnya. Mulailah dari bagian atas karpet dan singkirkan semua debu dan kotoran. Pastikan untuk membaliknya sehingga kedua sisi karpet dapat dibersihkan. Anda juga dapat menggunakan pemukul karpet ini untuk menghaluskan dan menghilangkan debu dari bantal furnitur berlapis kain.

Baca Juga: 5 CARA MEMBERSIHKAN KARPET BULU TANPA VACUM CLEANER

2. Cuci Karpet Bulu Karakter

Jika karpet bulu karakter Anda terlalu kotor, Anda perlu mencucinya. Namun, banyak label karpet tidak menyertakan informasi konten kain tertentu agar dapat mengetahui cara mencucinya. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencucinya secara terpisah dari cucian lain. Jika Anda memiliki dua atau tiga karpet yang tidak terlalu besar maka dapat dicuci bersama. Anda akan menghemat waktu dan air dengan mencuci semua karpet sekaligus.

Untuk semua jenis karpet yang bisa dicuci, gunakan air dingin dan deterjen cair. Jika Anda memiliki mesin cuci berefisiensi tinggi bukaan depan atau beban atas, memasukkan karpet ke dalam mesin cuci sangatlah mudah, tambahkan deterjen dan masukkan karpet. Untuk mesin cuci beban atas standar, beban harus seimbang di sekitar pengaduk tengah. Beban yang tidak seimbang dapat menyebabkan putaran liar dan bahkan membahayakan mesin Anda. Jika karpet Anda terlalu kecil dan tidak memiliki cukup karpet untuk dicuci maka Anda dapat menambahkan keset dan alin sebagainya untuk menyeimbangkan beban.

3. Gunakan Pembersih Uap (Steam Cleaner)

Setelah mengeluarkan karpet bulu karakter dari mesin cuci, letakkan di atas area yang rata dan kemudian dengan lembut jalankan setrika yang hangat (tidak panas) di atasnya. Ulangi sampai serat karpet muncul kembali. Panas dan lembab akan membantu mengatur ulang serat, dan Anda akan mendapatkan karpet berbulu yang bagus lagi.Untuk melakukan ini Anda mungkin butuh kesabaran yang ekstra sehingga pilihlah waktu yang tepat agar tidak mengganggu pekerjaan Anda yang lain. Atau, Anda dapat membersihkan karpet dengan uap, yang akan memiliki efek yang sama tanpa merusak punggung Anda. Ini hanya mengharuskan Anda memiliki pembersih uap yang Anda inginkan.

Air dengan cuka dapat digunakan untuk membersihkan seluruh karpet dengan pembersih uap. Untuk menggunakan pembersih uap, Anda harus mengetahui apakah karpet bulu karakter Anda terbuat dari bahan sintetis atau alami, karena Anda memerlukan perbandingan cuka dan air yang berbeda. Serat alami lebih halus, jadi Anda harus lebih berhati-hati saat membersihkannya.

Baca Juga: AMANKAH BAYI TIDUR DI ATAS PLAYMAT?

Untuk karpet sintetis, campurkan larutan dengan perbandingan satu bagian cuka dengan dua bagian air. Untuk karpet yang terbuat dari wol atau bahan alami, gunakan cuka dan air dengan perbandingan satu banding satu. Jika Anda tidak yakin apakah karpet itu sintetis atau bahan alami seperti wol, balik dan lihat bagian bawahnya: sebagian besar karpet sintetis keras di bawahnya, sedangkan karpet wol lembut di kedua sisinya.

4. Menghapus Jejak Perabotan

Saat Anda memindahkan furnitur Anda, Anda mungkin melihat karpet rata di mana kaki perabotan berdiri. Area-area ini mungkin merespons dengan baik metode di atas, namun terkadang serat masih sulit terangkat. Jika ini masalahnya, cukup semprotkan lekukan dengan air lalu haluskan dengan garpu. Dalam beberapa saat, karpet Anda akan terlihat normal kembali.

Produsen Karpet Bulu Karakter Kualitas Unggulan

Raja Karpet merupakan produsen dan pabrik bantal, karpet, kasur, keset, playmat terlengkap di Surabaya, Jawa Timur. Produk karpet bulu karakter yang diproduksi oleh Raja Karpet terdiri dari bantalan dacron yang kemudian ditutup menggunakan sarung karpet bulu. Sehingga sarung karpet bulu bisa dicuci dengan mudah dan bisa diganti sarung karpet jika berkeinginan mengubah warna dan karakter. Material foam karpet bulu lembut anti selip sehingga sesuai untuk bersantai atau digunakan sebagai alas main keluarga.

Author

Enable Notifications OK No thanks