Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaMembersihkan karpet bulu tidak harus memakai vacum cleaner, namun juga bisa pakai alat lain. Cara membersihkan karpet bulu tanpa vacum cleaner tentu akan jauh lebih hemat listrik dan lebih efektif.

Karpet bulu harus dengan rutin dibersihkan dari debu dan kotoran supaya tidak menumpuk. Apalagi kalau karpet ini adalah komponen yang sangat penting di dalam rumah. Tidak heran banyak toko yang jual karpet bulu.

Cara Membersihkan Karpet Bulu Tanpa Vacum Cleaner

Lalu bagaimana cara membersihkan karpet bulu tanpa vacum cleaner? Berikut ini telah kami rangkum tipsnya berikut ini.

1. Memakai Sapu dan Pengki

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan karpet bulu yaitu dengan memakai sapu lantai biasa yaitu sapu dan pengki. Cara ini memang tergolong jadul, namun masih sangat efektif untuk menghilangkan kotoran di atas permukaan karpet bulu.

Cara membersihkannya sangat mudah dimana Anda tinggal sapu karpet dengan teknik satu arah. Dengan menggunakan teknik ini, maka kotoran di karpet akan terangkat sepenuhnya.

Setelah itu arahkan kotoran yang telah terkumpul ke pengki supaya Anda bisa membuangnya dengan mudah.

Baca juga: TIPS MEMILIH KARPET PUZZLE EVAMAT UNTUK ANAK

Jika ingin memakai sapu lantai biasa, pastikan sapu yang digunakan terbuat dari bulu yang agak keras seperti sikat. Dengan begitu kotoran akan lebih mudah terangkat.

2. Memakai Pemukul Rotan

Pemukul Rotan biasa dipakai untuk membersihkan bantal dan kasur. Namun siapa sangka kalau perabotan rumah tangga yang satu ini dapat dipakai untuk membersihkan karpet bulu.

Cara membersihkannya sangat mudah dimana Anda bisa gantungkan karpet di jemuran atau pagar. Setelah itu pukul dengan pemukul rotan, maka debu dan kotoran yang menempel di karpet akan terlepas.

Jika ingin menggunakan cara yang satu ini, pastikan Anda memakai masker supaya saluran pernafasan Anda terjaga. Karena nantinya akan ada banyak debu yang tidak menyehatkan.

3. Memakai Sticky Roller

Sticky roller adalah roller seperti pada umumnya, namun bagian rolnya adalah lembaran kertas yang lengket. Biasanya alat ini dipakai untuk membersihkan bulu binatang atau bulu yang halus yang menempel pada permukaan kain.

Ternyata Anda bisa memakai peralatan yang satu ini untuk membersihkan karpet bulu. Tapi lembaran sticky roller yang kamu perlukan akan semakin banyak jika lebar karpetnya juga besar.

Saran dari kami, gunakan cara ini jika memang Anda memiliki sticky roller yang berukuran besar.

Baca juga: 7 JENIS KARPET UNTUK KAMAR TIDUR & PERKIRAAN HARGANYA

4. Sikat yang Berbulu Kaku

Saat Anda telah memukul karpet dengan pemukul rotan, sebaiknya lakukan tahap pembersihan yang lainnya. Caranya yaitu dengan menyikat permukaan karpet dengan memakai sikat yang punya bulu kaku. Sehingga bisa menarik kotoran dengan lebih efektif.

Pastikan untuk cek sikat secara berkala karena pasti akan ada banyak helaian rambut atau benang yang menyangkut. Jika sudah banyak, buang terlebih dahulu lalu kembali sikat karpet bulu.

5. Lakban

Jika memang Anda tidak memiliki sticky roller atau tidak punya budget untuk membelinya, gunakan saja lakban biasa. Pilih saja lakban yang transparan, lalu rentangkan selebar pundak dan tempelkan ke permukaan karpet.

Setelah itu tarik kembali lakban untuk mengangkat bulu, rambut dan kotoran lainnya di atas permukaan karpet. Cara yang satu ini memang memakan waktu, namun sangat lebih efektif untuk membersihkan debu dan kotoran di atas karpet.

Baca juga: 5 MERK PLAYMAT BAYI TERBAIK DAN AMAN DIGUNAKAN

Kelima alat di atas tidak hanya dapat dipakai untuk karpet bulu saja, namun juga untuk karpet bulu motif kartun. Apalagi sekarang telah banyak toko yang jual karpet bulu motif kartun dengan harga yang sangat terjangkau.

Demikianlah  cara membersihkan karpet bulu tanpa vacum cleaner yang bisa Anda coba. Cara di atas memang manual, sehingga butuh lebih banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya. Semoga bermanfaat.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks