Indonetwork, Percetakan – ID card PVC adalah sebuah ID card yang terbuat dari plastik PVC singkatan (polyvinyl chloride). Plastik ini tergolong murah dan umum digunakan untuk ID card standar. Jika Anda memiliki printer kartu ID sublimasi pewarna, Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dan hasil yang terlihat profesional dengan menggunakan kartu PVC untuk kebutuhan identifikasi Anda. Mungkin tidak hanya kebutuhan identifikasi diri Anda, tetapi banyak orang. Anda dapat memenfaatkan momen ini sebagai peluang bisnis cetak ID card PVC, lebih lengkapnya simaklah uraian di bawah ini.

Sekilas tentang ID Card PVC?

Kartu berbahan dasar PVC ini biasanya digunakan untuk identifikasi, atm atau kartu kredit, kartu keanggotaan, kartu akses, dan banyak lagi. Kartu-kartu ini adalah kartu berukuran CR80 (2,13″ x 3,38″). Kartu kosong biasanya dijual per pak, satu pak berisi 100 kartu.

Kartu ini kokoh namun tidak tahan terhadap panas. Jika ID card Anda terkena suhu tinggi seperti saat melaminasi kartu Anda atau jika Anda menggunakan printer transfer ulang, kartu PVC akan melengkung atau menekuk sedikit atau bahkan retak.

Kartu ini dapat disesuaikan dengan printer kartu ID PVC standar, memungkinkan Anda untuk menambahkan grafik, foto pengguna, nama, kode batang, dan data variabel lainnya. Ada banyak cara untuk membuat ID card, namun pada paparan kali ini Anda akan belajar bagaimana Anda dapat mencetak pada kartu PVC menggunakan printer Inkjet.

Cetak ID Card PVC
Sumber: Pinterest

Tutorial Cetak ID Card PVC

Anda tidak bisa begitu saja memasukkan kartu PVC ke printer inkjet Anda. Sebenarnya mencetak pada kartu PVC akan membutuhkan baki khusus yang berfungsi di printer tertentu. Anda dapat memeriksa kompatibilitas dengan printer Anda untuk melihat apakah printer Anda mendukung penggunaan baki kartu PVC inkjet.

Setelah Anda memiliki Baki Kartu PVC Inkjet, Anda dapat mencetak pada Kartu PVC Inkjet. Kartu PVC inkjet memiliki lapisan khusus yang digunakan untuk menyerap tinta dari printer inkjet Anda. Jika Anda mencoba mencetak pada kartu PVC biasa yang tidak memiliki lapisan ini, Anda akan melihat bahwa tinta akan menggenang dan tidak terserap ke dalam kartu. Jika kartu memiliki lapisan tersebut, setelah dicetak kartu akan segera mengering dan bersifat tahan air.

Setelah Anda mencetak ID card Anda, Anda dapat menambahkan lubang slot ke dalamnya menggunakan pukulan slot ID card. Anda dapat melindungi kartu Anda menggunakan ID Hologram atau Clear Overlay. Anda mungkin juga ingin memasukkan kartu ID Anda ke dalam holder, atau menggunakan klip lencana atau lanyard.

ID Card PVC
Sumber: Thegorbalsla

Bisnis Cetak ID Card PVC

Jika Anda ingin memulai  bisnis ini, belilah printer kecil yang berkualitas baik seperti epson. Sediakan setidaknya sekitar 5 kotak kartu. Cetak beberapa kartu contoh yang bagus sebagai profil bisnis Anda, sehingga ada beberapa opsi untuk ditawarkan kepada pelanggan Anda.

Setelah perancangan dan pencetakan kartu disiapkan, vendor bahan baku diselesaikan, Anda akan mengetahui biaya pasti yang terlibat dalam pembuatannya. Tambahkan mark up yang bagus dan tetapkan daftar harga sederhana dengan berbagai opsi dan pastikan untuk memeriksa harga pasar lokal juga. Pikirkan pula ide pemasaran seperti bertemu dengan sekolah, organisasi, perusahaan IT, start up, dll. Anda juga dapat memasarkannya melalui platform online yang tersedia.

Selain pemasaran, satu hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan printer. Pastikan untuk membaca untuk detail lengkap tentang printer yang kompatibel, dan kartu PVC yang dapat dicetak dengan inkjet.

Baca Juga: 7 IDE MERCHANDISE UNTUK KLIEN PERUSAHAAN ATAU KARYAWAN BARU

Rekomendasi Printer untuk Cetak ID Card PVC

Epson L805

Printer ini merupakan pilihan bijak bagi Anda yang baru akan merintis bisnis kecil-kecilan. Dengan harga berkisar Rp. 3.700.000, printer ini memiliki keunggulan dalam mencetak foto. Terdapat 6 sistem tabung tinta. Bukan hanya Black, Yellow, Cyan, dan Magenta melainkan ada tambahan Light Cyan, dan Light Magenta. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Printer Epson L805 tidak memiliki fasilitas scan ataupun copy.

FARGO DTC4500e [55000]

Printer ini memiliki harga sekitar Rp 22.000.000. Sayangnya printer ini tidak mampu mencetak 2 sisi sekaligus, namun persatu sisi namun kamu tetap bisa mencetak kedua sisi dengan setup yang sederhana yaitu membalikkan kartu saja saat akan mencetak.

Baca Juga: 5 FUNGSI ID CARD UNTUK KARYAWAN KANTORAN

ZEBRA ZC300 Card Printer

Kamu bisa menggunakan kabel USB atau ethernet untuk mengoperasikan mesin cetak ID Card ini. Printer kecil ini menggunakan teknologi direct-to card yang membuat kamu bisa mencetak kartu ID Card dengan sangat mudah, tinggal taruh card saja dan semuanya selesai. Printer ini mempunyai harga yang cukup tinggi yaitu Rp 39.000.000

FARGO HDP8500 Dual Side Base Model

Jika Anda memproduksi ID card dalam jumlah yang banyak atau ingin membuat perusahaan atau usaha mencetak ID Card maka printer ini menjadi pilihan Anda yang terbaik. Printer ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu di Rp 130.500.000 dengan ukuran yang cukup besar dan cocok digunakan untuk proses produksi ID Card dengan jumlah yang cukup banyak setiap bulannya.

FARGO HDP 5000 Dual Side

Printer ini mampu mencetak gambar dengan resolusi hingga 300 dpi cukup jernih untuk menghasilkan foto ID card yang berkualitas dan mampu mencetak hingga 24s/card dengan garansi printer yang lama, biasanya diberikan hingga 3 tahun. Printer ini tahan banting dan cocok digunakan baik di kantor maupun untuk usaha Anda.

DATACARD Card Printer CD868 Duplex

Printer dari Datacard ini memiliki harga yang cukup murah di kalangannya yaitu di angka Rp 38.000.000 namun mampu mencetak kartu dengan hasil yang jernih hingga kerapatan pixel 300 dpi. Kecepatan printer ini juga cukup baik yaitu mampu mencetak hingga 3 kartu dalam satu menit.

Untuk mengetahui harga pasar lokal dan membandingkan kualitas, Anda dapat mengunjungi Armada Digicard yang merupakan vendor spesialis pembuatan ID Card, Member Card, Kartu Pasien, Printing beserta aksesoris dan kelengkapannya Casing ID, Yoyo ID, Tali ID. Sebagaimana percetakan yang profesional, bahan baku yang digunakan berkualitas, dan melalui Proses mesin Press bukan laminating. Sehingga Tidak mudah patah, atau mengelupas.


Author

%d bloggers like this: