Indonetwork, BisnisMulsa plastik merupakan salah satu peralatan pertanian yang dapat membantu memberikan pengaruh terhadap tanaman bawang merah.

Setiap tanaman tentu memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya, seperti sistem budidaya, faktor lingkungan, dan lain sebagainya.

Tanaman bawang merah merupakan tanaman yang tidak tahan terhadap lingkungan yang kering karena memiliki akar yang pendek. Selain itu, tanaman ini juga tidak tahan terhadap area tanam yang tergenang oleh air. Oleh karena itu, proses tanam ketika musim hujan dapat mengakibatkan timbulnya penyakit hingga kebusukan pada hasil panen.

Simak informasi mengenai pengaruh mulsa plastik terhadap proses budidaya bawang merah yang mungkin akan berguna untuk bisnis Anda!

Pengaruh Mulsa Plastik Terhadap Tanaman Bawang Merah

Pengaruh Mulsa Plastik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah
Sumber: Pexels

Tidak semua jenis mulsa dapat diaplikasikan pada area tanam tanaman bawang merah. Hal ini karena setiap warna pada mulsa plastik juga memiliki dampak dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut beberapa pengaruh mulsa plastik pada proses pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah.

1. Menurunkan Suhu Tanah

Penggunaan mulsa plastik hitam perak yang dikombinasikan dengan mulsa organik seperti jerami dapat mengakibatkan turunnya suhu tanah yang berdampak pada kurang optimalnya pertumbuhan tanaman.

Mulsa plastik hitam perak tersebut menyebabkan tanah menjadi lembab dan lebih gelap, sehingga memungkinkan suhu tanah menjadi turun. Sementara mulsa jerami padi dapat menurunkan suhu tanah rata-rata 1,3% dibanding tanpa mulsa.

2. Suhu di Bawah Permukaan Plastik Stabil dan Lembab

Penggunaan mulsa plastik hitam perak jika diaplikasikan ke dalam media tanam tanaman bawang merah, memang memberikan sejumlah keuntungan. Akan tetapi, terdapat kelemahan yang bisa mengakibatkan gagal panen.

Salah satu kelemahannya yakni bagian dalam plastik mulsa bisa menjadi tempat bersarangnya hama. Hal ini disebabkan oleh suhu yang stabil dan lembab pada permukaan bawah plastik yang mengakibatkan tanaman terserang penyakit dan mengalami busuk akar. Untuk mengurangi penyakit busuk akar pada tanaman ini, Anda dapat mengganti mulsa hitam perak dengan mulsa transparan.

Baca juga: Apa itu Mulsa Plastik? Simak Pengertian Mulsa Plastik di Sini

3. Meningkatkan Suhu Udara

Penggunaan mulsa plastik hitam perak pada tanaman bawang merah dapat meningkatkan suhu udara, sehingga menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh secara maksimal. Mengingat tanaman bawang merah tidak tahan terhadap kekeringan.

Suhu udara yang meningkat dikarenakan permukaan perak pada plastik mulsa dapat memancarkan kembali sebagian besar radiasi matahari yang datang. Oleh karena itu, penggunaan mulsa plastik hitam perak tidak cocok untuk tanaman bawang merah.

4. Meningkatkan Unsur Hara Pada Tanah

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi produksi bawang merah adalah kondisi tanah yang kurang akan unsur hara. Kondisi tanah yang kurang unsur hara menunjukkan bahwa pH tanah rendah.

Salah satu cara untuk meningkatkan unsur hara pada tanah yakni dengan mengaplikasikan plastik mulsa pada area tanam. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan hasil produksi bawang merah.

Baca juga: Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

5. Membunuh Hama dan Menghindarkan dari Serangan Penyakit

Penggunaan mulsa plastik transparan dapat mengaktifkan mikroorganisme di dalam tanah. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari yang masuk dapat dikunci di bawah plastik dan diteruskan ke dalam tanah.

Suhu panas yang masuk mampu membunuh hama yang berada di bawah mulsa. Selain itu, langkah ini juga merupakan langkah pencegahan yang tepat untuk mengurangi serangan penyakit busuk akar.

6. Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman

bawang merah

Meskipun terdapat kelemahan serta kelebihan yang relatif sama pada penggunaan mulsa hitam perak dalam tumbuhan bawang merah, penggunaan mulsa hitam perak dinilai tetap penting daripada tanpa mulsa.

Penggunaan mulsa hitam perak dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Selain itu, kadar air dalam tanaman juga dapat tercukupi, dibanding dengan proses penanaman tanpa mulsa.

Perlu diperhatikan juga bahwa pemilihan atau penggunaan mulsa dapat disesuaikan dengan cuaca yang saat itu terjadi pada daerah Anda. Dengan begitu Anda dapat memutuskan untuk menerapkan apa saja dalam tumbuhan bawang merah Anda.

7. Mempengaruhi Tinggi Tanaman

Pemberian mulsa dan volume tingkat irigasi yang tepat dapat mempengaruhi tinggi tanaman saat tanaman berusia 4 MST. Akan tetapi, kemudian tanaman tidak lagi bertambah tinggi saat usia 8 MST. Hal ini dapat diduga karena bawang merah telah memasuki fase akhir pengisian umbi. Oleh karena itu, tinggi tanaman tidak lagi bertambah.

Baca juga: Fungsi Mulsa Plastik Hitam Perak

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Pengaruh Mulsa Plastik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah
Sumber: Pexels

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastic hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: