Indonetwork, Peralatan Industri – Mulsa plastik hitam perak merupakan salah satu media yang digunakan para petani untuk menutup tanah tanaman. Media tanam ini membantu mencegah tumbuh kembang gulma liar di sekitar tanaman.

Mulsa plastik hitam perak banyak digunakan dalam budidaya tanaman cabai, tomat, kol, kubis, melon, dan berbagai tanaman lainnya. Mulsa plastik sangat cocok untuk media tanam, karena dapat mencegah tanaman dari kerusakan, penyakit, dan membuat tanaman lebih terjaga.

Terdapat berbagai spesifikasi dan warna mulsa plastik untuk pertanian. Salah satunya yakni mulsa plastik dengan warna perak yang memiliki lebar buka 80 cm panjang 250 meter, dan tebal 35 micron. Selain itu, plastik ini juga memiliki berat bruton 9 kg.

Fungsi Mulsa Plastik Hitam Perak

Fungsi Mulsa Plastik
Sumber: Pinterest

Dalam bidang pertanian, mulsa plastik hitam perak tentunya memegang peranan penting untuk tumbuh kembang tanaman. Berikut fungsi-fungsi mulsa plastik hitam perak dalam bidang pertanian.

Menghemat Air

Dengan adanya mulsa plastik hitam perak yang ditutupkan pada bagian atas tanah dan berlubang hanya pada bagian tanaman saja, ini akan menghemat pengeluaran air Anda. Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu menyiram tanaman pada bagian yang berlubang saja dan air akan menyerap masuk dengan sendirinya.

Mencegah Tumbuh Kembang Rumput

Ketika menanam sebuah tanaman, salah satu hal yang bisa menghambat tumbuh kembang tanaman adalah tanaman-tanaman liar yang hidup begitu saja pada area tanaman yang kita tanam.

Pertumbuhan tanaman liar sebenarnya tidak bisa kita cegah. Akan tetapi, kita bisa meminimalisir tumbuh kembang tanaman liar menggunakan plastik mulsa hitam perak. Area tanaman yang sudah ditutupi dengan plastik mulsa hitam perak tidak akan ditumbuhi oleh tanaman liar.

Menambah Warna Pada Hasil Tanaman

Tanaman yang terkena pantulan sinar matahari dari bagian mulsa plastik hitam perak akan mendapatkan panas lebih daripada tanaman yang tidak mendapat pantulan panas. Jika sebuah tanaman mendapat panas yang cukup, maka hal ini akan menambah warna buah dari tanaman tersebut.

Seperti tanaman cabai. Jika tanaman cabai mendapat pantulan sinar matahari dan mendapat panas yang cukup, cabai bisa memiliki warna yang bagus dan lebih mencolok.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Menanam Biji Ketumbar Berkualitas di Rumah

Pengontrol Air

Fungsi Mulsa Plastik
Sumber: Pexels

Air hujan atau air yang berlebih dapat meresap ke dalam akar tanaman yang ditanam. Oleh karena itu, pada bagian atas tanah perlu ditutup dengan plastik mulsa hitam perak untuk mencegah air hujan masuk ke dalam akar, sehingga pengontrolan air dalam tanaman akan semakin baik.

Menjaga Kelembaban Tanah

Mulsa plastik hitam perak dapat digunakan untuk menjaga kelembaban tanah. Mengingat Indonesia memiliki iklim yang sangat berlawanan, yakni musim hujan dan musim kemarau.

Pada musim kemarau, mulsa plastik hitam perak akan menjaga agar tanah pada area tanaman tidak kering. Sementara pada musim hujan, mulsa plastik hitam perak menjaga agar area tanaman tidak terlalu basah dan lembab.

Memaksimalkan Proses Fotosintesis

Fungsi lain dari adanya penggunaan mulsa plastik hitam perak adalah agar sinar matahari tidak secara langsung mengenai buah dari tanaman. Dengan adanya mulsa plastik hitam perak, sinar matahari dapat langsung mengenai kedua sisi daun, sehingga proses fotosintesis dapat berlangsung dengan maksimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Mulsa Plastik Hitam Perak

Mencegah Penyakit Tanaman

Pada musim hujan, tanaman juga dapat terkena penyakit dari cipratan air hujan yang kemudian mengenai bagian tubuh tanaman atau meresap pada akar tanaman. Oleh karena itu, penggunaan mulsa plastik hitam perak sangat penting ketika musim hujan untuk mencegah adanya penyakit tanaman yang timbul akibat percikan tanah oleh air hujan.

Menjaga Sari-Sari Makanan dalam Tanah

Melalui penggunaan mulsa plastik hitam perak, sari-sari makanan yang ada dalam tanah lebih terjaga. Mulsa plastik hitam perak yang diletakkan di atas tanah, akan mencegah air hujan menghanyutkan sari-sari makanan yang ada di dalam tanah.

Meminimalisir Hilangnya Unsur Hara

Unsur hara merupakan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman agar mampu berkembang biak. Tanpa adanya unsur hara, tanaman tidak akan bisa tumbuh secara maksimal maupun normal.

Maka dari itu, penggunaan mulsa plastik hitam perak akan sangat membantu dalam meminimalisir hilangnya unsur hara akibat air hujan. Aliran air akan tertahan oleh mulsa plastik hitam perak sehingga tidak tercuci.

Baca Juga: 2 Cara Menanam Bunga Rosella yang Mudah di Rumah

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Global Inti Fibertech juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerceIndonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks