Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Peralatan dapur dari kayu sekarang banyak digemari oleh ibu-ibu. Selain karena ramah lingkungan, harga alat dapur yang terbuat dari kayu pun cenderung murah dengan perawatan yang tidak sulit. Terutama bagi Anda yang mengusung konsep kitchen set bernuansa woody atau earth tone, tentunya peralatan dapur dari kayu bisa menambah nilai estetika ruangan.

Hampir semua alat masak dan alat makan tersedia pula dengan bahan kayu. Kayu yang digunakan pun berbeda-beda, namun umumnya yaitu kayu jati, akasia, hingga bambu. Ketiga material kayu tersebut memiliki daya tahan yang bagus terhadap air, panas, dan lapuk.

Di samping mempertimbangkan jenis kayu, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas lapisannya juga dalam memilih alat dapur kayu. Peralatan dapur dari kayu yang dipernis atau dilapisi dengan baik akan tampak mengkilap dan halus. Aspek ini bukan hanya untuk menambah tampilan cantik dari peralatan tersebut, melainkan juga berfungsi sebagai pelindung sehingga tetap tampak seperti baru meski sudah lama digunakan.

Baca Juga: 5 Fungsi Post-It untuk Menunjang Kegiatan Dapurmu

Kelebihan peralatan dapur dari kayu

Peralatam dapur dari kayu tentu sangat ramah lingkungan karena mudah terurai maupun didaur ulang. Supaya Anda lebih mantap dalam memilih alat-alat dapur dari kayu, berikut beberapa kelebihannya yang bisa Anda pertimbangkan.

Tidak bereaksi dengan asam bahan makanan

Bahan kayu memiliki sifat non-reaktif terhadap asam pada beberapa bahan makanan. Sehingga tidak akan muncul rasa kayu dan Anda tidak perlu khawatir cita rasa makanannya akan rusak.

Tidak merusak panci

Sendok atau spatula kayu lebih cocok digunakan untuk memasak pada panci anti lengket. Berbeda dengan bahan stainless steel yang cenderung tajam, material kayu lebih halus sehingga tidak akan merusak permukaan panci yang halus pula.

Tahan panas

Bahan kayu memiliki sifat yang tidak menghantarkan panas. Inilah mengapa kayu juga banyak diaplikasikan sebagai gagang panci atau wajan untuk memudahkan pengguna mengangkat masakan.

Baca Juga: 5 Cara Menata Dapur dan Meja Makan Supaya Terasa Lebih Luas

Macam-macam peralatan dapur dari kayu

Berikut berbagai peralatan dapur dari kayu yang cocok untuk lengkapi kitchen set Anda.

Set alat makan kayu

peralatan makan dari kayu
Sumber: Freepik/rawpixel.com

Alat makan kayu yang populer dan banyak dimiliki yaitu set sendok, garpu, dan sumpit. Terdapat berbagai macam ukuran dan material, Anda bisa sesuaikan dengan kenyamanan.

Untuk sendok makan, pilihlah kepala sendok yang tidak terlalu dalam, sehingga tidak sulit saat menyuap. Lalu, jika memilih centong, pastikan memiliki pegangan yang cukup panjang untuk mempermudah mengaduk dan mengambil makanan dalam panci.

Piring, mangkuk, dan gelas

alat makan kayu
Sumber: Freepik/azerbaijan_stockers

Dalam memilih mangkuk, gelas, dan piring kayu, Anda bisa meraba permukaan luar dan dalamnya. Pastikan benar-benar halus dan dipernis dengan baik sehingga tidak akan ada partikel yang menempel dengan makanan.

Selain itu, perhatikan pula ketebalannya. Sebab jika terlalu tipis, dikhawatirkan akan mudah retak dan pecah.

Cobek dan ulekan

cobek dan ulekan kayu
Sumber: Freepik/wirestock

Umumnya, cobek dan ulekan terbuat dari batu. Namun, Anda juga bisa menemukan banyak cobek dan ulekan kayu yang kuat dan bagus. Jenis kayu yang digunakan untuk cobek dan ulekan biasanya yaitu mahoni, pinus, hingga sono.

Talenan

perlatan dapur dari kayu
Sumber: Freepik/lifeforstock

Terkhusus peralatan dapur talenan kayu, penting untuk memperhatikan kualitasnya sebelum membeli. Lihat dengan cermat apakah permukaan talenan berserat atau tidak. Jika berserat kasar, sebaiknya jangan dipilih karena akan mudah terkikis, terutama jika sering dipakai dan cuci.

Spatula

peralatan dapur dari kayu
Sumber: Freepik/lifeforstock

Spatula kayu juga populer dipilih sebagai peralatan memasak yang aman dan bagus. Selain ringan dan tidak menghantarkan panas, spatula kayu juga tidak akan merusak permukaan wajan atau panci, karena meski keras namun kayu adalah material yang lembut.

Kotak bumbu

peralatan dapur dari kayu
Sumber: AliExpress

Melengkapi kitchen set Anda dengan sederet kotak bumbu berbahan kayu tentu akan sangat enak dipandang. Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis kayu yang turut mempengaruhi warnanya, jadi Anda bisa pilih sesuai preferensi dan kebutuhan.

Nampan dan tatakan gelas

peralatan dapur dari kayu
Sumber: Freepik/mdjaff

Nampan tak hanya berfungsi untuk mengangkut sejumlah gelas, namun juga digunakan sebagai wadah buah, roti kemasan, dan selai-selai yang diletakan di meja makan. Nampan dari kayu yang kokoh memiliki ketahanan yang bagus dan awet, daripada nampan plastik yang bisa mudah meleleh bila terkena air panas.

Di satu sisi, tatakan gelas juga akan mempermudah Anda saat menyajikan minuman panas kepada tamu, maupun saat hendak mencicip masakan. Karena itu, set nampan dan tatakan gelas kayu tentu merupakan kombinasi yang bagus untuk dipilih.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Rak Dapur Minimalis Tempel Dinding

Penting untuk diingat saat memilih peralatan dapur dari kayu, perhatikan ukuran, jenis kayu, ketebalan, dan lapisan yang digunakan. Lebih mudahnya, Anda bisa menghubungi GenTeak Furniture saat mencari peralatan dapur dari kayu untuk kebutuhan banyak. Mereka menyediakan set alat makan, wooden plate, aksesori kayu, handicraft, hingga rak piring dan botol kayu yang berkualitas.

Enable Notifications OK No thanks