Indonetwork, Otomotif – Terdapat dua jenis aki yang dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia yaitu aki kering dan aki basah. Keduanya bisa dengan mudahnya Anda temukan di toko yang jual air aki di toko. Fungsi dari keduanya memang sama, namun perbedaan aki kering dan aki basah cukup signifikan.

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia otomotif pasti tidak akan asing lagi dengan istilah aki kering dan aki basah. Namun apakah Anda sudah tahu perbedaan dari kedua jenis aki itu? Simak perbedaannya berikut ini.

Aki Basah

Aki basah punya wadah yang transparan supaya bisa dengan mudah mengenali air aki yang tersisa di dalamnya. Air aki yang digunakan pada aki basah disebut dengan air zuur.

Aki Basah Motor - Harga Februari 2023 | Blibli
Sumber: blibli.com

Air zuur sendiri merupakan air yang berfungsi untuk merendam cell-cell yang terkandung dalam aki. Oleh sebab itulah kenapa wadah aki basah transparan untuk mengetahui jumlah air aki zuur yang tersisa di dalamnya.

Ketika menggunakan aki basah, pastikan Anda harus rutin melakukan pengecekan air zuur yang ada di dalam wadah aki. Cell-cell harus dicek juga supaya dalam keadaan terendah sepenuhnya oleh air zuur.

Jika tidak memperhatikannya, cell-cell itu ditakutkan tidak terendam dan bisa berdampak buruk pada mesin. Jika tidak terendam, maka ada penyimpanan pada arus. Akibatnya akan terjadi oksidasi, sehingga lempeng cell jadi berkarat dan kelistrikan kendaraan tidak akan berjalan secara optimal.

Jika menggunakan aki basah, pastikan untuk rutin melakukan pengecekan secara berkala minimal sebulan sekali. Kemudian tambahkan batas air aki sesuai dengan petunjuk yang ditentukan. Hindari menambahkan air zuur dengan jumlah melebihi batas yang dianjurkan.

Untuk mempermudah proses pengisian air aki, Anda bisa menggunakan air destilasi. Bedanya apa dengan air zuur?

1. Air Destilasi

Air destilasi adalah air yang dihasilkan dari metode pemisahan bahan kimia atau sering disebut air penyulingan. Proses penyulingan ini dilakukan dengan cara pencampuran zat yang kemudian didihkan hingga menguap.

Jual Amidis Air Distilasi | Shopee Indonesia
Sumber: shopee.co.id

Uap yang dihasilkan akan didinginkan dan hasil pendinginan inilah yang nantinya bakal digunakan sebagai air aki. Biasanya tutup botol air destilasi berwarna merah. Jadi Anda tidak perlu khawatir tertukar antara air destilasi dan air zuur.

2. Air Zuur

Karakteristik air zuur lebih keras dibandingkan dengan air destilasi. Air zuur biasanya akan diisikan pertama kali ketika air aki masih dalam keadaan kosong. Karena air zuur bersifat elektrolit dengan adanya kandungan asam sulfat (H2SO4).

Air Aki Botol Merah dan Biru Ternyata Beda Fungsi, Ini Perbedaannya
Sumber: momobil.id

Asam sulfat inilah yang akan menyimpan dan menghantarkan arus listrik pada aki basa. Tutup botol air zuur ini berwarna biru.

Aki Kering

Meskipun disebut aki kering, namun di dalamnya tetap terdapat cairan sebagaimana halnya aki basah. Namun kemasan aki kering pewarnaannya cenderung full. Misalnya kemasannya berwarna biru, hitam, putih, dan kuning.

Jangan Sembarangan! Salah Charge, Aki Kering Bisa Meledak - GridOto.com
Sumber: gridoto.com

Berbeda dengan aki basah dimana kemasannya harus transparan. Pada aki kering juga tidak mempunyai lubang pengisian di atas kemasannya.

Berbeda dengan aki basah, aki kering menggunakan isian berupa gel untuk memperkecil penguapan. Jika penguapan yang terjadi lebih kecil, maka volume gel berpotensi tetap terjaga.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aki kering adalah bebas perawatan. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk melakukan perawatan karena bisa langsung Anda gunakan.

Namun aki kering biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan aki basah. Bahkan untuk proses perbaikannya juga cukup sulit jika terjadi kerusakan. Tak heran jika untuk biaya perbaikannya juga bisa mahal.

Kanebo AION Plas Chamois | Sinar Mandiri Sejahtera

Baca juga: 5 MERK LAP KANEBO TERBAIK DENGAN DAYA SERAP AIR TINGGI

Jenis aki mana yang saat ini Anda gunakan?

Jika menggunakan aki basah, Anda perlu rutin melakukan pengecekkan air zuur yang ada di dalam aki. Oleh sebab itu Anda perlu mempunyai persediaan air ini di rumah.

Anda bisa membeli air zuur di Pegasus Hikari Indonesia. Perusahaan yang terletak di Sidoarjo Jawa Timur ini jual air aki yaitu air zuur. Informasi lengkap dan pemesanan bisa dilakukan di halaman resminya yaitu pegasushikari.co.id.

Itulah perbedaan antara aki basah dan aki kering yang perlu Anda ketahui. Fungsi air aki pada aki basah dan aki kering sama saja yaitu untuk merendam cell-cell. Namun pada aki kering isinya adalah gel, bukan air zuur ataupun aki destilasi.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks