Indonetwork, Bahan Bangunan – Saat ini, Anda  memiliki banyak sekali pilihan material untuk plafon rumah dibandingkan dengan sebelumnya. Dulu, orang hanya memiliki pilihan triplek, eternit, atau kayu untuk menutup plafon, namun sekarang tidak lagi.

Jika Anda mendatangi toko bangunan, Anda mungkin bingung memilihnya lantaran ada sejumlah pilihan. Ada gypsum, PVC, GRC, hardplex, fiber flat, super panel, hingga kalsiboard untuk dipasang di plafon. Di luar semua pilihan tersebut, nusaboard bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengganti plafon atau sedang memasang plafon rumah.

Pemilihan plafon saat ini menjadi sangat penting karena berpengaruh terhadap konsep hunian, kenyamanan, dan anggaran yang digunakan. Nusaboard memiliki manfaat selain untuk mendukung plafon, juga dapat digunakan sebagai dinding dengan ketebalan tertentu.

Untuk lebih lengkapnya, simak perbedaan nusaboard dan kalsiboard berikut ini.

Apa itu nusaboard?

atap plafon nusaboard
Sumber: nusaboard.co.id

Nusaboard merupakan panel lantai yang dicetak dalam bentuk lembaran sehingga tak memerlukan pengerjaan pengecoran pada konstruksi lantai tempat tinggal dan gedung bertingkat. Salah satu kelebihan nusaboard adalah beratnya yang tiga kali lebih enteng dari cor konvensional sehingga dapat mempercepat proses pembangunan serta presisi pada pengaplikasiannya.

Panel lantai sebetulnya termasuk ke dalam precast concrete atau beton pracetak. Beton pracetak adalah beton yang dicetak di tempat yang terpisah dengan lokasi pelaksanaan proyek. Dengan menerapkan panel lantai, maka boleh dibilang bahwa Anda membuat lantai secara instan karena pengerjaan lantai dituntaskan dengan waktu yang lebih singkat daripada pengerjaan lantai biasa.

Nusaboard diproduksi dengan menerapkan teknologi autoclave sehingga menghasilkan produk stabil dan tidak mengalami muai susut oleh kelembaban dan suhu udara. Nusaboard sangat cocok diaplikasikan sebagai bahan plafon, partisi, dinding luar bahkan panel lantai. Jenis rangka yang digunakan bisa berupa kayu atau baja.

Kelebihan Nusaboard

Nusaboard dan Kalsiboard
Sumber: IndiaMART

Nusaboard memiliki beban struktur yang ringan. Dengan bahan baku dan teknologi produksi yang memadai, struktur yang dihasilkan pada nusaboard tercipta cukup ringan. Sistem pemasangan juga mudah, dibantu dengan struktur yang ringan maka semakin banyak kemudahan pada penggunaan nusaboard.

Produk nusaboard juga bersih dan nyaman untuk dilihat. Fleksibel dipasang dimanapun dan tahan terhadap gempa atau guncangan. Dengan teknologi autoklaf juga membuat nusaboard tahan api, tahan air serta tahan terhadap rayap. Material nusaboard juga bebas dari asbes dan memiliki jenis yang sangat beragam.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar

Jenis Nusaboard

1. Nusaboard partition

Merupakan lembaran rata kalsium silikat dengan tebal kurang lebih 6,8, dan 9 mm. Digunakan untuk mempermudah pembagian ruangan dalam bangunan tanpa mengubah struktur bangunan. Proses penyekatan ruangan menjadi lebih cepat dan mudah. Memiliki kekuatan yang sangat baik dan material ini juga mudah dipotong sesuai dengan kebutuhan, mudah dipaku dan disekrup.

2. Nusaboard ceiling

Merupakan lembaran rata kalsium sililkat dengan tebal 3.5, 4, 4.5, dan 6 mm yang sering digunakan untuk plafon. Nusaboard ceiling dapat menghadirkan keindahan ruangan dengan plafon yang kuat dan kualitas tinggi. Nusaboard ceiling juga mudah untuk dikreasikan.

Apa itu kalsiboard?

Membuat Rumah dari Kalsiboard

Kalsiboard adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir kuarsa dan serat selulosa. Bahan-bahan ini kemudian diproses dengan cara ini dan kemudian dikeringkan pada tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Hal ini membuat kalsiboard tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Kalsiboard memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik. 

Kalsiboard tidak hanya dapat digunakan sebagai atap datar, tetapi juga untuk produksi atap bundar atau melengkung. Dengan kata lain, dengan Kalsiboard, atap berbagai bentuk dapat dibuat tanpa melemahkan kekuatannya. Kalsiboard juga merupakan bahan bangunan yang tahan rayap, cuaca dan karat. Kalaupun ada noda air di bagian atas kalsiboard, pengamplasan dan pengecatan ulang sudah cukup untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Mengenal Kalsiboard dan Tips Membuat Rumah Dari Bahan Ini

Kelebihan kalsiboard

1. Awet dan tahan lama

Pada prinsipnya, kalsiboard juga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Atap ini bisa bertahan selama puluhan tahun tanpa kerusakan besar. Oleh karena itu, harga yang agak mahal ditutupi dengan masa pakai yang lama. Sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran pada kemudian hari karena plafon kalsiboard yang awet

2. Pemasangan mudah dan cepat

Salah satu dari sekian banyak jenis Kalsiboard adalah Kalsiboard tertanam. Kalsiboard ini memiliki pinggiran yang lebih tipis, sehingga lebih mudah untuk dirakit. Hasilnya adalah luas permukaan yang sama dengan luas permukaan cakram. Bahkan tanpa sambungan, lembaran yang dikalsinasi terhubung dengan kuat.

3. Aman bagi kesehatan

Keunggulan Kalsiboard yang terakhir adalah bahan ini sangat tidak berbahaya bagi kesehatan. Kalsiboard mengandung asbes nol persen. Perhatikan bahwa asbes adalah salah satu penyebab kanker paru-paru. Adanya kandungan asbes juga mencegah papan berkapur agar tidak mudah hancur.

Kekurangan kalsiboard

1. Harga cukup mahal

Dibandingkan dengan banyak bahan bangunan lainnya, Kalsiboard memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini tentunya karena bahannya yang kuat dan memiliki beberapa keunggulan, sehingga wajar jika harganya mahal. Seperti halnya pepatah “ada harga, ada kualitas”

2. Kurang baik dalam meredam suara

Kekurangan dari Kalsiboard adalah tidak mampu meredam suara dengan baik, sehingga suara yang datang dari luar atau dari seberang ruangan masih terdengar keras. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menggunakan alternatif lebih banyak glass wool sebagai peredam suara ruangan

3. Tingkat kembang susun tinggi

Kekurangan terakhir dari Kalsiboard adalah memiliki kemampuan kembang susun yang tinggi. Ukuran pelat selip meningkat selama musim hujan karena strukturnya mengembang. Sebaliknya, ukurannya mengecil pada musim kemarau karena strukturnya yang menyusut. Hal ini terjadi secara cepat dan terus terjadi sehingga mempengaruhi sedikit penampilan Kalsiboard


Meski terdapat perbedaan nusaboard dan kalsiboard, keduanya merupakan material plafon yang cocok untuk Anda jika menginginkan plafon yang awet dan tahan lama. Dengan perawatan dan pembersihan yang rutin, maka plafon di rumah Anda akan terlihat bersih dan enak dipandang. Meskipun terdapat nusaboard dan kalsiboard, keduanya dapat melindungi rumah Anda dengan maksimal jika disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan yang diperlukan.

Itulah informasi seputar mengenal nusaboard dan perbedaannya dengan kalsiboard. Anda dapat dengan mudah menemukan material nusaboard atau bahan bangunan lainnya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce terlengkap di Indonesia, kami memiliki banyak produk dari para seller-seller terpercaya. Segera buka websitenya dan temukan kebutuhan Anda!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks