Indonetwork, Bahan Bangunan – Perkembangan dunia konstruksi sangat pesat dengan adanya banyak penemuan material baru. Material baru yang ditemukan memiliki bobot yang ringan, tahan lama, dan pemasangan yang sangat mudah, salah satunya adalah kalsiboard yang menjadi teknologi pengembangan plafon dalam dunia kontruksi.

Kalsiboard banyak digunakan sebagai bahan alternatif dari gypsum dan asbes yang memiliki beberapa kekurangan. Asbes berdampak buruk bagi kesehatan penghuni, sedangkan gypsum akan akan pecah ketika terendam air. Oleh sebab itu, kalsiboard sering digunakan menjadi plafon rumah karena sifatnya yang tahan air. Ketika atap rumah ada sedikit kebocoran, air akan ditahan oleh bahan kalsiboard sehingga tidak langsung menetes ke lantai.

Jika Anda ingin membuat rumah dari kalsiboard, maka Anda wajib menyimak ulasan ini.

Fungsi Kalsiboard

bahan kalsiboard atap rumah
Sumber: Rumah.com

Kalsiboard memiliki banyak fungsi selain sebagai atap rumah. Sifatnya yang tahan air, ringan, buram, area luas, dan mudah dipasang menjadikan papan kalsi sebagai dinding rumah yang baik. Strukturnya mirip dengan eternit yang terbuat dari bata ringan, namun harganya lebih murah. Selain itu, karton bergelombang juga digunakan untuk isolasi antar ruangan atau pipa.

Dalam hal insulasi termal, Kalsiboard dapat mengimbangi wol batu dan insulasi keras lainnya. Selain itu, Kalsiboard juga digunakan sebagai proteksi kebakaran. Di Eropa, karton bergelombang merupakan bahan terbaik dalam hal ketahanan api, sehingga sering digunakan untuk dinding rumah. Selain itu, Kalsiboard juga digunakan pada proyek industri dan komersial seperti billboard, dinding kabin kapal dan terowongan.

Keunggulan Kalsiboard

pemasangan Kalsiboard
Sumber: Pinterest

Proses pemasangan atap kalsiboard dinilai lebih cepat dan dapat dipasang menggunakan memakai besi berongga atau kayu. Finishingnya pun lebih mudah dan tidak perlu banyak perlakuan lantaran sifat materialnya yang telah halus & rapi semenjak awal. Perbaikannya pun lebih gampang lantaran bila terdapat bagian kecil yang rusak, dapat diperbaiki tanpa perlu membedah secara keseluruhan.

Kalsiboard memiliki daya tahan dan kekuatannya yang mumpuni. Saat dalam kondisi suhu ruangan yang lembab, material ini masih kukuh dan tidak mudah berjamur. Begitupun jika terkena tetesan air hujan, kalsiboard dianggap lebih tahan air dibanding dengan gipsum. Hal ini menjadikan usia pakai kalsiboard menjadi cukup lama dan tidak perlu cepat diganti.

Kekurangan Kalsiboard

Dibandingkan dengan banyak bahan bangunan lainnya, kalsiboard memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini tentunya karena bahannya yang kuat dan memiliki beberapa keunggulan, sehingga wajar jika harganya mahal.

Seperti halnya pepatah “ada harga, ada kualitas”. Kekurangan dari Kalsiboard adalah tidak mampu meredam suara dengan baik, sehingga suara yang datang dari luar atau dari seberang ruangan masih terdengar keras. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menggunakan alternatif lebih banyak glass wool sebagai peredam suara ruangan.

Kekurangan terakhir dari Kalsiboard adalah memiliki kemampuan kembang susun yang tinggi. Ukuran pelat selip meningkat selama musim hujan karena strukturnya mengembang. Sebaliknya, ukurannya mengecil pada musim kemarau karena strukturnya yang menyusut. Hal ini terjadi secara cepat dan terus terjadi sehingga mempengaruhi sedikit penampilan Kalsiboard

Ukuran kalsiboard

1. KalsiRata 3

KalsiRata 3 memiliki ketebalan 3mm dan cocok digunakan pada plafon interior dengan rangka dan paku kayu. Sambungan antara papan lantai harus tetap terbuka. Tidak disarankan untuk menyambungkannya dengan mata rantai atau mengencangkannya ke rangka besi, karena terlalu tipis sehingga mudah retak.

2. KalsiBoard Ling 3.5

Sebagai plafon, KalsiBoard Ling 3.5 dengan ketebalan 3.5 mm cocok dipasang pada rangka besi dengan sekrup. Umumnya calcina sheet 3.5mm digunakan untuk bangunan baru karena kuat dan dapat menghasilkan permukaan yang halus.

3. Kalsiboard Ling 4

Berikutnya adalah KalsiBoard Ling 4. Dengan ketebalan 4 mm, KalsiBoard Ling 4 cocok untuk plafon interior. Gunakan dempul dan selotip untuk koneksi yang sempurna. KalsiBoard Ling 4 dipasang dan disekrup ke rangka besi

4. KalsiBoard Ling 4.5

Dengan ketebalan 4,5 mm, KalsiBoard Ling 4.5 cocok digunakan sebagai plafon. Gunakan dempul dan selotip untuk ikatan yang sempurna. KalsiBoard Ling 4.5 cocok untuk dipasang pada rangka baja dan disekrup.

5. Kalsiboard Ling 6

KalsiBoard Ling 6, tebal 6mm. Ketebalan ini antara lain memiliki kualitas terbaik. KalsiBoard Ling 6 memberikan atap yang rata dan sempurna dengan sambungan tertutup, sehingga sangat cocok untuk plafon luar dan dalam. KalsiBoard Ling 6 sebaiknya dipasang dan dibaut pada rangka besi agar tahan lama.

Baca Juga: Daftar Merk Dan Harga GRC Per Lembar Untuk Kebutuhan Bangunan

6. KalsiClad 10

KalsiClad 10 adalah panel semen fiber setebal 10 mm yang cocok untuk dinding luar. KalsiClad 10 harus dipasang pada rangka baja yang sesuai (struktur, dimensi, ketebalan dan jarak yang disarankan). Parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi bangunan dan tingkat resiko gempa harus diperhitungkan secara cermat.

Saat memasang KalsiClad 10, lapisan dapat dibiarkan terbuka atau ditutup dengan sealant khusus untuk mencegah perubahan cuaca dan kelembapan. Gunakan dempul poliuretan dengan tabir surya dan dempul yang bisa dicat.

7. KalsiQua 8

KalsiQua 8 adalah papan semen fiber bebas asbes dengan ketebalan 8 mm, terbuat dari campuran semen, mineral, bahan penguat dan aditif khusus, dirancang khusus untuk ruangan basah. KalsiQua 8 menawarkan aplikasi yang lebih luas, dari aplikasi papan penyangga dinding tirai hingga ruang basah dalam ruangan dan area basah lainnya.

8. KalsiFloor 20

KalsiFloor 20 merupakan lantai papan fiber semen berukuran 20 mm yang digunakan untuk penggunaan ruang pada rumah, apartemen dan bangunan umum lainnya dengan beban tinggi. KalsiFloor 20 disekrup ke rangka baja. KalsiFloor 20 juga cocok untuk lantai tengah, ruangan ekstra dan lainnya yang memerlukan persiapan konstruksi lebih cepat.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Batako Untuk Pagar

Tips Membuat Rumah dari Kalsiboard Terbaik Pilihan Anda

1. Material Plafon

Material plafon adalah hal prioritas yang perlu Anda perhatikan dalam memilih jenis plafon karena dapat menentukan daya tahan menahan beban dan suhu udara yang bisa masuk ke dalam rumah. Pilih material kalsiboard agar rumah Anda memiliki kualitas yang baik.

2. Warna Plafon

Estetika interior rumah sangat penting. Maka, warna plafon menjadi penting karena bersinggungan langsung dengan konsep rumah yang sedang Anda bangun. Warna cerah biasanya banyak dipilih karena mampu membawa suasana ruangan yang tidak suram dan tidak gelap.

3. Ketinggian Rumah

Saat menggunakan jenis atap tertentu, penting untuk memperhatikan jarak antar ketinggian rumah, karena ada jenis atap yang juga digunakan untuk menambahkan filter udara. Semakin tinggi plafon maka semakin tinggi pula sirkulasi udaranya, sehingga diperlukan perhatian khusus saat memilih plafon.

Kalsiboard cocok digunakan untuk hunian Anda dengan ketinggian 3 hingga 4 meter. Plafon kalsiboard akan menampilkan tatanan ruang yang estetik dan indah dipandang mata.


Itulah informasi seputar mengenal kalsiboard dan tips memilihnya pada saat membangun rumah. Anda dapat dengan mudah menemukan material kalsiboard atau bahan bangunan lainnya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce terlengkap di Indonesia, kami memiliki banyak produk dari para seller-seller terpercaya. Segera buka websitenya dan temukan kebutuhan Anda!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks