Indonetwork, Bahan BangunanPipa adalah suatu tabung yang biasanya terbuat dari logam, plastik, atau bahan lainnya, yang digunakan untuk mengalirkan fluida seperti air, gas, atau cairan lainnya. Jenis pipa ada berbagai macam. Beberapa di antaranya pipa seamless dan welded.

Meskipun tampak luar terlihat sama, keduanya memiliki kegunaan dan fungsi berbeda. Lantas apa perbedaan pipa seamless dan welded? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Pipa Seamless

Pipa seamless, dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai pipa tanpa sambungan, adalah jenis pipa besi yang tidak memiliki sambungan las atau sambungan lainnya pada permukaannya. Hal ini berbeda dengan pipa baja konvensional yang biasanya terdiri dari beberapa bagian yang disambung dengan menggunakan proses pengelasan.

Tidak adanya sambungan las membuat pipa seamless lebih kuat dan tahan terhadap tekanan yang tinggi. Ini menjadikannya ideal untuk digunakan dalam aplikasi kritis seperti pipa minyak dan gas, sistem hidrolik, dan boiler.

Selain itu pipa seamless memiliki permukaan yang halus dan rata karena tidak ada bekas las. Hal ini penting untuk aplikasi yang membutuhkan aliran fluida yang lancar dan stabil, serta memudahkan proses pembersihan pipa.

Pipa Welded

Pipa welded biasa dikenal juga sebagai pipa las. Ini merupakan jenis pipa besi yang dibuat dengan proses pengelasan. Pipa ini terdiri dari dua bagian plat baja yang disambung dengan menggunakan proses pengelasan.

Pipa ini memiliki permukaan yang kasar karena adanya bekas las. Hal ini dapat mengganggu aliran fluida dan mempersulit proses pembersihan pipa. Adapun dari bahan dasarnya, welded terbuat dari baja karbon yang memiliki ketahanan korosi yang moderat.
Ini membuat pipa cocok digunakan di lingkungan yang tidak terlalu lembap atau tidak mengandung bahan kimia yang korosifif.

Baca Juga: 10 Tips Jual Pipa Stainless Steel Murah bagi Distributor

Perbedaan Pipa Seamless dan Welded

pipa seamless

Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara pipa seamless dan pipa welded:

1. Sambungan

Pipa seamless tidak memiliki sambungan, sedangkan pipa welded memiliki sambungan las. Sambungan las pada pipa welded dapat menjadi titik lemah yang rentan terhadap korosi dan tekanan.Permukaannya umumnya lebih halus dan estetis.

Sedangkan welded memiliki sambungan las yang terlihat di sepanjang panjang pipa. Permukaannya mungkin kurang halus dibandingkan dengan pipa seamless.

2. Metode Pembuatan

Pipa Seamless diproduksi tanpa sambungan dengan metode ekstrusi atau rotary piercing. Bahan logam dipanaskan dan ditarik melalui pahat untuk membentuk pipa tanpa sambungan.

Sedangkan welded dibuat dengan menyambungkan dua ujung lembaran logam atau lembaran pipa melalui proses pengelasan. Ada beberapa metode pengelasan yang dapat digunakan, termasuk pengelasan busur listrik, pengelasan titik, atau pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas).

3. Kekuatan dan Ketahanan

Pipa seamless cenderung memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih baik karena tidak ada area yang rentan terhadap kelemahan struktural seperti pada sambungan las.

Sedangkan pipa welded seskipun memiliki kekuatan yang baik, pipa welded mungkin memiliki kelemahan struktural pada daerah sambungan las. Namun, teknologi pengelasan yang canggih dapat menghasilkan pipa welded berkualitas tinggi.

4. Pemakaian dan Aplikasi

Umumnya pipa seamless digunakan dalam aplikasi yang memerlukan tekanan tinggi atau di lingkungan di mana risiko kegagalan struktural sangat kritis, seperti dalam industri minyak dan gas.

Sedangkan pipa welded digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk konstruksi, pengolahan air, dan industri umum. Cocok untuk aplikasi yang tidak memerlukan tekanan tinggi atau risiko kegagalan struktural yang tinggi.

5. Struktur dan Penampilan

Pipa seamless memiliki struktur homogen tanpa sambungan yang tampak. Permukaannya umumnya lebih halus dan estetis. Sedangkan welded las yang terlihat di sepanjang panjang pipa. Permukaannya mungkin kurang halus dibandingkan dengan pipa seamless.

Baca Juga: Macam-macam Jenis Sambungan Pipa PVC

Kegunaan Pipa Seamless dan Welded

Pipa Welded
Sumber: Nijhuis & Wigger

Pipa seamless (tanpa sambungan) dan pipa welded (dilas) memiliki berbagai kegunaan tergantung pada karakteristik konstruksinya. Berikut adalah beberapa kegunaan umum dari kedua jenis pipa:

Pipa Seamles

1. Industri Minyak dan Gas dan Kimia

  • Pipa seamless sering digunakan dalam industri minyak dan gas untuk mentransportasikan hidrokarbon dalam kondisi tekanan dan suhu tinggi.
  • Dalam industri kimia untuk mentransportasikan bahan kimia yang korosif atau berada dalam kondisi suhu tinggi.

2. Pembangkit Listrik dan Nuklir

  • Digunakan dalam pembangkit listrik untuk mentransportasikan uap atau air panas dalam sistem pemanasan atau pendinginan.
  • Dalam industri nuklir, pipa seamless dapat digunakan dalam sistem pendinginan atau dalam pengolahan bahan bakar nuklir.

3. Industri Penerbangan dan Otomotif

Pipa seamless dapat digunakan dalam pembuatan mesin pesawat atau kendaraan untuk mentransportasikan bahan bakar atau cairan lainnya.

4. Industri Makanan dan Minuman

Dalam industri makanan dan minuman, pipa seamless yang terbuat dari stainless steel dapat digunakan untuk mentransportasikan bahan makanan atau cairan.

Pipa Welded

1. Konstruksi Bangunan

Pipa welded digunakan dalam konstruksi bangunan untuk sistem saluran air, sistem sprinkler, atau pipa pembuangan.

2. Industri Kimia dan Pertambangan

  • Dalam industri kimia, pipa welded dapat digunakan untuk mentransportasikan bahan kimia yang tidak begitu korosif atau dalam kondisi tekanan yang lebih rendah.
  • Pipa welded dapat digunakan dalam industri pertambangan untuk mentransportasikan air atau bahan tambang dalam proses pengolahan mineral.

3. Konstruksi Pipa Pipa Air, Gas, dan Perpipaan Umum

Pipa welded sering digunakan dalam distribusi air dan gas untuk kebutuhan industri, komersial, dan perumahan. Selain itu digunakan dalam berbagai sistem perpipaan umum, termasuk sistem penyediaan air bersih dan sistem drainase.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Lem Pipa PVC Terkuat dan Rekomendasinya

Pemilihan antara pipa seamless dan pipa welded tergantung pada kebutuhan spesifik aplikasi, anggaran, dan faktor-faktor teknis lainnya. Kedua jenis pipa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pemilihan harus mempertimbangkan persyaratan dan kondisi penggunaan yang diperlukan.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks