Indonetwork, Alat Pemadam Kebakaran – Alat pemadam kebakaran dapat menyelamatkan nyawa dan harta benda. Peralatan tersebut adalah peralatan keselamatan yang sangat penting yang harus ada di setiap bangunan. Baik itu bangunan perumahan atau komersial, alat pemadam kebakaran merupakan bagian utama dari sistem proteksi kebakaran. Hampir semua insiden kebakaran merupakan hal yang tidak terduga, namun hal ini dapat dicegah apabila terdapat perangkat perlindungan seperti tabung pemadam kebakaran. Tidak cukup dengan menyadari pentingnya alat pemadam kebakaran di gedung Anda, Anda juga perlu mengetahui jenis dan distributor tabung pemadam kebakaran yang tepat.

Hal-hal yang Perlu diketahui Sebelum Membeli Tabung Pemadam Kebakaran

Membeli dan menggunakan alat pemadam api yang salah akan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Jika Anda mengganti alat pemadam api lama, Anda mungkin merasa mudah untuk memilih yang baru. Tetapi jika Anda baru mengenal alat pemadam, Anda mungkin perlu mempertimbangkan beberapa faktor dengan cermat sebelum membelinya.

1. Rating

Distributor Tabung Pemadam Kebakaran
Sumber: Pixabay.com

Rating tabung pemadam kebakaran digambarkan oleh nomor dan alfabet yang tertulis di atasnya. Alat pemadam kebakaran rumah sering diberi label A, B, C, D, atau F. Alfabet menunjukkan bahwa mereka hanya dimaksudkan untuk jenis kebakaran dalam kategori ini. Jika diberi label A-B-C maka alat pemadam api ringan (APAR) tersebut dapat digunakan untuk kebakaran dalam kategori A, B dan C.

Ada juga angka yang diikuti abjad misalnya ‘3-A’ atau ’40 -C’. Angka tersebut merupakan indikator seberapa efektif alat pemadam api tersebut. Semakin tinggi angkanya, semakin efektif alat pemadamnya. Terdapat pula tabung pemadam kebakaran dengan peringkat multi-kelas.

2. Jenis-jenis Bahan Pemadam

Tabung Pemadam Kebakaran Murah
Sumber: Pixabay.com
  • Air (Water)

APAR jenis air terdapat dalam bentuk stored pressure type (tersimpan bertekanan) dan gas cartridge type (tabung gas). Sangat baik digunakan untuk pemadaman kebakaran kelas A.

  • Jenis Busa (Foam)

Jenis busa adalah bahan pemadam api yang efektif untuk kebakaran dengan material utama minyak. Biasanya digunakan dari bahan tepung aluminium sulfat dan natrium bicarbonat yang keduanya dilarutkan dalam air. Hasilnya adalah busa yang volumenya mencapai 10 kali lipat. Pemadaman api oleh busa merupakan sistem isolasi, yaitu untuk mencegah oksigen untuk tidak ikut dalam reaksi rantai kimia.

  • Tepung Kimia Kering (Dry Chemical Powder)

Jenis ini efektif untuk kebakaran kelas B dan C dan juga bisa kelas A. Tepung serbuk kimia kering berisi dua macam bahan kimia, yaitu Sodium Bicarboanat & Natrium Bicarbonat, serta Gas nitrogen sebagai pendorong. Khusus untuk pemadaman kelas D (logam) seperti Magnesium, Titanium, Zarcanium, dan lain-lain digunakan metal-dry powder yaitu campuran Sodium, Potasium, dan Barium Chloride.

  • Halon

APAR jenis ini efektif untuk menanggulangi kebakaran jenis cairan yang mudah terbakar dan peralatan listrik bertegangan (kebakaran kelas B dan C). Bahan pemadaman api gas Halon biasanya terdiri dari unsur-unsur kimia seperti chlorine, flourine, bromide dan iodine.

  • CO2

Bahan pemadam jenis CO2 efektif untuk memadamkan kebakaran kelas B (minyak) dan C (listrik). Berfungsi untuk mengurangi kadar oksigen dan efektif untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di dalam ruangan (indoor). Pemadaman dengan gas arang ini dapat mengurangi kadar oksigen sampai dibawah 12%.

3. Ukuran dan Jumlah

Tabung Pemadam Kebakaran Murah
Sumber: Pixabay.com

Alat pemadam yang lebih besar tentunya memiliki volume yang lebih besar. Sedangkan untuk jumlah tabung pemadam kebakaran yang dibutuhkan tergantung pada jenis premis yang akan digunakan dan jumlah risiko yang diantisipasi. Anda mungkin memerlukan jasa ahli atau distributor tabung pemadam kebakaran untuk memberikan perkiraan yang tepat dari jumlah yang Anda butuhkan.

Cara Mengoperasikan Alat Pemadam Kebakaran

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa terdapat beberapa jenis alat pemadam api portabel sehingga periksalah apakah alat pemadam yang ingin Anda gunakan cocok untuk jenis kebakaran yang dihadapi misalnya alat pemadam air tidak boleh digunakan pada kebakaran yang melibatkan peralatan listrik. Terdapat empat langkah dasar untuk menggunakan alat pemadam api portabel modern yang biasa digambarkan dengan PASS (Pull, Aim, Squeeze, and Sweep).

Baca Juga: MENGENAL 3 JENIS ALAT SISTEM ALARM KEBAKARAN GEDUNG 

1. Tarik (Pull)

Langkah pertama dalam menggunakan APAR adalah dengan menarik safety pinnya. Safety pin adalah komponen kecil yang terletak diantara tuas APAR. Fungsi dari safety pin ini adalah menjaga tuas agar tidak tertekan secara tidak sengaja, supaya media APAR dan tekanannya tidak berkurang sebelum digunakan.

2. Arahkan (Aim)

Setelah melepas safety pinnya, jangan terburu-buru menekan tuas. Namun, Anda harus mengarahkan nozzle atau corong yang ada pada ujung selang APAR terlebih dahulu. Dengan mengarahkan nozzle, maka media pemadam api yang keluar akan menuju tepat sasaran ke sumber api. Jika tidak diarahkan, dikhawatirkan media pemadam api akan berserakan dan pemadaman tidak akan maksimal.

Baca Juga: 4 FUNGSI FIRE ALARM SYSTEM PADA BANGUNAN

3. Tekan (Squeeze)

Apabila kedua langkah di atas telah dilakukan dengan baik barulah Anda dapat menekan tuas. Dengan menekan tuas APAR, maka media pemadam api dari dalam tabung APAR akan keluar. Media yang keluar tersebut akan bekerja memadamkan api.

4. Sapukan (Sweep)

Sapukan media yang keluar dari tabung pemadam kebakaran di atas titik api dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Perhatikan juga arah angin saat memadamkan api. Jangan melawan arah angin ketika menyemprotkan media APAR, karena jika melawan arah angin, media APAR akan berbalik dan pemadaman api tidak akan maksimal.

Distributor Tabung Pemadam Kebakaran

Untuk berjaga-jaga, apabila Anda masih memiliki beberapa pertanyaan untuk ditanyakan sebelum memutuskan alat pemadam mana yang paling tepat, Anda dapat menghubungi distributor tabung pemadam kebakaran. PT. Wita Kharisma Jaya Bersama memiliki semua informasi yang dapat memandu Anda dengan lebih baik. Perusahaan tersebut merupakan distributor alat pemadam kebakaran dan distributor baju pemadam kebakaran terpercaya dengan beragam produk berkualitas.


Author

%d bloggers like this: