Indonetwork, Otomotif – Peluang usaha cuci mobil di kota besar saat ini cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, terdapat ribuan mobil dan motor yang melewati jalan protokol besar, ditambah lagi issue mengenai setiap rumah di kota besar memiliki kendaraan minimal satu baik itu mobil ataupun motor. Sehingga bisa dipastikan setiap orang memiliki kendaraan untuk menunjang mobilitas kehidupannya. Sebelum Anda tergiur dengan bisnis ini, Anda perlu mengetahui distributor yang jual peralatan cuci mobil motor dengan harga miring.

Berikut informasi yang dapat Anda ulik mulai dari jenis cuci kendaraan hingga alat-alat yang dibutuhkan, sebelum menjalankan prospek bisnis cuci mobil dan motor. Simak terus artikel dibawah ini!

Top 10 Sparepart Motor Yang Paling Sering Diganti | Nusantara Sakti

Baca juga: 6 Tips usaha sparepart motor untuk pemula

Jenis Usaha Cuci Mobil yang Patut Anda Coba

Sebelum Anda membuka usaha cuci mobil ada baiknya untuk mencari tahu keadaan seperti lingkungan yang dijadikan tempat usaha Anda. Pastikan mayoritas kendaraan yang digunakan masyarakat memiliki mobil dengan taraf ekonomi yang bisa dikatakan mampu, karena masyarakat yang membutuhkan jasa ini tentu harus memiliki keuangan yang cukup dengan kesibukan yang padat.

Jenis Usaha Cuci Mobil yang Patut Anda Coba
Sumber: Istockphoto

Berikut dibawah ini penjelasan tentang jenis usaha cuci mobil yang umum dibuka oleh pelaku usaha, yaitu:

1. Usaha Cuci Mobil Hidrolik

Jenis cuci mobil ini menggunakan sistem hidrolik,yang artinya Anda bisa mengangkat mobil pelanggan dan membersihkan bagian kolong secara optimal. Jenis ini juga menggunakan steam atau mesin uap untuk membersihkan dengan sesama, biasanya mesin uap akan mengatur suhu sekitar 60 sampai 80 derajat celcius. Hasil dari steam ini cukup bisa merontokkan kotoran membandel seperti lelehan oli atau getah pada mobil.

Biaya Pembuatan Usaha Cuci Mobil Terbaru - Biaya.Info
Sumber: biaya.info

Tentu hasil cuci mobil jenis ini memberikan nilai tambahan dibanding sistem manual dan peminatnya sendiri akan jauh lebih banyak. Jika Anda ingin membuka cuci mobil jenis ini, Anda membutuhkan modal peralatan cuci mobil motor sekitar 25 jutaan. 

2. Usaha Cuci Mobil Robotic atau Automatic

Jenis cuci mobil ini biasanya di tempatkan di kota-kota besar yang memiliki konsumen dengan mobilitas padat. Cuci mobil model ini menggunakan mesin canggih yang bekerja seperti robot dan bertindak menyemprotkan air dan sabun ke mobil, menggosok, mengorek, sampai mengeringkan mobil. Namun pengoperasiannya berbagai tombol cuci juga masih dilakukan oleh manusia.

Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil Dengan Teknologi Robotic
Sumber: cintamobil.com

Satu paket mesin ini tentu memiliki harga yang sangat mahal, namun tarif satu kali cucinya sendiri juga relatif mahal dipasaran, keunggulan dari jenis mesin ini konsumen dapat menghemat waktu karena pekerjaan pembersihan mobil dilakukan secara bersamaan oleh robot. Selain itu konsumen dapat duduk santai saja di dalam mobil sambil mobil dibersihkan

3. Cuci Mobil Manual

Jika Anda tertarik dengan jenis cuci mobil ini maka Anda hanya perlu modal yang sedikit karena  menggunakan peralatan seadanya seperti selang, pompa air bertekanan tinggi dan sabun. Anda hanya cukup menyediakan pompa bertekanan tinggi lalu kendaraan nantinya dicuci dengan manual oleh tangan manusia. Prosesnya sekitar 30 menitan untuk satu mobil, sehingga pemilik dapat meninggalkan kendaraannya di tempat cuci steam.

Jangan Asal, Begini 6 Jurus Mencuci Mobil yang Benar Halaman all - Kompas.com
Sumber: otomotif.kompas.com

Umumnya jenis bisnis ini akan laku di pasaran karena harga peralatan cuci mobil motor yang murah, namun kebersihannya sendiri kurang terjamin, karena hanya dilakukan oleh manusia dan biasanya tidak membutuhkan keahlian apapun. Jenis usaha ini cukup pasaran dilakukan sehingga persaingan pun akan sangat padat.

4. Cuci Mobil Manual dengan Tanjakan

Cuci Mobil Tradisional - YouTube
Sumber: youtube

Cuci mobil jenis ini hampir sama dengan sistem manual, namun ditambah dengan fasilitas penempatan mobil yang berada di tanjakan. Penggunaan tanjakan dilakukan untuk mencuci bagian kolong mobil agar lebih optimal. Sekilas sistem ini hampir sama dengan penggunaan mesin hidrolik akan tetapi tanjakan biasanya dibuat secara permanen, tidak dapat ditambah atau kurang.

Jangan Dibiasakan, Ini Bahaya Cuci Motor dengan Kondisi Dimiringkan - GridOto.com

Baca juga: PELUANG USAHA CUCI MOTOR, POTENSI DAN TIPS MENJALANKANNYA

Alat- Alat Yang Anda Butuhkan

Setelah Anda menentukan jenis sistem cuci mobil dan budget yang dimiliki, tahap selanjutnya Anda harus mempertimbangkan untuk membeli alat-alat untuk melakukan cuci mobil dan motor. Berikut dibawah ini peralatan yang bisa saja Anda butuhkan untuk melengkapi usaha stema mobil:

1. Tabung salju

IKAME" Tabung Snow Wash • IKAME

Alat ini berfungsi untuk membuat busa cuci seperti salju. Terdapat 2 jenis tabung salju seperti aksesoris ball valve yang dipakai yaitu ball valve type PVC dan ball valve type Kuningan. Tabung salju dalam pengoperasiannya membutuhkan kompresor supaya busa yang dihasilkan bisa berbentuk seperti salju, ada juga tabung salju yang tidak membutuhkan kompresor yaitu tabung elektrik sehingga lebih efisien dan busa salju yang dihasilkan lebih maksimal.

2. Kompresor Udara

Sistem ini memiliki fungsi yang cukup banyak, seperti pengoperasiannya membutuhkan dorongan angin untuk menaikkan dan menurunkan kendaraan serta untuk membuat busa salju pada tabung salju.

Distributor Kompresor Angin dan Udara Terbaik di Indonesia I Pola Petro

Banyak kompresor yang dijual dengan harga yang murah tapi ingat kompresor murah belum tentu kualitas nya bagus. Maka anda harus cermat sebelum membeli kompresor, untuk harga sendiri cukup bervariasi tergantung kebutuhan Anda

3. Hidrolik

Cuci Mobil Hodrolik: Kelebihan dan Kekurangan serta Biayanya
Sumber: lifepal.co.id

Hidrolik cuci mobil banyak digunakan oleh tempat yang ingin terlihat profesional dan modern. Penggunaan alat cuci mobil dengan sistem hidrolik untuk mencuci tentu lebih unggul dan efisien sehingga meningkatkan minat konsumen untuk mengunjungi usaha Anda. Namun alat hidrolik ini cukup mahal, sekitar 15 juta sampai 30 jutaan. 

4. Vacuum Cleaner

Alat ini digunakan untuk membersihkan interior mobil, seperti debu yang melekat pada jok mobil dan bagian karpet mobil yang susah dibersihkan.

Mobil Tetap Bersih dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Ini (2021)
Sumber: bp-guide.id

Alat ini mampu membersihkan debu yang dihisap dengan menggunakan listrik, namun Anda perlu memperhatikan watt yang dimiliki mesin vakum karena hal ini sangat berpengaruh dengan tagihan operasional usaha Anda.

5. Mesin Steam Air

Promo Jet Cleaner Mesin Cuci Steam Mobil dan Motor H&L BIS70 Semprot Air Diskon 1% di Seller Larichi - Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta | Blibli
Sumber: bllibli.com

Berikutnya alat yang dibutuhkan untuk usaha cuci mobil adalah mesin steam karena alat ini memiliki fungsi untuk menyemprot bagian badan mobil hingga ke sela-sela mobil. Tekanan air dapat diatur sesuai kotoran yang menempel pada permukaan. Harganya sendiri tergantung oleh kualitas dan merek yang Anda beli.

Rekomendasi Tempat Membeli perlengkapan Cuci Mobil dan Motor

Itu dia beberapa informasi yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis cuci mobil dan motor. Anda dapat mempercayakan Panca Jaya Equipment sebagai merupakan perusahaan yang dapat menyuplai kebutuhan dari jual peralatan cuci mobil motor dengan kualitas yang bagus. Anda tidak perlu khawatir dengan budget untuk membuka bisnis cuci steam, karena Panca Jaya Equipment akan menawarkan produk murah pada Anda dengan kualitas produk tidak murahan.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks