Indonetwork, OtomotifDalam memulai usaha sparepart motor untuk pemula, Anda perlu memiliki beberapa perencanaan yang matang agar bisnis baru Anda dapat berjalan dan dikenal oleh banyak orang.

Bisnis yang baru saja dibuka merupakan tantangan agar tetap bisa bertahan. Oleh karena itu, Anda memerlukan sebuah perencanaan untuk bisa menjangkau konsumen dan memiliki sistem operasi bisnis yang cocok.

Biasanya, pada awal pembukaan bisnis, pemilik bisnis akan fokus untuk membuat pelanggannya terkesan dengan kualitas produk, harga yang ditawarkan, serta pelayanan toko tersebut.

Tetapi ternyata, hal tersebut bukanlah keharusan yang perlu Anda lakukan ketika memulai sebuah bisnis. Anda bisa mencocokkannya dengan minat konsumen pada lingkungan tersebut. Seperti apakah mereka lebih tertarik dengan sparepart bekas atau baru, apakah mereka lebih mementingkan kualitas daripada harga, dan lain sebagainya.

Untuk membantu Anda dalam membangun usaha sparepart motor, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Tips Usaha Sparepart Motor untuk Pemula

Usaha Sparepart Motor untuk Pemula
Sumber: Pinterest

Beberapa tips usaha sparepart motor untuk pemula berikut bisa Anda coba dan cocokkan dengan lingkungan di mana bisnis Anda berada.

1. Rencanakan Kebutuhan Bisnis Anda

Agar bisa mendapatkan calon pelanggan yang tepat, tidak hanya diperlukan strategi pemasaran saja. Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan di mana bisnis Anda akan berdiri, berapa harga yang Anda tawarkan, seberapa besar peluang bisnis Anda dengan calon konsumen yang berada di lingkungan bisnis, dan lain sebagainya.

Untuk lokasi bisnis, Anda perlu memilih lokasi yang cukup strategis. Seperti dalam lokasi tersebut, belum ada yang menjual sparepart motor. Selain itu, sebagian besar orang-orang yang berada di lingkungan tersebut menggunakan motor daripada mobil, serta lokasi bisnis Anda adalah tempat yang sering dilalui oleh sebagian besar orang.

Dalam menentukan harga, Anda bisa mencari referensi dengan menganalisa calon konsumen. Apakah mereka rata-rata orang yang berpendapatan tinggi, sedang, atau rendah. Melalui hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan apakah bisnis Anda bisa bertahan dalam lingkungan tersebut atau tidak.

2. Putuskan Pendanaan Bisnis

Modal merupakan salah satu hal yang bisa membuat bisnis Anda terwujud. Ada sejumlah cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis Anda. Seperti menabung, melakukan pinjaman, menggunakan kredit, dan lain sebagainya.

Akan lebih baik jika pendanaan bisnis disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga Anda tidak memiliki modal yang berlebihan atau kekurangan.

3. Pilih Distributor Terpercaya

Agar bisnis Anda bisa berjalan terus menerus, maka Anda harus memiliki beberapa distributor terpercaya. Pastikan bahwa mereka mudah dihubungi ketika Anda memerlukan bantuan seperti menanyakan ketersediaan stok barang, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan juga bahwa distributor yang Anda pilih menyediakan sparepart original dan bukan KW, karena hal ini akan mempengaruhi sudut pandang konsumen terhadap toko Anda.

Baca juga: 7 Komponen Penyusun Electric Motor

4. Tentukan Produk Sparepart yang akan dijual

Motor memiliki berbagai sparepart, akan tetapi tidak semua bagian perlu diganti ketika mengalami sebuah kerusakan. Oleh karena itu, dalam membuka bisnis sparepart, Anda perlu memiliki daftar sparepart apa saja yang akan dijual di toko Anda.

Untuk menentukan hal ini, Anda bisa memulainya dengan menganalisis sparepart apa saja yang seringkali diperlukan, hingga sparepart jenis apa saja yang banyak diminati oleh konsumen.

5. Dapatkan Lisensi dan Asuransi

Sebagian besar bisnis memiliki lisensi dan asuransi untuk bisa beroperasi. Oleh karena itu, sebelum Anda resmi membuka bisnis sparepart, pastikan bahwa Anda telah mengurus lisensi dan asuransi sesuai dengan apa yang berlaku pada lokasi bisnis Anda agar bisnis dapat beroperasi dengan lancar.

Bayangkan apabila bisnis Anda terpaksa harus ditutup dan disegel oleh garis polisi karena belum mendapat izin dari pihak terkait. Pastinya itu akan membuat bisnis Anda dipandang buruk oleh konsumen.

6. Mulailah Memasarkan Produk

Dalam memasarkan produk, Anda memerlukan strategi pemasaran agar produk Anda bisa menemukan konsumen-konsumen yang membutuhkan.

Untuk memperluas pasar, Anda bisa melakukannya dengan promosi melalui web, sosial media, hingga membagikan selebaran. Selain itu, berikan juga kesan pelayanan yang baik kepada calon konsumen untuk menarik perhatian mereka.

Baca juga: 3 Fungsi Gearbox Motor Matic dan Bergigi

Rekomendasi Distributor Sparepart Motor Yamaha

Usaha Sparepart Motor untuk Pemula
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai distributor sparepart motor yang menyediakan bermacam-macam sparepart hingga mereknya. Anda bahkan bisa membeli produk sparepart untuk dijual baik di offline store maupun melalui online store. Salah satu distributor yang menyediakan produk sparepart motor Yamaha adalah Panca Jaya Equipment.

Panca Jaya Equipment merupakan perusahaan yang bergerak di bidang supplier dan distributor produk-produk peralatan Bengkel atau alat-alat teknik dan mekanik, peralatan industrial, dan perawatan otomotif.

Mereka menyediakan berbagai sparepart motor hingga peralatan industri dengan berbagai merek. Seperti sparepart Yamaha, Suzuki, Honda, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pemesanan produk sparepart motor dari Panca Jaya Equipment, Anda bisa menghubungi melalui kontak yang terdapat dalam website mereka, baik kontak Whatsapp maupun email.

Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait distributor sparepart motor Yamaha, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork. Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan.

Itulah tips usaha sparepart motor untuk pemula yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis baru. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks