Indonetwork, Peralatan Industri – Pompa hidrolik adalah alat yang sering digunakan untuk menunjang produktivitas industri. Lebih tepatnya, alat ini menjadi daya energi untuk mengangkat barang-barang berat pada berbagai bidang industri. Sehingga dengan adanya daya dari alat ini dapat meringankan pekerjaan manusia.

Dengan memanfaatkan energi yang mampu mengubah energi mekanik menjadi sebuah energi hidrolik yang dapat menopang suatu sistem. Sistem hidrolik ini memanfaatkan fluida (cairan) agar dapat menciptakan tenaga mekanis. Untuk memahami jenis, fungsi, dan cara kerjanya, simak pembahasan berikut mengenai pompa hidrolik.

Apa itu Pompa Hidrolik?

Pompa hidrolik pada industri pertambangan

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa pompa hidrolik digunakan untuk menopang sistem hidrolik. Perlu diketahui bahwa sistem hidrolik adalah sebuah sistem mesin yang memanfaatkan zat cair yang umumnya oli sebagai tenaga penggerak.

Sistem hidrolik digunakan oleh berbagai industri sektor perusahaan, manufaktur, konstruksi, hingga pertambangan. Dapat dikatakan sistem ini digunakan pada industri yang memanfaatkan mesin untuk aktivitas produksinya. 

Sistem hidrolik dapat bekerja dengan baik dengan memanfaatkan hydraulic pump. Pompa hidrolik adalah sebuah komponen hidrolik yang mengubah energi mekanik menjadi sebuah energi dengan bertekanan cairan. Alat ini akan menghasilkan energi yang digunakan untuk menjalankan mesin hidrolik pada industri. Pada umumnya, pompa hidrolik memiliki dua fungsi ketika bekerja, di antaranya:

1. Flow

Fungsi flow terjadi ketika pompa hidrolik yang bekerja akan menghasilkan sebuah gerakan mekanis menghisap fluida. Lalu fluida akan dialirkan menuju ruang tekan pompa atau chamber. Dari ruang ini fluida akan terdorong pada sistem mesin.

2. Kevakuman 

Pada fungsi kevakuman atau dalam keadaan hampa udara diciptakan dari sistem yang terdapat pada saluran bermana inlet. Kevakuman ditujukan untuk mendorong cairan fluida agar masuk ke dalam sistem pompa. 

Baca juga: Fungsi Pompa Piston dan Cara Kerjanya

Jenis Pompa Hidrolik

Aliran atau flow yang ditimbulkan dalam pompa hidrolik, pada prinsip operasinya disebut dengan displacement. Prinsip displacement merupakan sebuah volume zat cair yang dipindahkan pada putaran pompa. Oleh karena itu, pompa ini terbagi menjadi dua jenis yang masing-masing memiliki tipe dan kegunaan sebagai berikut.

Positive Displacement

Jenis pompa hidrolik ini memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda dengan jenis lain, dimana memiliki sebuah internal leakage kecil. Positive displacement mempunyai perubahan tekanan yang berpengaruh kecil terhadap suatu kapasitasnya. Perubahan tersebut mampu menahan kebocoran apabila tekanan sedang naik. Positive displacement memiliki beberapa klasifikasi, di antaranya:

1. Gear Pump

Jenis gear pump merupakan yang paling banyak digunakan dalam kegiatan industri karena cocok pada berbagai sistem. Hal ini dikarenakan gear pump atau pompa roda gigi memiliki sistem yang praktis dan ekonomis. Terdapat dua jenis, yaitu internal dan eksternal gear pump.

2. Vane Pump

Pada vane pump terdapat housing yang digunakan untuk membantu jalan kerjanya komponen lain dan mengarahkan flow masuk ke dalam sistem. Jenis pump ini secara mekanis bergerak masuk dan keluar pada slot dalam rotor dengan dua output fixed dan variabel.

3. Piston Pump

Piston pump terdiri dari dua jenis, yaitu axial piston pump dan radial piston pump. Axial piston pump bergerak dengan model lurus maju dan mundur secara paralel dengan mengubah sudutnya sendiri. Sehingga flow dapat bekerja secara optimal. 

Non Positive Displacement

Jenis pompa non positive displacement merupakan pompa dengan volume ruang yang tidak berubah ketika bekerja. Berbalik dengan jenis sebelumnya, yaitu internal leakage besar dan perubahan tekanan sangat berpengaruh besar terhadap kapasitasnya. Pompa jenis ini biasanya digunakan pada sebuah aplikasi dengan tekanan yang rendah. 

Komponen Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik terdiri dari beberapa komponen penting yang mempengaruhinya agar dapat bekerja dengan baik. Di mana komponen ini akan menghasilkan energi mekanis dengan memanfaatkan cairan atau fluida yang diolah dengan perangkat pada mesin. Berikut ini adalah komponen yang terdapat pada hydraulic pump.

  1. Tangki Hidrolik, merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menampung seluruh cairan yang akan digunakan menjadi penggerak. Tangki juga digunakan sebagai pendingin cairan di dalamnya. 
  2. Pompa Hidrolik, berpengaruh pada mesin karena mampu menghasilkan aliran hidrolik yang berasal dari sebuah zat cair.
  3. Katup Kontrol, Berfungsi untuk mengarahkan fluida agar dapat menuju di berbagai komponen yang membutuhkan cairan tersebut. 
  4. Katup Tekanan, komponen ini berfungsi untuk mengontrol tekanan yang masuk dalam sistem hidrolik agar tidak menyebabkan kerusakan jika terlalu tinggi. 
  5. Filter dan Aktuator, pada filter memiliki fungsi melakukan penyaringan untuk menghindari gangguan pada sirkulasi sistem. Aktuator berfungsi untuk mengontrol sistem untuk mengubah energi hidrolik menjadi mekanis.

Cara Kerja Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik bekerja dengan memberikan tekanan pada suatu kolom berisi minyak atau zat cair. Jika sisi kanan pipa diberikan tekanan, maka sisi kiri akan terangkat dan memberikan gaya besar ke sisi tersebut. Perbedaan tekanan ini akan membuat fluida secara otomatis masuk dalam ruang pompa. 

Dengan adanya tekanan besar, cairan akan berusaha keluar sehingga mampu mengeluarkan energi potensial. Cairan tersebut akan melalui berbagai hambatan yang ada pada rangkaian komponen untuk mampu keluar dan menghasilkan tekanan.

Baca juga: Katalog Pompa Ebara, Jenis-jenis, dan Harganya

Distributor Pompa Hidrolik Berkualitas

Kebutuhan pompa hidrolik pada berbagai industri, mendorong banyaknya merek yang menawarkan dengan harga bervariasi.  Untuk itu, PT. Bintang Teknik Adiyasa hadir menjadi distributor produk industri, salah satunya adalah pompa hidrolik. Disini Anda bisa menemukan spare part dan berbagai jenis merk mesin, seperti produk jual hidrolik Yuken yang berkualitas.

Tidak hanya itu, PT. Bintang Teknik Adiyasa akan menjamin produk yang sampai kepada Anda selaku customer dalam keadaan baru dan berkualitas. Tentu ini adalah salah satu keunggulan dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan agar produk sampai kepada Anda dengan aman dan baik.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks