Indonetwork, Mesin Alat Berat – Air dryer compressor sangat diperlukan dalam sejumlah fasilitas industri yang membutuhkan pasokan udara kering dan terkompresi secara teratur. Pengering ini sangat penting dalam operasi industri karena adanya uap air di udara industri yang dapat merusak sistem pneumatik, menyebabkan pembekuan pada pipa, meningkatkan korosi pada bagian logam, dll. Saat ini telah tersedia berbagai macam jenis pengering udara instrumen. Untuk memahami bagaimana prinsip operasinya, semua informasi di bawah ini akan menjawab persoalan tersebut serta rekomendasi suplier jual air dryer compressor dengan spesifikasi terbaik.

Pengertian Air Dryer Compressor

Air dryer compressor adalah peralatan yang dirancang untuk memisahkan uap air atau de-humidify dari udara proses industri. Dalam sistem tipikal, kompresor menarik udara lembab dan mengompresnya, yang menaikkan suhu udara dan kemudian mendinginkan udara yang mengembunkan uap air keluar dari unit.

Tujuan dari pengering udara adalah untuk menekan titik embun dari udara terkompresi Anda dengan menghilangkan air darinya. Udara terkompresi dapat mengandung uap air, yang, dalam kondisi yang tepat, dapat mencapai suhu titik embun dan mengembun menjadi cairan berbahaya. Ini bisa menjadi masalah besar, karena dapat mencemari produk atau peralatan Anda, menyebabkan pipa beku, menyebabkan korosi dan menyebabkan masalah lain.

Jenis-jenis Air Dryer Compressor

1. Refrigerated Air Dryer

Refrigerated air dryer adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan dalam aplikasi industri karena kemudahan perawatan, efektivitas, serta biaya yang relatif terjangkau untuk ukuran industri. Peralatan ini cocok untuk aplikasi pengeringan udara tanpa persyaratan khusus seperti titik embun minimum. Prinsip kerja pengering udara berpendingin didasarkan pada penghilangan kelembapan udara dengan mendinginkannya secara cepat, mengembunkannya, dan mengeringkan kelembapannya. Pengoperasiannya seperti kulkas rumah tangga atau sistem AC rumah.

Refrigerated air dryer menghilangkan kelembapan udara melalui beberapa fase. Udara hangat dan lembab memasuki pengering, yang mendinginkannya dengan cepat hingga sekitar 3°C (37,4°F) dalam unit pendingin. Pada suhu ini, uap air di udara mengembun menjadi air murni, yang terkumpul dalam perangkap air dan diumpankan ke saluran pembuangan. Refrigeran gas yang hangat didinginkan dan diregenerasi dalam kondensor. Udara kering di ruang dipanaskan kembali ke suhu kamar dan diumpankan melalui outlet.

Pengering udara berpendingin tersedia dalam dua varian, cycling dan non-cycling.

  1. Cycling dryer adalah mesin siklus kerja 100% yang dapat mempertahankan titik embun pada suhu konstan.
  2. Non-cycling dryer bekerja dengan mematikan dan menyalakan kembali sebentar-sebentar untuk mempertahankan suhu yang diperlukan.

Kedua varian tersebut berguna dalam aplikasi yang berbeda, meskipun jenis cycling dryer cenderung meningkatkan biaya perawatan.

Baca Juga: MENGENAL AIR DRYER UNTUK MESIN COMPRESSOR: FUNGSI DAN JENISNYA

2. Air Dryer Compressor Tipe Desiccant

Sistem pengering udara ini terdiri dari dua menara, satu untuk mengeringkan udara dan yang lainnya untuk meregenerasi pengering. Menara pengering berisi bahan pengering berpori yang menghambat molekul air saat udara terkompresi dari saluran masuk melewatinya. Sebetulnya terdapat varian yang kurang umum yaitu air dryer dessicant menara tunggal, terdiri dari menara tunggal yang berisi bahan pengering yang mengeringkan udara yang masuk dari lingkungan. Pengering menara tunggal juga tidak mengandung bagian mekanis dan tidak memerlukan listrik untuk beroperasi. Peralatan ini cocok untuk digunakan di lingkungan yang berbahaya dan korosif.

Pengering udara instrumen ini menggunakan bahan pengering, zat higroskopis yang menunjukkan afinitas tinggi terhadap air sebagai agen de-humidifikasi. Jenis pengering udara terkompresi ini mencapai titik embun rendah, membuatnya cocok untuk digunakan di iklim dingin dan industri yang membutuhkan udara super kering. Terdapat tiga jenis utama desiccant dryer systems yaitu heated, heatless, and heat of compression. Mari simak rinciannya di bawah ini:

  1. Heated Desiccant Air Dryer

Heated desiccant air dryer ini bekerja dengan cara dipanaskan menggunakan sumber pemanas di dalam menara pengering untuk memanaskan bahan pengering secukupnya untuk meminimalkan kebutuhan akan udara pembersih. Titik embun tipikal dalam pengering yang dipanaskan berkisar dari -40 °C hingga -73,3 °C (–40 hingga -100 °F).

  1. Heatless Regenerative Desiccant Air Dryer

Heatless regenerative desiccant air dryer tidak mengandung sistem pemanas di menara regenerasi; sebagai gantinya, mereka menggunakan “udara pembersih” untuk mengeluarkan uap air dari menara. Titik embun tipikal dalam pengering tanpa panas berkisar dari -40 °C hingga -73,3 °C (–40 hingga -100 °F).

  1. Heat of Compression

Tipe heat of compression ini menggunakan kedua menara secara bersamaan untuk mempertahankan suhu yang seragam. Desain ini memungkinkan biaya pengoperasian yang lebih rendah tetapi dengan titik embun yang kurang konsisten.

Baca Juga: PEMAKAIAN KOMPRESOR SCREW DALAM BIDANG INDUSTRI

3. Membrane Air Dryer

Membrane air dryer menggunakan membran permeabel yang mirip dengan membran pemisahan nitrogen atau membran pemisahan CO2 untuk mengekstraksi uap air dari udara proses. Sistem ini nyaman digunakan, lebih hemat biaya, dan membutuhkan lebih sedikit perawatan karena tidak memiliki bagian yang bergerak. Peralatan ini cocok untuk pemisahan udara volume rendah.

Rekomendasi Supplier Jual Air Dryer Compressor

Setelah membaca uraian di atas, terdapat satu hal lagi yang perlu Anda ketahui bahwa udara yang telah terkompresi dan dikeringkan akan mengalami penurunan dew point. Dew point sendiri merupakan nilai temperatur yang diperlukan untuk mendinginkan udara pada tekanan konstan. Sehingga uap air yang ada di dalam kompresor akan mengembembun. Besar kecilnya penurunan dew point ini sangat bergantung pada spesifikasi air dryer yang digunakan. Semakin bagus air dryer maka nilai dew point yang diperlukan akan semakin kecil, mengenai kualitas tersebut dapat Anda percayakan pada PT. Motoren Teknik Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di daerah Penjaringan, Jakarta Utara tersebut tidak hanya jual air dryer compressor namun juga berbagai peralatan dalam bidang usaha bidang industri air screw dan piston compressor.


Author

%d bloggers like this: