Indonetwork, Peralatan Industri – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu sering menemukan kompresor pada komponen mesin yang ada di rumah Anda atau dapat ditemukan di tempat-tempat seperti tambal ban, bengkel-bengkel, dan juga tempat pencucian motor. Hal ini dikarenakan kompresor menjadi salah satu komponen yang cukup penting untuk mendukung proses produksi di industri saat ini. Tidak heran jika saat ini Anda akan dengan mudah menemukan produk jual screw compressor atau kompresor screw. 

Pada dasarnya, kompresor merupakan alat mekanik yang digunakan untuk meningkatkan tekanan fluida yaitu udara dan gas. Lalu, kompresor akan bekerja dengan cara menghisap udara lalu dipadatkan dalam sebuah ruangan bertekanan tinggi. Untuk Anda yang berada dalam bidang industri, Anda perlu tahu bagaimana pemakaian dan cara kerja kompresor screw.

Apa Itu Kompresor Screw?

Kompresor screw adalah salah satu jenis kompresor yang dapat ditemukan dengan mudah dalam bidang industri. Kompresor screw adalah sebuah peralatan mekanik yang digunakan dalam bidang industri untuk meningkatkan tekanan fluida  berupa udara atau gas yang bekerja dengan menggunakan sistem ulir (screw). Sehingga udara masuk melalui saluran, lalu masuk ke sistem screw yang berputar dan mengompres udara. Lalu udara terkompresi disalurkan ke tangki penyimpanan udara. 

Sebelum Anda membeli dan menggunakan kompresor, perlu diketahui bahwa prinsip kerja kompresor screw adalah menghisap, mengompres, dan mengeluarkan udara. Sehingga Anda dapat menyesuaikan jenis kompresor screw apa yang cocok dengan pekerjaan industri yang akan dikerjakan saat ini.

Cara Kerja Kompresor Screw

Pada kompresor screw beroperasi dengan menggunakan dua buah screw (sekrup ulir) yang berputar di dalam ruang screw yang disebut Air End. Kedua screw akan berputar dengan digerakkan oleh motor.

Perputaran kedua rotor screw ini kemudian menciptakan suction pada intake valve dan menghasilkan udara bertekanan melalui outlet atau lubang discharge. Udara bertekanan tersebut kemudian dialirkan ke separator tank. Tujuannya tidak lain adalah untuk memisahkan udara terkompresi dengan oli. Separator tank ini, sesuai namanya akan berfungsi menangkap partikel oli saat campuran oli dan udara melewati separator. 

Kemudian, udara terkompresi yang keluar dari tangki memiliki suhu sekitar 80ËšC hingga 90ËšC. Sehingga udara tersebut perlu didinginkan menggunakan air cooler sebelum akhirnya dikeluarkan melalui air discharge. Namun sebelum dikeluarkan, udara terkompresi dialirkan kembali ke filter udara screw kompresor dengan tingkat presisi yang lebih lebih tinggi. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga udara tetap bersih dari partikel minyak.

Baca juga: MENGENAL AIR DRYER UNTUK MESIN COMPRESSOR: FUNGSI DAN JENISNYA

Kelebihan Kompresor Screw

jual Kompresor Screw
Sumber: Amanal Petros

Screw Compressor atau kompresor screw adalah jenis kompresor yang cukup banyak digunakan saat ini dalam bidang industri. Hal tersebut tentu didukung dengan kualitas dan keunggulan yang ditawarkan dari produk jual screw compressor.

Selain itu, jenis kompresor ini dapat digunakan dalam industri skala besar atau kecil. Sehingga tidak heran, jika hampir sebagian besar industri modern saat ini memilih untuk menggunakan kompresor screw. Berikut ini adalah informasi mengenai kelebihan kompresor screw yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya.

1. Jangkauan Yang Luas Dengan Ukuran Air Compressor Yang Relatif Kecil

Ukuran screw air compressor berkisar di ukuran 5HP hingga 400Hp. Hal ini dapat dijelaskan seperti berikut, di mana sebuah tempat untuk meletakkan kompresor screw 400HP membutuhkan sekitar 15 meter persegi. Hal tersebut menunjukkan bahwa kompresor screw adalah pilihan tepat untuk industri dengan keterbatasan ruang. 

2. Emisi Suara Rendah

Jenis kompresor ini pada umumnya dilengkapi dengan peredam, sehingga tingkat kebisingan yang dihasilkan dapat mencapai 62 dB. Hal ini dapat membuat suasana kerja aman dan nyaman dari polusi suara yang dapat mengganggu lingkungan sekitar, terutama untuk industri yang berada di dekat pemukiman penduduk.

3. Proteksi Dan Daya Tahan Yang Baik

Dapat dikatakan bahwa daya tahan kompresor screw cukup baik untuk kegiatan industri. Hal tersebut didukung dengan kemampuan kompresor jenis ini untuk beroperasi dan bekerja selama 24 jam sehari. Dilengkapi dengan sistem kerja dan proteksi yang baik, oli dan udara pada kompresor selalu terjaga di temperatur yang optimal dengan adanya cooler dan temperatur sensor.

Dengan memiliki Programmable Logic Controller (PLC) yang dapat memantau semua kinerja komponen penting dalam kompresor screw, mulai dari power supply, jam operasional, waktu penggantian part, temperatur dan tekanan kerja, sehingga memudahkan user untuk menjaga mesin selalu dalam kondisi prima untuk bekerja selama 24 jam nonstop.

4. Harga Terjangkau Dengan Efisiensi Tinggi

Jenis kompresor ini memiliki efisiensi energi lebih baik sampai 20% dibandingkan jenis kompresor lainnya. Selain itu, berkembangnya teknologi double stage air-end dan inverter, kompresor jenis ini dapat menghemat energi sampai dengan 50% dibandingkan jenis lainnya.

Anda saat ini dengan mudah menemukan supplier jual screw compressor dengan harga bersaing. Jika budget masih belum sesuai, Anda bisa memilih opsi untuk sewa kompresor screw.

5. Perawatan Yang Mudah Dan Murah

Perawatan kompresor screw dapat diprediksi pengerjaannya dan dijadwalkan sepanjang petunjuk penggunaan dan perawatan dilaksanakan dengan baik sehingga consumable part bisa digunakan secara optimum. Perawatan berkala dapat dilakukan oleh 1 orang mekanik dalam waktu kurang dari 4 jam.

Dengan kualitas dan keunggulan yang dimiliki, tidak jarang industri saat ini menggunakan produk jual screw compressor. Hal ini dapat menyesuaikan dengan pekerjaan industri skala besar maupun kecil. Jika Anda membutuhkan kompresor screw untuk pekerjaan industri PT. Motoren Teknik Indonesia adalah pilihan tepat. Menyediakan barang industri dengan berbagai merk ternama, Anda dapat menemukan barang sesuai kebutuhan Anda.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks