Indonetwork, Mesin Alat BeratSalah satu elemen dalam mesin kompresor yang tidak kalah penting yaitu air dryer. Kehadiran air dryer compressor sangat membantu kinerja mesin sehingga produk yang dihasilkan akan tetap terjaga kualitasnya. Mesin yang satu ini biasanya tidak bekerja sendirian, namun memiliki rangkaian produk lain tertentu sehingga kinerjanya saling membantu satu dengan yang lainnya.

Produk air dryer sendiri biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan industri. Nah jika Anda hendak membangun suatu pabrik tertentu dan belum mengetahui informasi lengkap mengenai air dryer compressor untuk kebutuhan pabrik, silakan baca artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih lengkapnya!

Baca juga: MENGENAL SERBA-SERBI MESIN PABRIK KELAPA SAWIT

Pengertian Air Dryer 

Air dryer atau pengering udara adalah salah satu perangkat mesin yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan uap air yang dihasilkan oleh kompresor sehingga menghasilkan udara bertekanan yang kering. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan udara kering sangat dibutuhkan pada industri-industri besar untuk menunjang kualitas produksi pabrik. Udara kering atau biasa disebut dengan udara instrumen, digunakan sebagai sumber penggerak aktuator katup dan peredam (aktuator pneumatik). Bahkan dalam industri telekomunikasi, udara kering terkompresi digunakan untuk menutupi kabel bawah tanah untuk menghindari korsleting akibat pembentukan embun.

System ini biasanya menjadi satu kesatuan proses dengan kompresor. Udara terkompresi hasil dari kompresor sebagian akan masuk ke tangki penyimpan dan sebagian lagi dikeringkan menggunakan air dryer. Selanjutnya dryer diintegrasikan ke dalam kompresor untuk memastikan tingkat kemurnian udara yang tepat untuk aplikasi. 

Fungsi Air Dryer compressor

Fungsi Air Dryer

Secara umum, udara di sekitar kita cukup banyak mengandung air. Bahkan tingkat kelembaban mungkin saja berubah seiring perubahan suhu. Sebagai contoh, udara musim dingin dapat terasa kering di kulit kita, tetapi cuaca yang panas dan lembab dapat menciptakan kelembapan yang cukup tinggi seperti munculnya keringat.

Begitu juga dengan hasil kompresi, udara yang lembab harus dihilangkan untuk menghilangkan unsur air dan mengganggu kinerja mesin lainnya. Bahkan salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan kandungan air adalah dengan membuka keran pembuangan air pada tangki kompresor anda. Hal ini harus dilakukan setiap kali anda menggunakan kompresor agar air dan oli sisa kompresi dapat keluar dari tangki. 

Jenis Air Dryer 

Biasanya penggunaan air dryer banyak digunakan di bidang industri makanan dan minuman, farmasi, kimia. Adapun jenis air dryer yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:

1. Regenerative Desiccant Dryers

Alat ini berupa tabung yang berisi zat penyerap uap air seperti silica gel, alumina aktif, molecular sieve, atau bahan penyerap uap lainnya. Bahan yang paling banyak digunakan adalah silica gel. Proses kerjanya dengan cara udara yang dikompresi masuk ke dalam tabung melewati zat pengering dan mengalir keluar melalui suatu interval waktu tertentu, zat desiccant akan mencapai titik jenuhnya sehingga memerlukan proses regenerasi.

Selanjutnya, sebagian udara kering dialirkan ke tabung sehingga kandungan air yang terkandung di dalam zat pengering dikeluarkan. Pada proses regenerasi ini, udara kompresi tidak boleh dialirkan ke dalam tabung, sehingga umumnya di industri besar yang mengkonsumsi banyak instrument air menggunakan desiccant air dryer twin tower, proses pengeringan udara dan regenerasi dari masing-masing tabung bisa bergantian. Setelahnya dara kering yang dihasilkan oleh desiccant air dryer umumnya memiliki nilai dew point sebesar -40 derajat Celcius.

2. Refrigeration Dryer

Jenis dryer ini umumnya menggunakan 2 buah heat exchanger yaitu antara udara chiller dengan refrigerant dan antara udara yang dikeringkan dengan udara chiller. Refrigerator air dryer menggunakan sirkuit pendingin dan penukar panas untuk mendinginkan udara terkompresi yang berasal dari outlet kompresor. Prinsip kerja ini sesuai dengan sifat uap air yang akan mengembun pada temperatur rendah. Prinsip kerja ini sesuai dengan sifat uap air yang akan mengembun pada temperatur rendah. Udara kering yang dihasilkan umumnya memiliki dew point sebesar 3 derajat Celcius.

Jenis Air Dryer Compressor

3. Deliquescent Dryer

Sistem ini berupa sebuah tabung yang berisikan zat higroskopis (penyerap air) sehingga bentuknya sederhana dan harganya tidak mahal. Selanjutnya udara akan dialirkan lalu diserap kandungan airnya, sehingga pada dasar tabung akan terbentuk air kondensasi yang secara gradual perlu dibuang.

Selanjutnya di bagian bawah dari tabung deliquescent dryer terdapat pipa keluar untuk membuang air tersebut. Udara kering yang dihasilkan memiliki nilai dew point yang fluktuatif tergantung pada temperatur udara inlet. Pengering udara jenis deliquescent berbentuk bejana besar bertekanan berisi bahan kimia tertentu. Ketika udara tekan mengalir melalui bejana, garam-garam akan larut ke dalam molekul air dan terjatuh ke bagian bawah tangki bejana, dan selanjutnya dikuras keluar perangkap kuras. Udara kering yang tertinggal kemudian terus mengalir ke sisi keluaran dengan suhu yang sama ketika ia masuk.

4. Membrane Dryer

Terakhir terdapat sistem pengering udara yang menggunakan membran dryer dengan proses udara dialirkan ke tabung membran dan keluar menjadi udara kering, sebagian kecil dari udara kering dialirkan kembali ke dalam tabung untuk proses regenerasi. Sistem ini didesain untuk bekerja secara terus-menerus tanpa henti.

Baca juga: MENGENAL PANEL CONTROL REBUSAN DALAM PENGOLAHAN MINYAK SAWIT

Distributor Jual Air Dryer Compressor

Setelah mendapatkan informasi diatas apakah Anda sudah mulai memahami mengenai fungsi dari air dryer compressor? PT. Motoren Teknik Indonesia merupakan perusahaan penyedia alat industri seperti  air screw  dan piston compressor, perusahaan ini berlokasi di Jakarta namun untuk pengiriman dan kliennya sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

 Anda tidak perlu khawatir dengan kredibilitas perusahaan ini, silakan untuk melakukan konsultasi produk pada pelayanan PT. Motoren Teknik Indonesia dan temukan produk berkualitas baik dengan harga yang sesuai budget Anda.


Author

%d bloggers like this: