Indonetwork, Tips & TrikPrinter kasir Bluetooth terbaik menjadi salah satu prioritas utama pelaku usaha memilih aset dalam bisnisnya. Pasalnya aset yang berkualitas tentu menjadi modal utama dan investasi untuk kelangsungan bisnis.

Terlebih lagi dengan perangkat printer kasir Bluetooth yang merupakan bagian penting pelengkap pelayanan prima dalam usaha. Untuk Anda yang masih bingung bagaimana memilih printer Bluetooth terbaik, berikut ini beberapa cara memilihya.

Cara memilih printer kasir Bluetooth terbaik

printer untuk kasir
Sumber: Pexels

Agar mendapatkan perangkat printer kasir terbaik, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Pilihlah jenis printer sesuai kebutuhan

Terdapat beberapa jenis printer kasir Bluetooth yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Ringkasnya terdapat dua jenis printer. Pertama jenis Direct Thermal yang cocok digunakan untuk mencetak struk pembayaran dan tahan kurang dari enam bulan.

Selanjutnya jenis kedua yaitu Thermal Tranfer Printing yang memiliki daya cetak lebih lama. Cocok digunakan untuk bisnis kesehatan.

1. Cek spesifikasi dengan detail

Jangan lupa untuk teliti dalam mengecek detail spesifkasi. Mulai dari kapasitas baterai, kecepatan mencetak, daya tahan, dan lain sebagainya. Bila perlu tanyakan secara rinci kepada pelayan toko detail printer yang akan dibeli

2. Pertimbangkan dimensi printer

Meskipun printer Bluetooth umumnya didesain portabel, namun setiap printer memiliki dimensi yang berbeda-beda. Sesuaikan dimensi printer kasir dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda dapat pertimbangkan dari jenis bisnis, tempat usaha, luas meja, dan lain sebagainya.

3. Sesuaikan budget

Tentu saja harga menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam membeli beragam aset. Salah satunya printer kasir Bluetooth. Tentu kualitas akan menentukan harga yang dipatok. Sebelum membeli adakalanya untuk melakukan riset harga produk di berbagai marketplace.

4. Kecepatan mencetak

Pencetakan printer yang lama tentu akan menghambat kinerja bisnis Anda. Pilihlah jenis printer kasir Bluetooth dengan jenis pencetakan yang memiliki kecepatan minimal 80mm/s.

5. Garansi produk

Aset bisnis menjadi salah satu prioritas utama. Maka dari itu saat membeli pastikan produk memiliki garansi agar apabila terjadi beragam kerusakan tertentu Anda tidak bingung mencari service center.

Baca Juga: 6 Merek Mini Printer Bluetooth Terbaik untuk Usaha

Jenis – jenis printer kasir Bluetooth terbaik

Printer Kasir MatrixPoint MP7645

Di pasaran terdapat dua jenis kasir Bluetooth yang bisa dipilih pelaku usaha. Seperti yang disinggung di poin pertama, terdapat dua jenis printer berdasarkan cara kerjanya yaitu Direct Thermal dan Thermal Tranfer Printing. Berikut ini ulasannya.

1. DIRECT THERMAL

Printer Bluetooth berjenis Direct Thermal memiliki cara kerja dengan memanaskan kertas dan tidak menggunakan pita atau tinta. Maka dari itu saat menggunakannya pengguna harus memakan jenis kertas thermal.

Jenis printer ini cocok untuk beragam bidang usaha. Khususnya bisnis Food & Beverage (FnB). Hal tersebut karena hasil printer yang dihasilkan bertahan kurang dari enam bulan.

Selain itu cocok digunakan untuk membuat karcis, kwitansi, dan lain sebagainya. Dari segi perawatan juga tidak membutuhkan perawatan yang mahal dan khusus.

2. Thermal Transfer Printing

Sedangkan jenis ini memiliki cara kerja dengan menggunakan pita yang terbuat dari lilin atau tinta berbasis resin. Umumnya jenis printer ini akan mencetak hasil dengan kualitas tinggi dan tahan lama.
Jenis printer ini ideal untuk jangka panjang dan cocok untuk bisnis yang berhubungan dengan kesehatan. Contoh saja pembuatan label nama obat.

Kegunaan printer kasir Bluetooth

Printer kasir Bluetooth memiliki beragam kegunaan. Tak hanya mencetak struk pembayaran, perangkat ini bisa digunakan beragam tujuan

  • Mencetak karcis parkir
  • Membuat kwitansi pembayaran
  • Pembuatan resi bisnis online untuk beragam marketplace
  • Untuk membuat label-label harga atau struk diskon produk

Keuntungan memiliki printer kasir Bluetooh Terbaik

printer bluetooth untuk kasir
Sumber: Unsplash

Memiliki printer kasir Bluetooth tentu berdampak baik bagi kelangsungan bisnis Anda. Apa saja keuntungan yang didapatkan?

1. Memberikan pelayanan prima untuk pelanggan

Dengan adanya struk pembayaran ini membuat citra perusahaan lebih unggul dan terpercaya. Adanya struk pembayaran berfungsi untuk memberikan informasi detail produk yang dibeli, harga, hingga potongan diskon yang tertera.

2. Bukti komplain dan feedback

Adanya bukti pembayaran memudahkan pelanggan dapat melakukan komplain terkait produk Anda. Misalnya produk yang tertukar, pesanan tidak sesuai, harga yang tidak cocok, dan lain sebagainya. Dengan adanya bukti struk ini pelanggan akan memiliki kepercayaan lebih pada bisnis Anda.

3. Memperkuat branding

Secara tak langsung bukti pembayaran akan memuat informasi nama bisnis hingga media sosial. Pelanggan pun bisa menelusuri informasi lebih lanjut mengenai bisnis yang Anda miliki melalui kontak-kontak bisnis yang tertera di struk

4. Mudah dibawa kemana-mana

Printer kasir Bluetooth praktis dan efisien. Tentu ini menjadi salah satu keuntungan tersendiri sehingga Anda bisa dengan mudah memindahkan perangkat ini ke mana-mana.

Terutama apabila Anda memiliki jenis usaha yang sering mengikuti beragam bazaar dan cukup sering berpindah-pindah tempat. Praktis, ringan, dan efisien.

5. Hemat listrik

Printer ini tidak membutuhkan daya terlalu tinggi sehingga cukup menghemat pengeluaran daya listrik Anda.

6. Bisa dihubungkan berbagai ke berbagai aplikasi

Terdapat beberapa jenis printer kasir Bluetooth yang bisa dihubungkan dengan aplikasi di ponsel Anda. Hal ini tentu lebih mudah dan fleksibel daripada mesin kasir dengan komputer. Praktis dan lebih ringkas.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Printer Thermal Bluetooth Terbaik

Rekomendasi printer kasir Bluetooth dengan beragam merek

Di pasaran terdapat beragam merek yang sesuai dengan kualitas dan harga. Beberapa merek printer kasir yang direkomendasikan, seperti Epson, Eppos, Matrix, dan Samsung. Printer-printer ini dipatok dengan harga mulai dari Rp 750.000-an hingga Rp 1.000.000-an.

Bagi Anda yang ingin menelusuri produk-produk printer pos Bluetooth terbaik ini dapat menuju tautan berikut ini. Semoga membantu.

Itulah informasi seputar printer kasir bluetooth terbaik.  Jika Anda sedang mencari alat-alat bisnis termasuk printer kasir, Anda dapat menemukannya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce di Indonesia, kami memiliki banyak pilihan produk dari para seller-seller terpercaya.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks