Indonetwork, Bisnis – PT Inti Prakarsa Logistik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman cargo impor dan ekspor. Perusahaan ini melayani pengiriman barang menggunakan jalur udara (air freight) dan jalur laut (sea freight).

Layanan pengiriman cargo yang disediakan yaitu cargo undername dan cargo door to door. Di mana, cargo undername adalah ketika Anda ingin membeli atau memasukkan barang dari luar negeri dengan mengatasnamakan perusahaan lain yang terdaftar resmi di Direktorat Jenderal Bea & Cukai. Sedangkan cargo door to door yaitu pengiriman barang dengan sistem jemput dari gudang atau tempat pengirim ke tempat penerima.

Namun, tak hanya itu, PT Inti Prakarsa Logistik juga menawarkan layanan jasa custom clearance atau proses administrasi yang dibutuhkan dalam pengiriman cargo ke luar negeri, mulai dari pajak hingga bea cukai. Serta jasa redress consignee atau penyelesaian pemulihan barang yang mengalami kerusakan atau keterlambatan kirim kepada penerima.

Selama lebih dari 24 tahun, PT Inti Prakarsa Logistik telah melayani permintaan impor dan ekspor dari berbagai pihak secara profesional, mulai dari pemerintahan hingga perusahaan swasta. Jadi, apabila Anda membutuhkan jasa pengiriman cargo ke dan dari luar negeri, bisa bekerja sama dengan perusahaan ini.

Baca Juga: Mengenal Jasa Project Cargo dalam Pengiriman Alat Berat

Sejarah Perusahaan

PT Inti Prakarsa Logistik termasuk pemain lama di bidang impor dan ekspor barang yang berdiri pada tahun 1999. Berbekal pengalaman bergelut di bidang ekspedisi dan kegiatan impor selama bertahun-tahun, Amin memutuskan untuk mencoba menjalankan bisnis tersebut secara mandiri dengan mendirikan PT Inti Prakarsa Logistik.

PT Inti Prakarsa Logistik menerima pengiriman barang kebutuhan industri dan alat berat, seperti crane, conveyor, furnitur, dryer, alat keamanan jalan, aluminium, coil spring, aksesoris lampu, hingga besi baja.

Tentu bukan perkara mudah untuk menjalankan dan mempertahankan bisnis hingga lebih dari 2 dekade lamanya. Namun, berkat prinsip yang dipegang Amin bersama pihak manajemen, membuat PT Inti Prakarsa Logistik dapat berkembang menjadi jasa ekspedisi impor dan ekspor terpercaya.

Melayani Pengiriman Barang dengan Tepat Sasaran

PT Inti Prakarsa Logistik penyedia jasa impor
Sumber: Freepik

Prosedur impor barang dari luar negeri bukanlah suatu kegiatan yang mudah, begitu pun dengan ekspor. Prosesnya memerlukan banyak dokumen, komunikasi yang jelas, ketelitian, serta harus memperhatikan ketepatan waktu yang sudah ditentukan. Karena itulah, seluruh staf manajemen dan lapangan PT Inti Prakarsa Logistik sangat memperhatikan profesionalisme dan transparansi dalam menjalankan apa yang sudah diamanahkan oleh klien.

“Kita memberi pelayanan yang terbaik buat customer. Apa yang kita kerjakan itu, kan, sesuai tepat sasaran. Jadi bagaimana kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan customer (fleksibel dan negotiable),” ujar Amin, selaku founder dan owner PT Inti Prakarsa Logistik.

Sebelum menerima permintaan pengiriman cargo, pihak manajemen terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Termasuk agreement yang sah, data pengirim dan penerima barang, hingga memastikan barang yang dimaksud adalah termasuk barang legal yang diizinkan oleh pemerintah. Pemeriksaan menyeluruh dilakukan demi kelancaran pengiriman, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah semua informasinya jelas dan benar, PT Inti Prakarsa Logistik mulai menjalankan proses pengiriman cargo sesuai yang tercantum di agreement. Namun, apabila terdapat keraguan terhadap informasi yang diterima setelah diperiksa berulang, pihak manajemen memilih untuk tidak melanjutkan kerjasama demi keamanan bersama.

PT Inti Prakarsa Logistik selalu berusaha mengedepankan transparansi terhadap semua pihak. Sehingga ketika terdapat ketidaksesuaian barang yang diangkut pada pengiriman saat pemeriksaan oleh petugas berwajib, PT Inti Prakarsa Logistik mengupayakan solusi sesuai kesepakatan di awal atau yang tercantum pada surat perjanjian.

Baca Juga: 5 Tips Mengemas Barang untuk Pengiriman Laut

Bangga dapat Turut Menyumbang Pendapatan Negara

Ketika ditanya oleh Tim Indonetwork mengenai pencapaian terbesar selama menjalankan bisnis ini selama lebih dari 24 tahun, Amin mengaku ada kebanggan tersendiri karena bisnis yang ia jalankan dapat turut memberi dampak positif untuk negara.

“Kalau selama ini, sih, yang kita bisa menyumbangkan pendapatan negara, ya, pajak impor kami itu kami tidak restitusi, kan. Karena pajak kami sumbangkan ke negara semua, mungkin itu pencapaian saya,” ungkap Amin, selaku founder dan owner PT Inti Prakarsa Logistik.

Harapan kedepannya, PT Inti Prakarsa Logistik dapat selalu memberi layanan terbaik dan menjaga amanah dari klien, sehingga tetap menjadi perusahaan penyedia jasa ekspedisi terpercaya.

Enable Notifications OK No thanks