Pengemasan barang merupakan aspek paling penting dari sebuah pengiriman, termasuk dalam pengiriman laut. Pengemasan dengan kualitas yang baik, dapat menjaga barang selamat tanpa cacat sampai di tujuan. Namun sayangnya, masih banyak pengirim yang tidak menyadari bahwa keselamatan barang ditentukan dari bagaimana pengemasan barang itu sendiri.

5 Tips Mengemas Barang untuk pengiriman Laut

Pengiriman Laut
Sumber: Pexels

Setiap ekspedisi pengiriman tidak dapat menjamin bagaimana keadaan barang Anda ketika sampai pada tempat tujuan, termasuk pengiriman laut. Mereka hanya melakukan sesuai prosedur tanpa meneliti sedetail mungkin bagaimana keadaan barang Anda dalam perjalanan. Oleh karena itu, dalam setiap pengiriman, Anda harus memperhatikan bagaimana seharusnya barang Anda dikemas. Berikut disajikan beberapa tips mengemas barang yang dapat Anda terapkan di rumah.

Gunakan Kotak yang Kuat dan Kokoh

Apabila Anda mengirimkan barang dalam jumlah yang kecil, itu artinya barang Anda akan berada satu tempat dengan barang orang lain dalam suatu container. Maka dalam pengiriman, Anda harus memberikan pengamanan ekstra dengan menggunakan kotak yang kuat dan kokoh untuk menjaga barang agar tidak bergelombang. Mengingat barang Anda juga akan ditumpuk dengan barang-barang lain.

Berikan Kemasan Dua Lapis

Pengemasan dua lapis, dapat menghindari barang dari kerusakan, terutama ketika tertumpuk dengan barang lain serta menghindarkan kemasan utama dari gelombang akibat tertindih. Perlindungan ekstra ini sangat dibutuhkan, terlebih jika barang Anda dikirim ke tujuan yang jauh dengan menggunakan kapal, pesawat, maupun truk.

Berikan Selotip yang Berkualitas

Pastikan untuk menutup lubang-lubang kardus menggunakan selotip dengan benar dan benar-benar lengket. Pastikan juga bahwa selotip Anda benar-benar menempel pada kardus kemasan, karena pengiriman yang jauh dan lama dapat menurunkan tingkat kelengketan selotip sehingga memungkinkan kemasan Anda runtuh.

Baca juga: Lakban Fragile untuk Pengemasan Paket

Bungkus dengan Baik

Dalam mengemas barang, Anda perlu memastikan bahwa kotak yang Anda gunakan tidak transparan dan menutupi seluruh bagian dari barang yang Anda kirim. Selain itu, pastikan semua lem perekat yang anda gunakan tidak akan terlepas. Hal-hal ini akan menghindarkan Anda dari pencurian barang saat pengiriman.

Tulis Segala Informasi yang dibutuhkan dengan Jelas

Penulisan nama, alamat, serta nomor telepon merupakan hal yang penting dalam pengiriman barang. Untuk itu, segala informasi yang dibutuhkan harus ditulis dengan tulisan yang jelas, agar barang dapat sampai di tujuan yang tepat.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan apakah tulisan tersebut dapat terhapus selama perjalanan pengiriman atau tidak. Jika terdapat kemungkinan tulisan tersebut akan terhapus, Anda dapat memberikan selotip bening di atas informasi yang Anda bubuhkan pada paket kemasan untuk menghindari salah alamat oleh kurir saat pengiriman.

Baca juga: 7 Jenis Shipping Container yang Banyak digunakan

Resiko Utama Apabila Barang Tidak dikemas dengan Benar

Pengiriman Laut
Sumber: Pexels

Kerusakan pada kemasan produk akan sering terjadi dalam setiap pengiriman ekspedisi, baik melalui kapal, pesawat, maupun truk. Berikut beberapa resiko yang bisa terjadi ketika barang yang Anda kirim tidak dikemas dengan benar:

Barang Tiba dalam Keadaan Rusak

Kerusakan pada kemasan, dapat terjadi karena kemasan kardus yang kurang kokoh dan tahan terhadap benda cair. Kerusakan ini juga dapat berakibat pada kerusakan barang yang ada di dalamnya.

Apabila kerusakan pada kemasan sangat berlebihan, maka tidak menutup kemungkinan juga akan merusak barang yang Anda kirim. Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan ini, Anda dapat menggunakan kemasan dua lapis dan sebisa mungkin menghindari ruang kosong dalam kotak Anda.

Barang Bisa Menjadi Tidak Aman untuk Transportasi

Barang yang tidak dikemas dengan baik, kemudian mengakibatkan kemasan menjadi runtuh dan memberikan sejumlah kerugian. Pertama, Anda akan dikenakan kerugian karena barang Anda rusak akibat pengemasan yang kurang baik. Kedua, bisa jadi barang yang Anda kirim merusak barang-barang lain. Ketiga, barang yang keluar dari kemasan tersebut dapat melukai orang-orang yang menangani peti kemas ataupun kargo.

Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa kemasan Anda telah merekat dengan lem dan tertutup seluruhnya untuk menghindari rusaknya kemasan ketika perjalanan pengiriman.

Kargo dapat ditolak oleh Operator

Jika Anda menggunakan ekspedisi laut atau pesawat, Anda membutuhkan pengemasan ekstra untuk menjaga agar barang Anda tetap aman sampai tujuan. Apabila barang Anda tiba di pelabuhan atau bandara dalam keadaan kemasan yang sudah rusak, besar kemungkinan barang Anda akan ditolak oleh operator. Mereka tidak dapat meneruskan pengiriman barang Anda, karena kemasan dalam keadaan rusak. Resiko ini pun pada akhirnya membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan dan mengalami penundaan.

Baca juga: Keunggulan dan Kelemahan Penggunaan Container Office

Angkutan Laut ke Dili

Dili merupakan ibu kota sekaligus distrik di Timor Leste dan terletak di pesisir utara Pulau Timor. Jauhnya jarak yang terbentang antara Indonesia dan Timor Leste, membuat akses menuju daerah tersebut memakan waktu beberapa hari, termasuk pengiriman barang.

Apabila Anda membutuhkan ekspedisi untuk mengirim barang-barang Anda ke Dili, Timor Leste, Anda dapat menggunakan angkutan laut PT. Mex International. PT. Mex International adalah perusahaan atau jasa ekspedisi pengiriman barang khusus menuju ke Dili. PT. Mex International menyediakan pengiriman laut dengan Less than Container Load (LCL) atau Full Container Load (FCL) lho! Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website untuk informasi lebih lanjut.


Author

%d bloggers like this: