Indonetwork, Alat Pemadam Kebakaran – Box hydrant merupakan komponen yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Peralatan ini berfungsi untuk meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh bencana kebakaran.

Apakah Anda pernah melihat box berwarna merah yang menempel di dinding di suatu ruangan? Box tersebut dinamakan Fire Hydrant yang dapat dipakai untuk menyimpan alat pemadam kebakaran (fire hydrant equipment).

Fire Hydrant sendiri merupakan box khusus yang dibuat oleh perusahaan yang bergerak di bidang fire hydrant equipment. Dengan box inilah semua alat pemadam kebakaran tersimpan dengan sangat baik.

Letak Fire Hydrant Sangat Penting

Fire hydrant harus disimpan di tempat yang dapat diketahui banyak orang dan dijangkau. Sehingga kita tidak perlu waktu lama untuk menggunakan alat yang ada di dalam box ketika terjadi bencana kebakaran. Sehingga penyimpanan fire hydrant tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan.

Keberadaan fire hydrant ini bisa membantu tim pemadam kebakaran untuk mempersiapkan peralatan untuk memadamkan api. Anda juga bisa menyimpan fire hydrant ini di fire extinguisher supaya terlihat lebih rapi.

Terdapat dua jenis fire hydrant yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan yaitu indoor dan outdoor. Fire Hydrant box indoor digunakan di dalam ruangan, sementara outdoor disimpan di luar ruangan.

Jenis Box Hydrant

Saat ini terdapat dua jenisn fire hydrant yang banyak digunakan yaitu hydrant box indoor dan hydrant box outdoor. Untuk tipe hydrant box indoor terdapat tiga jenis yaitu tipe A1, tipe A2, dan tipe B. Sementara untuk hydrant box outdoor hanya terdapat satu jenis yaitu tipe C.

Setiap jenis hydrant di atas mempunyai kegunaan dan penempatan yang berbeda-beda. Equipment yang merupakan isi box hydrant juga berbeda-beda. Berikut penjelasan masing-masing jenis fire hydrant.

1. Jenis Box Hydrant Tipe A1

Fire hydrant indoor ini mempunyai ukuran 66 x 52 x 15 cm yang disimpan di dalam ruangan. Di dalam box fire hydrant ini terdapat satu roll firehouse PU Type 1,5 “ x 20 meter, Coupling Machino, satu pc Hose Nozzle Size 1,5”, dan 1 pc Hydrant Valve 1,5”.

Untuk memperoleh box hydrant type A1 bisa dilakukan disini.

2. Jenis Box Hydrant Tipe A2

Fire hydrant tipe kedua ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 100 x 80 x 18 cm yang juga saam dipakai di dalam ruangan. Equipment yang terdapat pada box ini yaitu sebagai berikut.

  • Satu roll fire Hose PU Type 1,5” x 30 meter dengan Coupling Machino,
  • Satu pc Hose Nozzle Size 1,5 dengan coupling Machino,
  • Satu pc Hydrant Valve 1,5” dengan coupling Machino, dan
  • Satu pc Hose Rack 1,5”.

Untuk memperoleh box hydrant type A1 bisa dilakukan disini.

3. Jenis Box Hydrant Tipe B1

Masih untuk indoor, box hydrant type B1 mempunyai ukuran 125 x 75 x 18 cm. Equipment yang ada di dalam box fire hydrant tipe ini adalah sebagai berikut.

  • Satu roll Hose PU Type Size 1,5” x 30 meter (coupling Machino),
  • Satu pc Hose Nozzle Size 1,5” (coupling Machino),
  • Satu pc Hydrant Valve 1,5” (coupling Machino),
  • Satu pc Hydrant Valve 2,5” (coupling Machino), dan
  • Satu pc Hose Rack 1,5”

Untuk memperoleh box hydrant tipe B bisa dilakukan disini.

4. Jenis Box Hydrant Tipe C

Tipe yang satu ini ditempatkan di luar ruangan yang memiliki ukuran 95 x 66 x 20 cm. Equipment yang terdapat di dalam box fire hydrant itu adalah sebagai berikut.

  • Satu roll fire hose PU type, Size 2,5” x 30 meter (coupling Machino), dan
  • Satu pc Hose Nozzle berbagai varian, size 2,5” (coupling machino).

Keamanan Box Fire Hydrant

Anda tidak perlu khawatir mengenai ketahanan dari box fire hydrant karena bahannya terbuat dari besi stainless steel. Material ini sangat terhadap korosi, sehingga box akan lebih tahan lama.

Sementara untuk pewarnaannya menggunakan material NFPA dengan warna terang dan mencolok. Umumnya warna box hydrant ini merah cerah untuk mempermudah kita ketika akan menggunakannya. Warna ini tidak akan mempersulit kita ketika mencarinya.

Umumnya fire hydrant box memakai kunci pengaman khusus supaya equipment yang ada di dalamnya terjaga. Pasalnya equipment yang ada di dalamnya adalah aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan.

Pada beberapa box fire hydrant juga tidak dilengkapi dengan kunci, tapi hanya berlaku untuk fire hydrant indoor. Meskipun begitu, kami tetap merekomendasikan untuk menggunakan kunci untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Rekomendasi Fire Hydrant Box Terbaik

Salah satu merk fire hydrant box yang kami rekomendasikan adalah Hooseki. Kualitas dari produk ini memang tidak perlu diragukan lagi. Untuk Anda yang ingin memiliki aset berharga ini tentu harga bukanlah masalah yang besar lagi.

Tapi hal penting yang harus Anda perhatikan ketika membeli box hydrant adalah dimanakah box tersebut akan disimpan. Jika akan disimpan di dalam ruangan, gunakan tipe box hydrant indoor, jika ingin disimpan di luar ruangan gunakan tipe box hydrant outdoor.

Demikianlah penjelasan kali ini tentang box hydrant yang merupakan alat khusus untuk bencana kebakaran. Alat ini sangat penting untuk meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N