Indonetwork, Elektronik – Berikut ini adalah distributor PABX yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pastikan Anda memperhatikan keempat hal ini sebelum membelinya.

Untuk kebutuhan kantor, PABX (Private Automatic Branch Exchange) merupakan alat komunikasi yang sangat dibutuhkan. Hampir semua perusahaan sangat memerlukan peralatan ini. Tidak heran juga toko PABX di Indonesia saat ini juga sudah cukup banyak. 

Namun jika Anda ingin membeli produk ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Membeli produk ini dengan sembarangan akan membuat kas perusahaan Anda terbuang sia-sia. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli PABX.

1. Perhatikan Kapasitas PABX

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli PABX adalah kapasitasnya. Maksud kapasitas disini yaitu jumlah kebutuhan Anda dalam penggunaan PABX nantinya. Selain itu jumlah trunk line yang akan ada dalam perangkat telepon ini nantinya.

Trunk Links sendiri merupakan alat yang sangat penting untuk melakukan komunikasi dengan dunia luar. Trunks Link ini sangat perlu diperhatikan jumlahnya. Untuk menentukan jumlah tersebut sangat bergantung pada jumlah pos penting yang memerlukan konektivitas.

Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui berapa karyawan yang bakal memakai perangkat ini. Jika perusahaan Anda sudah berskala besar tentu karyawan yang harus memakai perangkat ini sangat banyak.

Jika perusahaan Anda sudah besar, aktivitas pemasaran tentu saja sangat tinggi. Sehingga keperluan Trunk Links sangat penting dibandingkan perusahaan yang masih berkembang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Trunk Links itu ada yang berbentuk digital dan analog. Tapi untuk fungsi keduanya tidaklah berbeda.

2. Perhatikan Kemampuan Upgrade

Seiring berjalannya waktu, aktivitas pemasaran yang akan terjadi dalam perusahaan Anda akan lebih banyak. Otomatis karyawan yang akan menggunakan perangkat PABX juga akan lebih banyak. Dengan begitu kapasitasnya juga harus ditambah.

Oleh sebab itu kemampuannya untuk di-upgrade juga sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum membeli PABX. Karena ada beberapa merk perangkat ini yang tidak bisa di-upgrade.

Dengan mempunyai kemampuan ini, Anda akan lebih mudah untuk upgrade jumlah PABX. Apalagi jika perusahaan Anda mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Baca juga: Rekomendasi Box Hydrant Terbaik Untuk Untuk Dalam & Luar Ruangan

3. Perhatikan Harga

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum membeli PABX adalah tentukan harga. Kebanyakan orang ingin membeli perangkat ini dengan harga yang terjangkau, namun kualitasnya sangat bagus. Anda tentu juga berpikiran seperti itu bukan?

Tapi sayangnya kebanyakan PABX yang murah memiliki kualitas yang kurang begitu baik. Sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Meskipun berfungsi dengan baik, tapi tidak akan berjalan dengan lama atau cepat rusak.

Supaya PABX bisa digunakan dengan lancar di kantor, Anda harus punya budget khusus untuk membelinya. Karena bagaimanapun juga komunikasi sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Semestinya membeli PABX dengan harga yang mahal juga tidak masalah selama kualitasnya sangat bagus.

Membeli PABX yang mahal juga tidak cukup karena Anda juga harus memperhatikan biaya pemeliharaannya. Jika Anda membeli PABX dari vendor yang bagus, biasanya mereka akan memberikan dukungan pemeliharaan. Tapi harga untuk pembeliannya juga relatif lebih mahal.

4. Perhatikan Fitur 

Untuk fitur biasanya sangat bergantung pada tipe dan jenis dari PABX itu sendiri. Tapi semua jenis PABX sudah mempunyai fitur call transfer, conference call, call forwarding, caller ID, dan auto attendant. Fitur ini harus Anda perhatikan ketika membeli PABX.

Tapi fitur yang lengkap juga diiringi dengan harganya yang lebih mahal. Semakin lengkap fitur, semakin mahal harganya. Oleh sebab itu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dalam perusahaan Anda.

Rekomendasi Distributor PABX Terbaik Indonesia

Untuk memperoleh PABX yang berkualitas tentu saja Anda harus membelinya dari distributor yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa distributor PABX yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. PT Trikomindo Karunia Utama

Berpusat di jakarta Pusat, perusahaan ini telah lama bergerak di bidang teknologi informasi, termasuk PABX. Bahkan distributor ini juga menyediakan layanan maintenance atau perbaikan. Sehingga jika perangkat PABX Anda bisa kembali menghubungi pihak distributor.

  1. CV Panatelindo Inticom

Salah satu merk PABX terbaik dan sudah populer adalah Panasonic. Nah untuk Anda yang ingin memperoleh PABX merk ini bisa membelinya di CV Panatelindo Inticom. Karena perangkat yang dijual disini diantaranya adalah merk Panasonic dan merk terbaik lainnya seperti LG dan NEC.

  1. Aneka Jasa Solusindo

Aneka Jasa Solusindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan sarana alat telekomunikasi. Salah satu layanan yang mereka layani dan tawarkan adalah PABX. Produk dan layanan yang mereka berikan bisa untuk kantor, hotel, dan industri bisnis lainnya yang memerlukan perangkat PABX.

Baca juga: Kelebihan Pipa Tembaga & Rekomendasi Merk Terbaiknya

Demikianlah tips memilih PABX terbaik untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda. Untuk memperolehnya, Anda bisa membelinya dari distributor PABX yang telah kami rekomendasikan di atas. Sebelum membelinya pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan perusahaan Anda.

  • Penulis: Cecep S
  • Editor: Agus N