Indonetwork, Bahan Bangunan – Memilih bahan untuk membuat rumah ataupun bangunan sesuai dengan impian, tentunya memerlukan berbagai macam pertimbangan terutama dari segi manfaat dan dari segi keawetan bahan tersebut. Aluminium digandrungi menjadi salah satu bahan yang sangat baik digunakan untuk material di dalam pembuatan konstruksi bangunan maupun rumah. Material ini memiliki banyak peminat karena berbagai macam manfaat yang dimilikinya dan juga ramah lingkungan karena menjadi salah satu langkah untuk bisa mencintai bumi dengan mengurangi penggunaan pohon atau kayu sebagai bahan konstruksi, mengingat pohon di bumi ini semakin berkurang banyak jumlahnya karena banyak penebangan. Untuk memilih aluminium yang baik digunakan untuk konstruksi bangunan kita maka kita harus memilih juga supplier aluminium konstruksi yang tepat agar sesuai dengan yang kita inginkan.

Kegunaan Aluminium dalam Konstruksi

Aluminium sudah digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan sejak tahun 1920 hingga di era kini. Sejak tahun 1920 aluminium sudah mampu menggeser kayu sebagai bahan utama dalam penyangga pada konstruksi. Hingga kini aluminium berkembang untuk membuat kerangka rolling door, mampu menggantikan besi sebagai pagar bangunan karena ringan dan tidak mudah berkarat, sebagai frame untuk dinding penyekat berupa kaca yang akan membuat kesan luas pada ruangan meskipun bersekat, aluminium sebgaai kerangka pintu maupun jendela, bahkan aluminium juga bisa dibentuk untuk kusen. Begitu banyak sekali kegunaan aluminium yang dapat  dimanfaatkan untuk bahan konstruksi apalagi dengan kelebihannya, untuk itu kita   gali dengan lebih dalam lagi apa saja kelebihan di dalamnya yang membuat bahan ini sangat diminati.

Baca Juga : 7 JENIS BESI UNTUK RUMAH YANG BANYAK DIGUNAKAN

Kelebihan Aluminium sebagai Bahan Konstruksi

Aluminium memang tepat dipakai sebagai bahan konstruksi, tetapi pasti kita seringkali bertanya-tanya memang apa yang menjadi kelebihannya sehingga banyak sekali diminati. Berikut beberapa kelebihan yang bisa didapatkan apabila memilih menggunakan aluminium sebagai bahan konstruksi

1. Aluminium adalah bahan yang ramah lingkungan

Mengingat kondisi bumi yang kian kini kian meresahkan, apalagi pohon-pohon banyak ditebang  untuk kebutuhan kertas, tisu, dan juga bahan baku pembuatan rumah, kusen, dan sebagainya, aluminium ini hadir sebagai bahan yang ramah lingkungan. Bahan ini dapat didaur ulang dan bisa dimanfaatkan kembali. Selain itu sisa karbon dioksida yang dihasilkan oleh aluminium jauh lebih rendah.

2. Mudah dibentuk dan banyak pilihan warna

Aluminium merupakan bahan yang mudah dibentuk karena sifat asli aluminium sendiri yang mudah dibentuk, mudah ditarik, lentur, dan juga lunak. Bahan ini warna aslinya adalah putih atau silver, tetapi bahan ini mudah sekali untuk diwarnai atau dicat sendiri sehingga bisa diwarnai sesuai dengan kebutuhan.

3. Ringan dan kuat

Aluminium merupakan bahan logam yang paling ringan dibandingkan tembaga maupun baja. Maka dari itu kini banyak kusen-kusen aluminium lebih laku di pasaran selain karena kuat, ringan menjadi salah satu alasan karena mudah untuk dipindahkan tidak seperti yang berbahan kayu, dimana untuk memindahkannya pasti membutuhkan bantuan dari beberapa orang untuk bisa memindahkannya. Meskipun ringan, bahan ini tetaplah kuat bahkan jika berada di ruangan dengan suhu yang lebih rendah pun bahan ini cenderung akan bisa lebih kuat karena sifat aslinya sendiri yang memang unik.

4. Desain aluminium lebih modern

Bahan aluminium yang mudah dibuat dan dibentuk sesuai dengan tampilan yang diinginkan dan warnanya yang beragam tentunya akan menambahkan kesan lebih modern dan trendy sesuai dengan berbagai macam desain-desain unik dan estetik.

5. Tidak mudah berkarat dan tahan terhadap cuaca

Aluminium merupakan logam yang sifatnya tahan dengan berbagai macam cuaca, selain itu tahan juga pada korosi karena bahan ini menghasilkan lapisan oksida sendiri yang mana bisa melindungi dirniya sendiri dari korosi, percikan, maupun berbagai macam udara. Sebab itulah aluminium ini merupakan bahan yang aman dan juga ramah untuk digunakan.

6. Tidak mudah keropos karena tahan terhadap serangan rayap

Aluminium tidak seperti kayu yang mudah sekali dimakan oleh rayap, sehingga bahan dari aluminium akan lebih awet dikarenakan tidak akan ada penyusutan maupun kerusakan pada barang yang berbahan dasar dari aluminium.

7. Perawatan lebih mudah dan murah

Merawat sesuatu yang berbahan dasar aluminium ini lebih mudah dan tentunya murah dikarenakan untuk perawatannya sendiri cukup dibersihkan menggunakan lap yang lembut  dan air saja. Meskipun demikian hal itu juga tidak akan mempengaruhi warna maupun ketahanan dari aluminium itu sendiri. Bisa juga dengan menggunakan cairan pembersih dan jangan lupa dikeringkan menggunakan lap yang kering.

8. Harganya lebih terjangkau

Harga bahan aluminium lebih murah dan terjangkau daripada kayu. Pembuatan dan pemasangan aluminium sendiri juga lebih mudah dan murah dibandingkan dengan kayu yang harganya bisa lebih dari dua kali lipat harga aluminium.

Dengan demikian, aluminium menjadi bahan yang cocok digunakan dalam konstruksi karena berbagai macam keberfungsian dan kebermanfaatan yang bisa diambil baik dari segi bahannya sendiri, perawatan, bahkan juga harganya yang ramah dikantong para pembeli dan yang paling penting bahan ini sangat ramah lingkungan karena bisa didaur ulang ketika besok sudah tidak terpakai lagi. Untuk itu jangan terlalu pusing untuk mempertimbangkan bahan yang cocok untuk konstruksi bangunan ataupun rumah anda.

Baca Juga: MENGENAL MATERIAL PINTU LIPAT PVC, ALUMINIUM, DAN KAYU

Rekomendasi Supplier Aluminium Konstruksi

Bagi anda yang membutuhkan supplier aluminium konstruksi yang terpercaya, Anda bisa mengunjungi website CV. Jaya Makmur Abadi. Perusahaan ini merupakan perusahaan kontraktor yang terkemuka yang dibuktikan dengan kiprahnya selama lebih dari 16 tahun melayani dengan profesional dan terpercaya. Produk-produk yang dijual terlengkap, terjangkau, dan tentunya memiliki standar SNI. Kualitas produk yang dijual  menjadi salah satu keutamaan dalam perusahaan ini, sehingga bisa diandalkan untuk segala kebutuhan pelanggannya.

TEMUKAN BAHAN BANGUNAN LAINNYA HANYA DI INDONETWORK


Author

%d bloggers like this: