Saat ini telah banyak rumah yang menggunakan folding door atau pintu lipat menggantikan pintu biasa. Misalnya menggunakan pintu lipat PVC yang mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan pintu kayu pada umumnya.

Selain dapat memberikan nilai estetis rumah, proses pemasangan pintu lipat juga sangat mudah. Sehingga tidak heran banyak orang yang menggunakan jenis pintu ini.

Apa Itu Folding Door?

Folding door atau pintu lipat merupakan pintu yang memiliki mekanisme pembuka berbeda dengan pintu biasa. Pintu lipat dibuka dan ditutup dengan cara dilipat pada setiap bagian atau panelnya.

Kebanyakan pintu lipat juga mempunyai panel pintu yang lebih dari satu dan bisa Anda buka secara keseluruhan. Dengan begitu jenis pintu ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai rumah yang luas.

Material Pintu Lipat

Bahan atau material pintu lipat ini sangat beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi rumah maupun kebutuhan. Berikut ini adalah material yang digunakan untuk pintu lipat.

1. Pintu Lipat Berbahan Alumunium

Jenis pintu lipat yang terbuat dari alumunium cenderung lebih tahan terhadap cuaca. Penggunaan pintu ini juga relatif lebih lama dan bobotnya yang sangat ringan. Sehingga pintu lipat berbahan alumunium sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Pintu lipat ini biasanya sudah dilengkapi dengan rangka yang dilapisi oleh cat. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mewarnainya.

Kualitas alumunium ini tentu lebih bagus dibandingkan kayu yang akan membusuk jika dibiarkan terlalu lama. Bahkan sudah tidak dapat digunakan lagi ketika sudah terkena rayap.

Sementara pintu lipat yang terbuat dari bahan alumunium sangat fleksibel Anda gunakan. Anda bisa memakainya di dalam maupun luar ruangan.

2. Pintu Lipat PVC

Pintu lipat yang terbuat dari bahan PVC ini sangat cocok Anda gunakan jika memiliki budget yang terbatas. Selain harganya yang relatif murah, perawatan untuk pintu lipat PVC ini juga tidak menyulitkan.

Namun dari sisi kekuatan, pintu lipat PVC lebih lemah dibandingkan dengan bahan alumunium. Sehingga Anda harus hati-hati ketika menggunakan jenis pintu yang satu ini karena sangat rentan terhadap kerusakan.

3. Pintu Lipat Kayu

Folding Door ini juga ada yang terbuat dari material kayu. Material ini akan membuat pintu lipat menjadi lebih estetis dan memberikan kesan mewah terhadap rumah Anda.

Pintu lipat yang terbuat dari kayu memang bisa membuat banyak orang terlirik. Selain itu suasana yang ada di dalam ruangan Anda juga akan terasa lebih alami ketimbang menggunakan pintu lipat berbahan alumunium ataupun PVC.

Namun kelemahan dari material kayu ini tidak tahan lama, apalagi jika berada di tempat yang lembab. Pintu kayu akan lebih mudah mengalami keropos dan terkena rayap.

Meskipun begitu, Anda bisa meminimalisir terjadinya kerusakan dengan menggunakan cat berkualitas. Anda bisa menggunakan jenis cat kayu yang ada di pasaran supaya kayu tersebut terhindar dari rayap.

Namun jika dilihat dari kekuatannya, folding door yang terbuat dari kayu relatif lebih kuat dibandingkan dengan bahan PVC. Namun jika Anda ingin mempunyai pintu yang tahan lama, kami sarankan untuk menggunakan jenis pintu lipat yang terbuat dari bahan alumunium.

Itulah sedikit penjelasan mengenai folding door atau pintu lipat yang perlu Anda ketahui. Bila memiliki budget yang terbatas, kami sarankan untuk beli pintu lipat PVC saja meskipun sangat rentan mengalami kerusakan. Namun jika untuk keperluan di dalam ruangan, pintu ini masih sangat cocok Anda gunakan.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks