Indonetwork, Peralatan Industri – Timbang gantung atau crane scale merupakan jenis timbangan yang begitu bermanfaat untuk kehidupan keseharian Anda. Timbangan jenis ini sudah dilengkapi dengan fitur teknologi digital dengan berbagai jenis pengait kelas F1 sehingga telah memiliki standard heavy equipment atau alat berat.

Cara kerja pada timbangan gantung juga terbilang sederhana, karena hanya memerlukan loadcell S atau hook yang dapat mengubah data analog menjadi digitalisasi. Ini akan dengan mudah Anda baca melalui layar display atau indicator sebagai hasil muatan yang telah Anda timbang.

Jenis timbangan gantung ini pada umumnya mampu mencapai kapasitas mulai dari 50 ton hingga kurang lebih 100 ton atau 90.718.500 gram sesuai dengan kebutuhan dan kapisitas muatan yang ingin diukur beratnya. Bahan dasar atau baku pembuatan timbangan ini terbuat dari bahan logam seperti stainless steel ataupun besi solid.

Timbangan ini juga telah dilengkapi system charging yang dapat bertahan lebih lama hingga mencapai sekitar 50 jam, lho!

Baca Juga: Jenis-Jenis Load Cell Timbangan dan Fungsinya

Kelebihan Timbangan Gantung

rekomendasi timbangan gantung terbaik 2023
Sumber: Hargaweb.Id

Meskipun tidak seperti saat menggunakan timbangan lantai yang tinggal diletakan karena dilengkapi dengan platform sebagai tempat meletakkan barang, namun menggunakan timbangan gantung sangat mudah. Anda hanya perlu menggantungkan pada pengait yang telah tersedia.

Dengan demikian, barang tersebut tidak bersentuhan secara langsung dengan badan timbangan yang dapat membuat goresan pada badan timbangan. Timbangan jenis ini dapat diandalkan untuk menimbang muatan hasil laut, karena paparan air laut lebih sedikit dan dapat menghindari timbangan dari korosi.

3 Cara Memilih Timbangan Gantung

Meski semua timbangan gantung terlihat sama, namun untuk mendapatkan timbangan gantung yang memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan Anda, perlu perhatian, nih. Berikut beberapa tips memilih timbangan gantung.

Periksa Kapasitas Maksimum Timbangan

Kapasitas maksimum beragam yang dimiliki tiap jenis timbangan gantung berbeda. Anda sebaiknya memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan. Semakin besar kapasitas timbangan, biasanya semakin tinggi pula harga yang dijualkan pada pasaran.

Untuk mengurangi pemborosan, Anda perlu mengestimasi kapasitas dengan memilih yang tidak terlalu kecil atau terlalu mendekati muatan barang. Timbangan yang sering mengalami overload perhitungan dapat mudah merusak sistem hitung pada timbangan.

Tentukan Jenis Timbangan Berdasarkan Tampilan Pengukur

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: Timbangangantung.co.id

Anda juga perlu menentukan jenis timbangan analog, manual, atau digital dengan memahami beberapa karakteristik dari keduanya. Biasanya timbangan analog tidak memerlukan energi baterai karena menggunakan sistem pegas dengan mekanis dan terdata pada indikator yang berupa jarum dan penanda sejenis jarum. Timbangan manual memerlukan perawatan dengan biaya yang relatif terjangkau meskipun terkadang tingkat akuratnya masih pada kategori standard dengan kapasitas terbatas.

Pada jenis timbangan digital, hasil yang diperoleh atas muatan barang yang Anda hitung dapat lebih akurat dengan menunjukan angka desimal. Design dan bentuk pada timbangan digital lebih bervariatif karena mengikuti perkembangan teknologi dengan berbagai kapasitas muatan beragam. Anda juga dapat menggunakan timbangan jenis ini untuk mengukur barang kecil seperti emas atau barang sebesar kontainer dengan relatif harga timbangan yang lebih tinggi mengingat timbangan ini masih membutuhkan tenaga baterai untuk pengoperasiannya.

Baca Juga: 4 Kegunaan Timbangan Lantai untuk Keperluan Usaha

Perhatikan Satuan Berat Timbangan

Tidak ada salahnya bila Anda memperhatikan dan mempelajari satuan berat yang disediakan pada timbangan. Karena biasanya untuk menggunakan timbangan, terdapat satuan kilogram namun, ada juga yang menggunakan ukuran timbangan dengan berat seperti pon, oz, dan lain sebagainya. Sehingga, perhitungan timbangan mampu membantu Anda membaca satuan konversi dengan baik dan tepat.

10 Rekomendasi Timbangan Gantung Terbaik

Sudah simak tips memilih timbangan gantung di atas? Selanjutnya Anda bisa mencatat beberapa timbangan gantung berikut untuk referensi sebelum membeli.

Timbangan Gantung Mini Portable DIGI SCALE|WH-a08

Dengan kisaran harga mulai dari Rp30.000, Anda dapat menggunakan timbangan gantung mini ini yang sudah dilengkapi dengan satuan berat seperti Lbs, Kg, Di, dan Oz.

Timbangan ini juga berfungsi sebagai penguncian dan alarm pengingat daya. Timbangan ini juga telah dilengkapi dengan LCD besar untuk mengetahui hasil muatan yang telah Anda hitung.

Timbangan Gantung Mini 50 Kg Ekonomis|177 – 04E

Dengan harga pasaran mulai dari Rp75.000, Anda telah memiliki timbangan dengan design yang simoel dan memiliki beraneka ragam warna trendi. Timbangan ini didesain seperti  memiliki tombol wajah yang sedang tersenyum. Sangat unik dan keren digunakan untuk kalangan milenial, lho!

Timbangan Gantung Jarum Manual|Panda Scale

Harga pasaran yang dijualkan timbangan ini mulai sekitar Rp85.000. Dengan fasilitas yang dimiliki berupa beberapa pilihan kapasitas muatan mulai dari 25 kg hingga 150 kg dengan menyesuaikan kebutuhan Anda. 

Timbangan Gantung 300 Kg|DLE

Produk ini dapat menjadi pilihan apabila Anda membutuhkan timbangan dengan mode penghematan daya baterai. Produk ini juga telah dilengkapi dengan lampu blacklight yang dapat menyala dan padam secara otomatis. Anda dapat membeli produk ini pada kisaran harga Rp650.000.

rekomendasi timbangan gantung
Sumber: Lazada.co.id

Timbangan Gantung Manual 50 Kg

Timbangan ini telah didesain dengan petunjuk angka yang dapat naik dan turun dengan pemakaian yang mudah dan tidak mudah rusak. Desainnya didukung oleh material logam yang simpel dan kuat. Memiliki dua satuan berat yaitu kg dan Ibs. Anda dapat memperoleh timbangan ini dengan harga pasaran mulai dari Rp22.000.

Timbangan Gantung Manual 110 kg|Dacin

Jenis timbangan satu ini cenderung classic to modern. Dengan fasilitas pipa yang terbuat dari kuningan sehingga, awet untuk dimiliki dengan angka data timbangan jelas dan tidak mudah pudar. Anda dapat menemui timbangan ini dengan harga kisaran mulai dari Rp400.000.

Timbangan Koper Digital – Silver|Passport

Ukuran dan desain yang kecil mudah dibawa dan disimpan para traveler keren seperti Anda. Anda juga dapat menghindari kelebihan bagasi tanpa dikenakan biaya tambahan apabila memiliki timbangan jenis ini.

Anda dapat menaruhnya pada saku celana, namun tetap mampu mengukur kapasitas muatan hingga 50 kg. Anda dapat menemukan timbangan koper digital dengan harga mulai dari Rp150.000.

Hanging Scale Function 30 Kg W/ Tera|Krisbow

Dengan tampilan ganda dapat menghitung total harga sekaligus bila menggunakan timbangan satu ini. Timbangan ini sangat bermanfaat untuk menimbang buahan, sayur mayur dan makanan lainnya karena telah dilengkapi dengan mangkuk untuk meletakkan barang yang hendak dihitung muatannya.

Dengan material stainless yang tentunya lebih higienis dan tahan terhadap karat. Anda dapat menjumpai timbangan satu ini dengan harga mulai dari Rp1.620.000.

Timbangan Gantung 1 Ton|ART : 177 – 11 Nankai

Merupakan salah satu produsen timbangan yang menyediakan banyak pilihan produk. Timbangan gantung ini dapat menghitung kapasitas muatan hingga 1 Ton yang dapat Anda gunakan seperti untuk menghitung muatan pada beras, pupuk ataupun barang pertanian lainnya. Anda dapat menemukan produk ini dengan kisaran harga pasaran mulai dari Rp. 3.150.000.

Prohex Timbangan Gantung 100 Kg|Hasston

Produk ini memiliki struktur rangka dengan kualitas kokoh dan kuat karena terbuat dari bahan kualitas tinggi yang dapat Anda gunakan untuk menghitung muatan daging atau ikan setiap hari. Design yang dimiliki juga praktis dan portable dengan harga pasaran mulai dari Rp165.000.

Demikianlah karakteristik dan fitur-fitur yang dimiliki oleh beberapa jenis timbangan gantung mini dan modern diatas. Anda juga dapat memiliki dan membeli timbangan gantung mini pada Cipta Indo Teknik karena disana jual timbangan gantung digital dengan harga yang terjangkau dengan kualitas terpercaya.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks