Indonetwork, Peralatan IndustriLoad cell timbangan adalah sebuah sensor khusus yang digunakan dalam timbangan untuk mengukur beban atau berat dari suatu objek. Load cell bekerja berdasarkan prinsip perubahan resistansi atau tegangan ketika diberikan tekanan atau beban.

Ketika objek ditempatkan di atas timbangan, beban yang diterapkan pada load cell menyebabkan perubahan resistansi atau tegangan yang proporsional dengan beban tersebut.

Apabila dalam timbangan listrik, load cell berperan sebagai elemen sensor utama yang mendeteksi perubahan beban dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang dapat diolah oleh perangkat elektronik dalam timbangan. Load Cell memiliki beberapa jenis dan cara menggunakannya. Berikut ini ulasannya.

Load Cell Bending Beam

load cell bending beam
Sumber: bosche.eu

Load cell tipe bending beam, juga dikenal sebagai cantilever load cell, dirancang untuk menerima beban yang diterapkan pada ujungnya. Alat ini sering digunakan dalam timbangan platform dengan platform yang datar, dan beban yang diterapkan menyebabkan lenturan pada load cell.  Jenis ini umumnya digunakan dalam aplikasi industri, timbangan drum, atau timbangan suspensi.

Load Cell Compression & Tension

Load cell tipe compression dan tension dapat menerima beban tekanan (compression) dan beban tarikan (tension).  Model load cell ini  sering digunakan dalam aplikasi di mana beban dapat bervariasi antara tekanan dan tarikan, seperti dalam sistem pengangkatan dan penarikan beban.

Load Cell Double Ended Beam

Load cell tipe double ended beam memiliki dua titik pengukuran beban pada kedua ujungnya. Alat ini dirancang untuk digunakan pada timbangan industri atau timbangan besar lainnya yang memerlukan daya dukung yang tinggi dan presisi yang baik.

Load Cell High Capacity Compression

Load cell tipe high capacity compression dirancang untuk menangani beban yang sangat berat. Ini cocok digunakan dalam timbangan truk dan aplikasi industri lainnya yang membutuhkan kapasitas beban tinggi.

Load Cell Pancake

Load cell tipe pancake memiliki bentuk datar seperti pancake dan sering digunakan dalam aplikasi industri yang memerlukan pengukuran beban dalam bidang datar. Jenis ini cocok untuk digunakan di bawah platform timbangan atau sistem penimbangan dengan ruang terbatas.

Load Cell S Type

Load cell tipe S memiliki bentuk seperti huruf “S” dan dirancang untuk berbagai aplikasi timbangan dan sistem penimbangan. Biasanya digunakan dalam aplikasi dengan berat yang bervariasi atau ketidakpastian dalam titik beban.

Load Cell Shear Beam

Load cell tipe shear beam dirancang untuk menerima beban yang diterapkan secara sejajar dengan panjang load cell. Model ini sering digunakan dalam timbangan lantai (floor scale) dan timbangan truk.

Load Cell Single Point

Load cell tipe single point memiliki desain yang cocok untuk timbangan dengan platform datar.  Tipe ini memiliki satu titik pengukuran beban pada bagian tengahnya, dan cocok untuk objek dengan berat yang didistribusikan secara merata di atas platform timbangan.

Load Cell Special

Load cell tipe special adalah kategori yang mencakup load cell dengan desain khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi tertentu. Ini bisa termasuk load cell khusus untuk aplikasi medis, ruang terbatas, lingkungan ekstrem, atau aplikasi dengan persyaratan khusus lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan Timbangan Lantai dengan Mudah

Fungsi Load Cell Timbangan

jenis-jenis load cell timbangan
Sumber: Quality Magazine

Fungsi load cell dalam timbangan sangat penting dan krusial untuk melakukan pengukuran berat secara akurat. Berikut adalah beberapa fungsi utama load cell dalam timbangan:

Pengukuran Berat

Fungsi utama load cell adalah mengukur beban atau berat dari objek yang ditempatkan di atas timbangan. Alat ini berfungsi mengubah beban yang diterapkan kepadanya menjadi sinyal listrik yang dapat diolah untuk memberikan nilai berat dalam bentuk angka.

Akurasi dan Ketepatan Pengukuran

Load cell timbangan berguna untuk memastikan akurasi pengukuran berat dan memiliki sensitivitas tinggi sehingga dapat mendeteksi perubahan berat yang sangat kecil, memberikan hasil yang lebih akurat.

Tampilan Digital

Fungsi lain  load cell adalah memungkinkan hasil pengukuran berat ditampilkan secara digital pada layar timbangan. Hal ini memudahkan pengguna untuk membaca dan mencatat berat objek dengan jelas.

Berbagai Kapasitas Beban

Selain itu load cell memiliki berbagai kapasitas beban. Mulai dari beberapa kilogram hingga ton, memungkinkan penggunaan dalam berbagai aplikasi dengan berat beban yang berbeda-beda.

Penggunaan di Berbagai Jenis Timbangan

Load cell dapat digunakan dalam berbagai jenis timbangan, seperti timbangan industri, timbangan lantai, timbangan truk, timbangan laboratorium, dan timbangan komersial lainnya.

Pembacaan Cepat

Mampu memberikan pembacaan berat yang cepat, sehingga proses timbangan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif.

Daya Tahan

Load cell terbuat dari bahan yang tahan terhadap beban dan lingkungan yang keras, sehingga mampu bertahan dalam kondisi operasional yang berat.

Otomatisasi Proses

Load cell digunakan dalam banyak sistem otomatisasi, seperti di industri makanan dan minuman, manufaktur, dan sektor logistik, untuk melakukan pengukuran berat secara otomatis dalam aliran produksi.

Baca Juga: Tips Perawatan Dust Collector agar Awet dan Bekerja Optimal

Rekomendasi Load Cell Terbaik

Beberapa keunggulan keunggulan load cell timbangan adalah dapat menyimpan secara maksimum pengukuran yang dinyatakan dalam persen terhadap kapasitas maksimal (non-linearity and hysteresis). Selain itu load cell tersedia dalam berbagai kapasitas beban, mulai dari beberapa kilogram hingga ton, memungkinkan penggunaan dalam berbagai aplikasi dengan berat beban yang berbeda.

Maka dari itu untuk memudahkan Anda mendapatkan alat load cell terbaik maka dapat memilih suplier atau distributor jual load cell timbangan dengan kualitas terbaik dan terpercaya di Indonesia, salah satunya CV. Cipta Indo Teknik. Itulah sekilas ulasan mengenai jenis jenis load cell timbangan, fungsi, dan beberapa keunggulannya. Semoga bermanfaat.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks