Salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan pasien adalah ruang operasi, kehadirannya memang semakin penting dalam melengkapi kebutuhan rumah sakit. Ruangan operasi seharusnya selalu siap untuk menerima berbagai kasus mendesak yang terjadi, seperti operasi untuk korban kecelakaan dan kasus lainnya.

Saat ini sudah mulai banyak rumah sakit di Indonesia yang menggunakan sistem MOT untuk mengupgrade standar fasilitas ruang operasinya, sehingga dengan pemasangan fasilitas terbaru ini pihak rumah sakit dapat meningkatkan minat pasien untuk memilih pelayanan terbaik sesuai kebutuhannya. Mungkin bagi beberapa orang, informasi mengenai sistem MOT masih jarang terdengar, berikut fakta yang dapat Anda ketahui dari sistem MOT

Apa itu sistem MOT?

MOT atau Modular Operating Theater merupakan sebuah sistem pada fasilitas rumah sakit yang berfungsi agar sistem ruang operasi atau ruang penanganan berjalan secara efektif dan efisien. Modular Operating Theater dirancang dan terintegrasi oleh satu kontrol panel dengan tata ruang yang sesuai standar, di dalamnya mencakup lampu ruangan, pintu hermetic, dan juga sistem tata udara ruangan sehingga peralatan listrik, sistem gas medis dan perlengkapan pencahayaan juga mampu terkontrol dalam satu panel yang sama.

Pemasangan MOT merupakan standar baru dalam pembangunan ruang operasi di seluruh dunia dengan mengedepankan estetika ruangan yang terkesan menakutkan menjadi lebih menarik, selain itu material pendukung dibuat lebih cerah dan beberapa material terbuat dari kaca yang dilapisi gambar di dalamnya sehingga selain meningkatkan nilai estetika, ruang ini memiliki tingkat higienis yang tinggi baik untuk perawat maupun pasien

Terbentuknya sistem MOT merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat menyeluruh dalam penggunaannya sehingga petugas di ruang operasi akan lebih mudah mengoperasikan keadaan dibanding melakukannya secara manual. 

Baca juga:  Fungsi Panel Listrik Untuk Berbagai Keperluan Industri

Komponen Utama dalam Ruang operasi MOT

Komponen Utama dalam Ruang operasi MOT
Sumber: Istockphoto

Sistem ruang bedah MOT yang berstandar nasional dibuat lebih steril dan berkualitas sehingga penggunaanya lebih maksimal baik pada perawat maupun pasien. Ruangan berstandar nasional ini memiliki berbagai macam komponen lengkap yang dibutuhkan dokter maupun perawat, biasanya pemasangan fitur yang harus ada terdiri dari:

Pintu Hermetic

Pintu ini dirancang secara khusus untuk area rumah sakit dan laboratorium. Pintu dapat menutup rapat secara otomatis dan biasanya ditambahkan pelapis anti-radiasi sehingga tidak ada celah udara yang akan masuk melalui seh-sela pintu

HVAC

Kepanjangan dari Heating, Ventilation, dan Air-Conditioning atau biasa digunakan sebagai tata udara yang menentukan suhu dan kelembaban udara dalam ruangan. Alat ini berguna untuk menyaring udara dari kuman dan zat-zat lain sehingga menjadikan ruang operasi lebih higienis dan tidak terkontaminasi oleh virus dari luar, karena laminar air flow di letakkan di atas meja operasi menjadikan udara terjamin kebersihannya

Sandwich Panel Wall 

Biasanya material ini terdiri dari tiga jenis lapisan bahan yang diratakan menjadi satu, bahan ini digunakan sebagai lapisan dinding atau atap bangunan pada ruang operasi. Selanjutnya pada bagian dinding ruang operasi akan dilapisi oleh cat anti bakteri dengan bahan yang tahan panas. 

Vinyl Lantai Khusus

Umumnya lantai pada ruang operasi akan tahan terhadap goresan, anti bakteri, anti static, anti jamur,dan juga cairan seperti darah. Karpet lantai ini dibuat tidak mudah menyerap kotoran saat jatuh pada permukaan lantai sehingga pengunjung atau pasien merasa nyaman

Lemari Instrument

Alat ini terbuat dari stainless steel yang berkualitas, biasanya digunakan untuk menyimpan alat-alat operasi seperti instrumen bedah yang kebersihannya sangat dijaga agar tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri lain.

X-Ray Viewer

Sebuah mesin Sinar X yang ini dilengkapi dengan lampu LED dan dilapisi stainless steel menjadikan desainnya lebih menarik dan modern

Scrub Station

Merupakan tempat cuci tangan para dokter bedah setelah melakukan operasi atau pemeriksa, biasanya alat ini dilengkapi dengan sensor khusus untuk menunjang ruang operasi yang steril dan higienis.

Pass Box

Merupakan penyangga barang dari ruang steril yang akan dipindahkan dari bagian dalam ruangan atau sebaliknya

Control Panel System

Sistem ini digunakan untuk mengendalikan lampu, AC, penunjuk waktu dan indikator lain agar penggunaannya tetap steril

Gas dan Power Connection

Indikator listrik dan gas merupakan perlengkapan yang digunakan sebagai penunjang alat-alat operasi

Kelebihan MOT pada Ruang Operasi

Kelebihan MOT pada Ruang Operasi
Sumber: Istockphoto

Kelebihan yang diberikan pada pemasangan sistem MOT selain hanya dilakukan dengan satu kontrol panel, hal menarik lainnya pada ruang operasi yaitu:

  • Memberikan kenyamanan bagi perawat dan pasien
  • Memberikan ruang yang lebih aman, steril dan terisolasi sehingga terbebas dari kuman
  • Kamar operasi dengan partisi dari stainless steel 
  • Kaca anti bakteri dan menggunakan dengan sistem tata udara AHU (Air Handling Unit) yang memastikan positive pressure kamar operasi selalu terjag
  • Memudahkan dan mempercepat pekerjaan

Pemasangan MOT Sesuai instruksi kementerian Kesehatan RI

Baca juga: Mengenal Ruang Isolasi Covid-19

Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2012 telah menetapkan standar desain ruang operasi MOT misalnya dinding dan plafon harus terisolasi panel PUF, EPS atau stainless steel. Selain itu terdapat standar nasional ruangan operasi untuk memenuhi persyaratan yang harus dipatuhi oleh setiap rumah sakit agar meminimalisir adanya gangguan teknis, seperti:

  • Dinding harus mudah dibersihkan, tahan cuaca, tahan bahan kimia, tidak berjamur dan anti bakteri.
  • Tidak ada pori-pori pada lapisan penutup dinding, sehingga dinding tidak menyimpan debu
  • Warna dinding cerah tetapi tidak mengganggu kinerja dokter maupun perawat
  • Penyekat antara dinding mudah dibersihkan untuk melancarkan arus aliran udara.
  • Apabila dinding memiliki sambungans seperti bahan melamin, maka sambungan diantaranya harus di-seal dengan silicon anti bakteri
  • Alternatif lain bahan dinding yaitu dinding sandwich galvanis, yang dicari dengan anti bakteri
  • Bahan dinding harus keras, tahan api, kedap air, tahan karat, tidak punya sambungan, dan mudah dibersihkan. 

Kamar operasi yang baik juga harus memenuhi syarat pembangunan mulai dari letak ruangan, bentuk ukuran tempat tidur pasien, sistem ventilasi, sistem penerangan, peralatan, pembagian area dan air bersih yang tersedia.

Selain meningkatkan nilai estetika pada ruang operasi, pemasangan sistem MOT dapat menunjang keamanan dan tingkat higienis yang tinggi untuk mendukung pelayanan dalam rumah sakit yang mengutamakan kualitas pelayanan pada pasien.

Pentingnya sistem MOT untuk ruang operasi perlu diterapkan segera pada rumah sakit yang terintegrasi dengan baik dan memiliki standar pasien kelas atas, karena pada umumnya rumah sakit dengan standar internasional telah mengaplikasikan alat ini sebagai peningkatan fasilitas kedokteran.


Author

%d bloggers like this: