Indonetwork.co.id (Surabaya) – Sukses menggelar Kreatifood 2018 tahun lalu, Badan Ekonomi Kreatif kembali memberikan dukungan terhadap para pelaku kreatif Indonesia khususnya dibidang kuliner melalui kegiatan Fasilitasi Pelaku Kreatif pada Kreatifood Festival 2019.

Kreatifood ini merupakan hasil kolaborasi Bekraf melalui Deputi Pemasaran khususnya Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri bekerja sama dengan Deputi Akses Permodalan dan Perkumpulan FoodStartup Indonesia untuk mempromosikan produk-produk hasil kurasi dari kegiatan FoodStartup Indonesia.

Baca juga: Selain Kualitas Ikan, Andro Marine Tawarkan Sistem Pembayaran Menarik

Setelah hadir di 4 kota sebelumnya yaitu Medan, Semarang, Mataram dan Malang, Bekraf kini menyelenggarakan Sosialisasi Kreatifood 2019 di kota Pahlawan, Surabaya. Bekraf mengadakan acara tersebut di Wyndham Surabaya, Jl. Basuki Rahmat No.67 – 73, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Selain Bekraf dan Perkumpulian FoodStartup Indonesia, acara ini juga diselenggarakan berkat kolaborasi dengan Foodlab Indonesia. Bonnie Susilo selaku Founder Foodlab Indonesia yang hadir sebagai narasumber menjelaskan lebih lanjut mengenai acara ini kepada para peserta.

“Badan Ekonomi Kreatif akan mengkurasi produk kuliner yang tujuannya untuk mempertemukan mereka dengan akses permodalan dan calon investor. Setelah mempertemukan dengan akses permodalan, Bekraf mempertemukan pelaku ekraf dengan akses pemasaran lewat Kreatifood,” ujar Bonnie.

Sosialisasi Kreatifood 2019 adalah salah satu upaya Bekraf untuk mengembangkan ekosistem subsektor kuliner di Indonesia. Dengan adanya Kreatifood, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner dapat terfasilitasi dan memperluas pasar produk kreatif Indonesia di pasar domestik hingga tercipta titik temu transaksi jual beli antara produsen dan konsumen.

Baca juga: Vacpack Indonesia Tawarkan Kemasan Sesuai Keinginan

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membentuk ekosistem yang positif bagi perkembangan ekonomi kreatif yang tersinergi antara pemerintah, pelaku kreatif, investor, calon konsumen dan masyarakat.

Kreatifood merupakan program Bekraf yang sukses diselenggarakan sejak tahun 2016. Program Bekraf yang satu ini dikhususkan untuk para pelaku ekraf di bidang kuliner. Subsektor kuliner yang menjadi fokus utama acara Kreatifood memang menyumbangkan dana yang cukup besar untuk PDB di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Jufry selaku Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Retail Dalam Negeri dalam sambutannya membuka acara sosialisasi Kreatifood 2019.

“Kami mempunyai perhatian besar terhadap kuliner. Bukan berarti yang lain tidak penting. Namun kuliner telah menyumbangkan Rp382 Triliun dalam PDB. Kuliner juga telah memberi lapangan kerja hamper 8 juta masyarakat. Kreatifood merupakan satu upaya kami untuk mengembangkan inovasi di bidang kuliner,” ujar Muhammad Jufry.

Selain Bonnie dan Muhammad Jufry, narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Syaifullah selaku Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, dan Reza Ahmad selaku perwakilan dari Accelerice.

Di Surabaya, acara Sosialisasi Kreatifood 2019 sedikitnya mendatangkan 251 pelaku ekraf subsektor kuliner. Acara sosialisasi ini mengantarkan para peserta untuk menuju acara utama yakni Kreatifood Expo 2019 yang akan diselenggarakan di Ciputra World Surabaya Mall, pada tanggal 5-7 Juli 2019.

Pada Kreatifood Expo 2019, nantinya akan ditampilkan 200 booth yang terbagi ke dalam 5 zona yaitu: zona ready to eat, zona ready to drink, zona ingredients, zona food service, dan zona food innovation.

sumber: Bekraf