Indonetwork, Peralatan Industri – Terpal merupakan salah satu barang yang penggunaanya tidak pernah lekang dalam kebutuhan sehari-hari. Biasanya terpal digunakan pada acara hajatan di bagian dapur sebagai dapur darurat. Bisa juga ditemui ketika ada perkemahan untuk membuat tenda atau menutupi lapisan tenda terluar, seringkali juga kita temui di mobil-mobil bak atau truk yang mengangkut muatan.

Banyaknya kegunaan bagi kehidupan dan sifat multifungsinya, membuat kita membutuhkan terpal yang tahan lama dan berkualitas baik untuk bisa digunakan berulang-ulang kali.

Bahan Dasar Terpal

terpal di luar ruangan
Sumber: Pixabay

Pernahkah Anda berpikir sebenarnya terpal sebesar ini apa sih bahan dasarnya apakah hanya plastik saja? Tetapi kenapa bisa awet, tahan lama, dan tahan juga dari rembesan air ?

Terpal merupakan barang yang terbuat dari berbagai macam bahan tergantung dari jenis- jenisnya. Ada yang terbuat dari PVC, jaring polietilen, ada kanvas, vinyl, nilon, dan masih banyak lagi. Pemilihan bahan tersebut bergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya saja bahan kanvas cocok digunakan di tempat indoor atau bahan pvc yang cocok digunakan untuk area outdoor karena tahan dari rembesan air. Sedangkan bahan plastik lebih cocok digunakan sebagai alas, seperti alas budidaya ikan.

Baca Juga: KENALI JENIS TERPAL DAN KEGUNAAN NYA

Perbedaan Terpal Import dan Terpal Lokal

tenda terpal
Sumber: Pixabay

Setelah mengetahui bahan-bahan dasar tersebut, lantas apa yang membedakan terpal impor dengan yang lokal? Manakah yang harus kita pilih ketika membeli? Apakah kualitas keduanya sama? Berikut beberapa ulasannya untuk Anda.

1. Terpal Impor

Terpal Import
Sumber: Walden Labs

Produk terpal impor tentunya sangat banyak sekali beredar di pasaran. Beberapa merek dari luar diantaranya seperti, Orchid, Royal Crown, Lotus, Oriental yang berasal dari Korea. Meskipun demikian, banyak supplier juga yang memilih mengambil produk impor terutama yang paling dikenal masyarakat yakni produk dari China dikarenakan banyak sekali barang-barang plastik yang diproduksi oleh China.

Produk impor rata-rata dibuat dari hasil daur ulang, sehingga memiliki kode HDPE (ramah lingkungan). Dikarenakan bahan materialnya daur ulang, sehingga harga yang ditawarkan relatif murah. Tekstur dari produk import berbeda karena dilapisi dengan lilin diatasnya, hal ini juga menyebabkan warna produk import tidak begitu cerah atau sedikit keruh.

Namun, bau yang dihasilkan dari produk ini lebih menyengat karena merupakan hasil daur ulang. Selain itu, elastisitasnya kurang sehingga lumayan susah untuk dilipat. Dengan demikian, memilih produk impor harus lebih berhati-hati dikarenakan bahan dasar yang dibuat belum tentu cocok dengan musim di Indonesia, apalagi kini cuacanya tidak menentu terkadang hujan, terkadang panas sekali.

2. Terpal Lokal

Terpal Murah
Sumber: Nelson Contracting LLC

Terpal lokal memiliki kualitas yang setara dengan terpal import. Beberapa merek yang terkenal seperti cap gajah, sinar mas, Sakura, dsb.

Perbedaan produk lokal dengan produk impor terletak pada kodenya, produk lokal memiliki kode PE yang artinya merupakan bahan material yang digunakan untuk produk itu adalah polyetilen. Secara bau dikarenakan bahan materialnya baru, maka baunya tidak semenyengat produk impor. Elastisitas yang dimiliki produk lokal lebih tinggi karena materialnya yang baru bukan hasil daur ulang. Material baru juga menyebabkan warna pada terpal lokal lebih mencolok ketimbang yang import.

Bagi pebisnis yang sering menggunakan produk ini untuk kebutuhan perusahaan atau instansinya pasti bisa membedakan dari segi tekstur antara lokal dengan impor.  Keduanya memiliki tekstur yang berbeda, mengingat bahan dasar mereka juga berbeda. Secara harga dikarenakan material yang digunakan adalah material baru, maka bisa dikatakan relatif lebih mahal, tetapi bisa juga dikatakan setara dengan produk impor.


Setelah mengetahui perbedaanya tentunya pilihan kembali pada kemantapan hati dan kebutuhan Anda. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan pula bahan dasar yang digunakan untuk bisa mengukur ketahanan terhadap musim di Indonesia yang tidak menentu.

Tentunya sebagai Warga Indonesia yang baik, memilih produk lokal merupakan bentuk cinta tanah air dan sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan agar produk-produk negeri bisa bersaing dengan produk luar. Apalagi harga produk lokal lebih terjangkau untuk Anda. Anda puas, dompet pun aman. Bagi Anda yang tertarik dengan kualitas produk lokal yang tahan lamanya, berikut kami berikan rekomendasi produsen ternama di Indonesia yang bisa menjadi pilihan.

Baca Juga:  TIPS EFISIEN MEMILIH TERPAL PLASTIK

Rekomendasi Produsen Terpal

Untuk mendapatkan terpal lokal dengan harga terjangkau yang cocok untuk kebutuhan pribadi Anda maupun instansi, CV Cahaya Abadi Terpal memproduksi terpal berkualitas yang bisa Anda custom sesuai ukuran yang diinginkan. Berbagai macam jenis terpal dijual perusahaan tersebut mulai terpal tenda, plastik, tarpaulin, pvc, dan sebagainya.

DAPATKAN BERBAGAI PARALATAN INDUSTRI KEBUTUHAN USAHA ANDA DI INDONETWORK.CO.ID

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks