Indonetwork, Bisnis – Penggunaan terpal plastik sangat akrab dengan perayaan atau kegiatan yang dilakukan di luar ruangan sehingga membutuhkan tenda yang dapat dibangun dengan waktu singkat atau sering disebut dengan tenda hajatan, tenda ini praktis digunakan karena mudah dipasang maupun dibongkar. Di balik penggunaan terpal sebagai tenda hajatan, terpal plastik juga memiliki banyak manfaat lain yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Penggunaan terpal ini dapat menghemat banyak biaya dan ruang penyimpanannya. Tidak hanya sebatas dibutuhkan oleh pelaku usaha atau kegiatan sosial berskala besar, nyatanya terpal plastik juga berguna untuk keperluan perorangan di rumah sendiri, contohnya dapat digunakan sebagai alas menjemur atau penutup sementara atap bocor yang belum sempat diperbaiki.

Manfaat terpal yang begitu banyak dapat lebih efisien digunakan jika dalam memilih jenis-jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan terpal plastik sendiri tidak hanya berdasarkan dari warnanya yang bermacam-macam tetapi juga dari tingkat ketebalan dan bahan pembuatannya, untuk itu dalam artikel ini akan kami sediakan beberapa informasi penting mengenai terpal plastik.

Gambaran Umum Terpal Plastik

Terpal plastik adalah kain dengan ukuran yang lebar dan dibuat dari rajutan benang plastik dan biasanya dilapisi ulang ataupun dilaminating ulang dengan bahan plastik agar tercipta terpal yang tahan terhadap air, angin, dan berbagai macam cuaca.

Jual Terpal Plastik
Sumber: Networldsports.qa

Macam-macam Kegunaan Terpal Plastik

Terpal plastik berguna dalam berbagai kegiatan sehari-hari karena sifatnya yang dapat menahan air , melindungi paparan sinar matahari langsung ataupun melindungi dari debu yang berterbangan.

1. Pelindung

Truk ataupun pickup yang membawa barang dalam perjalanan jarak jauh sangat membutuhkan terpal sebagai pelindung barang yang dibawa agar tidak terkena air hujan, debu, hempasan angin, hilang karena goncangan ataupun kerusakan karena bergesekan dengan benda lain di perjalanan.

2. Alas

Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai atap sementara saja tetapi terpal juga bisa digunakan sebagai alas untuk duduk yang biasa dipakai pedagang kaki lima atau biasa digunakan oleh petani untuk menjemur hasil panen.

3. Bangunan Sementara

Dalam bentuk tenda terpal sangat dirasakan manfaatnya sebagai bangunan sementara yang dapat digunakan di banyak situasi seperti tenda darurat yang dibutuhkan saat terjadi bencana, tenda untuk berjualan pedagang di pinggir jalan ataupun tenda untuk perayaan yang ada di masyarakat seperti acara pengajian maupun pernikahan.

4. Tempat Budidaya di Bidang Perikanan

Terpal yang tahan air banyak digunakan panyak peternak ikan di Indonesia sebagai sarana pemeliharaan, kolam yang dibuat dengan terpal sudah terbukti hemat biaya dan mudah dalam perawatan.

5. Penutup

Biasanya terpal yang lebar dapat digunakan untuk menutupi benda-benda yang berantakan sehingga terlihat lebih rapi dan terhindar dari goncangan angin, paparan debu, maupun kebasahan karena hujan.

Baca Juga : DAFTAR PERTANYAAN YANG PERLU ANDA AJUKAN KEPADA JASA PINDAHAN RUMAH

Aneka Jenis Terpal Plastik

1. Poli (Polyethylene)

Bahan pembuatannya adalah plastic heavy duty, terpal jenis ini tahan air dan ringan jadi sangat cocok digunakan untuk berkemah atau sebagai atap sementara saat renovasi rumah, namun terpal ini tidak tahan lama.

2. Kanvas

Bahannya adalah kain tenun polos mirip dengan polyester dan dilapisi lagi dengan coated menjadikan jenis terpal ini tahan lama, tahan api, dan lebih kebal terkena lecet. Terpal ini cocok dijadikan alas kolam ikan.

3. Vinyl

Terbuat dari bahan molekul etilen yang lebih kuat dari terpal poli. Terpal jenis ini biasanya digunakan sebagai penutup truk atau mobil pick up yang membawa barang di perjalanan jarak jauh.

4. PVC

Terbuat dari bahan polimer termoplastik yang sangat fleksibel dan tahan lama. Karena karakternya yang fleksibel terpal jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan industri seperti pembuatan tas lifting bag, tenda sarnafil, dan sebagainya.

Tebal Terpal Plastik

Tipe terpal juga dapat dibedakan dari ketebalannya, yaitu dari yang paling tipis A2 sampai dengan yang paling tebal di ukuran A20.

  1. A2, Tipe terpal plastik dengan ketebalan paling tipis.
  2. A3, Ketebalannya lebih dari A2, namun masih dalam kategori mudah rusak.
  3. A5, Tipe ketebalan terpal A5 sudah masuk dalam kelas menengah dan lebih tahan lama.
  4. A8, Lebih tebal dan lebih awet lagi dibandingkan dengan A5.
  5. A10, Terpal jenis ini lebih awet, tebal dan tahan air dibandingkan dengan tipe A8.
  6. A12, lebih tebal dari tipe A10 dan aman digunakan untuk alas kolam perikanan.
  7. A15, ketebalan yang hampir sama dengan tipe teratas A20, membuat tipe A15 awet hingga jangka tahunan.
  8. A20, Tipe yang paling tebal ini dapat menahan panas dengan baik.

Baca Juga : CARA PACKING BARANG YANG AMAN DAN ANTI RUSAK

Tips Memilih Terpal Plastik sesuai Kebutuhan

  1. Mengetahui dengan seksama jenis terpal yang dibutuhkan.
  2. Memperkirakan jangka waktu penyimpanan terpal.
  3. Menghitung beberapa sering terpal akan digunakan.
  4. Menghitung dengan teliti luas terpal yang dibutuhkan.
  5. Terpenting adalah utamakan kualitas dan lihat harga terpal setelahnya.

Setelah mengetahui informasi-informasi penting tentang terpal plastik jangan ragu untuk memilikinya di rumah Anda,karena menyimpanya adalah aset penting yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Jika Anda masih ragu untuk membeli terpal plastik karena baru pertama kali mencoba dan takut mendapatkan produk yang tidak berkualitas,  CV. Cahaya Abadi Terpal sudah terjamin dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam mendapatkan kualitas terpal plastik terbaik, tahan lama, dan harga terjangkau.

INFORMASI LAINNYA SEPUTAR AGROBISNIS BISA ANDA DAPATKAN DI INDONETWORK.CO.ID


Author

%d bloggers like this: