Indonetwork, Peralatan Industri – Pressure transmitter, juga dikenal sebagai transduser tekanan, digunakan dalam aplikasi industri untuk mengukur tekanan cairan dan gas dalam peralatan kerja yang berbeda-beda. Pemancar ini merupakan komponen penting dalam proses industri, terutama industri minyak & gas. Komponen ini biasanya digunakan untuk membuat detektor untuk memantau tingkat cairan di berbagai jaringan sistem pipa yang terhubung. Pengukuran dan pemeliharaan tingkat tekanan komponen yang berbeda dalam industri ini sangat penting untuk kelancaran fungsinya karena setiap variasi di atas atau di bawah tekanan yang ditentukan dapat menyebabkan bencana. Pressure transmitter sering digunakan bersama dengan perangkat lain untuk memastikan berfungsinya sistem dengan baik. Pemancar ini dibuat sangat kuat untuk menahan lingkungan ekstrem sehingga meningkatkan penerapannya di berbagai industri. Karena telah menjadi komponen yang vital, kini telah banyak supplier jual pressure transmitter di Indonesia.

Pressure transmitter terutama digunakan untuk mengukur tekanan berbagai cairan juga mengidentifikasi segala jenis kebocoran. Komponen ini semakin banyak digunakan dalam berbagai jenis kegiatan penelitian dan pengembangan di berbagai sektor seperti sektor otomotif dan pesawat terbang. Dalam hal ini, peralatan tersebut digunakan untuk mengukur tekanan bahan bakar, air, udara, dan produk manufaktur lainnya. Sektor makanan dan minuman telah muncul sebagai arena aplikasi baru di mana pemancar tekanan digunakan dalam aplikasi pembuatan bir dan produk susu untuk mengukur titik pembotolan. Jenis sensor baru sedang memasuki pasar. Pressure transmitter juga digunakan dalam banyak bidang dan domain baru untuk memenuhi standar yang baru.

Jenis-jenis Pressure Transmitter

Jual Pressure Transmitter
Sumber: Pharmtech.com

1. Gauge Pressure Transmitter

Instrumen ini merupakan tekanan pengukur yang berhubungan dengan tekanan atmosfer. Jenis pemancar tekanan ini banyak digunakan dalam proses industri karena melibatkan penggunaan cairan dan gas. Kebutuhan untuk menjaga tekanan tetap terkendali membuat gauge pressure transmitter menjadi komponen penting dari industri ini.

2. Absolute Transmitter

Transmitter ini digunakan untuk mengukur tekanan yang berhubungan dengan vakum penuh. Pada dasarnya, media yang diukur ditempatkan di ruang tertutup untuk membuat referensi ke vakum absolut. Absolute transmitter ini umumnya digunakan di area yang menuntut tingkat akurasi yang sangat tinggi.

3. Differential Pressure Transmitter

Jenis transmitter ini umumnya digunakan untuk membandingkan berbagai jenis tekanan. Penerapannya meluas ke aplikasi level dan aplikasi aliran. Pemancar ini telah digunakan untuk mengukur laju aliran karena keunggulannya dibandingkan alternatif yang lain.

Baca Juga: HARGA DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PRESSURE TRANSMITTER

4. Multivariable Pressure Transmitter

Pemancar ini digunakan dalam kasus di mana lebih dari satu variabel yang terlibat. Variabel-variabel ini dapat berupa suhu dan aliran volumetrik di antara variabel-variabel lainnya. Jenis pemancar ini banyak digunakan dalam industri yang melibatkan pengukuran aliran gas dan uap.

Tindakan Pencegahan Kecelakaan pada Pressure Transmitter

Jual Pressure Transmitter Murah
Sumber: Shutterstock.com

1. Memperhatikan Akurasi Pressure Transmitter

Keakuratan pressure transmitter telah meningkat secara substansial dari waktu ke waktu. Akurasi terdiri dari parameter perangkat yang berbeda termasuk linearitas, histeresis, dan pengulangan. Ketiganya merupakan fitur terpenting dari pressure transmitter terlepas dari jenis instrumentasi dan aplikasi yang digunakannya. Sering kali, pabrikan menggabungkan semua parameter ini dan mewakilinya sebagai nilai tunggal. Akurasi ditentukan oleh non-linier, histeresis, non-repeatability, suhu, skala offset nol, dan suhu. Semakin tinggi akurasinya, semakin tinggi harganya. Umumnya, akurasi pemancar tekanan silikon tersebar adalah 0,5 atau 0,25, dan pemancar tekanan silikon kapasitif atau monokristalin memiliki akurasi 0,1 atau bahkan 0,075.

2. Pemilihan Nilai Rentang Pressure Transmitter

Pertama tentukan nilai maksimum dari tekanan terukur dalam sistem. Secara umum, Anda perlu memilih transmitter dengan kisaran tekanan sekitar 1,5 kali lebih besar dari nilai maksimum, atau membiarkan kisaran tekanan normal jatuh pada pemancar tekanan. 1/3-2/3 dari kisaran normal juga merupakan metode yang umum.

3. Memperhatikan Jenis Media Tekanan

Cairan kental dan lumpur akan menghalangi port tekanan. Bahan pemancar tekanan umum yang menghubungi media adalah baja tahan karat 316. Jika media tidak korosif terhadap baja tahan karat 316, maka pada dasarnya semua pressure transmitter cocok untuk mengukur tekanan media. Jika media korosif terhadap baja tahan karat 316, segel kimia harus digunakan, dan pengukuran tidak langsung harus digunakan. Tabung kapiler yang diisi dengan minyak silikon dapat digunakan untuk memandu tekanan, hal ini dapat mencegah pressure transmitter dari korosi dan memperpanjang umur pressure transmitter.

Baca Juga: MENGENAL LEBIH DEKAT MENGENAI PRESSURE TRANSMITTER

4. Memperhatikan Proses Koneksi Transmitter

Umumnya, pressure transmitter dipasang pada pipa atau tangki. Tentu saja, sebagian kecil dari mereka dipasang dan digunakan dengan flow meter. Biasanya ada tiga bentuk pemasangan pemancar tekanan: ulir, flensa, dan klem. Oleh karena itu, sebelum memilih pemancar tekanan, koneksi proses juga harus dipertimbangkan. Jika berulir, perlu untuk menentukan spesifikasi utas. Untuk flensa, perlu mempertimbangkan spesifikasi flensa dari diameter nominal.

Distrubor Jual Pressure Transmitter Indonesia

PT. Pabolak Arta Utama adalah perusahaan yang menyediakan perlengkapan produk & layanan industri seperti control valve cvs, ball valve, chemical pump, saffety valve, instalation lnstrument, calibration instrument, instrumentation supply, perakitan rekayasa matering gas, dan produk serta layanan lainnya. PT. Pabolak Arta Utama adalah juga merupakan distributor jual pressure transmitter Indonesia dengan harga termurah & berkualitas. Perusahaan ini menyediakan pressure transmitter Rosemount 3051 TG3 dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • – Alat Ukur Ketegangan Pressure Transmitter
  • – Max W.P: 800 Psig /55.2 BarG
  • – Supply: 10.5 – 30 VDC
  • – Output: 4-20 mA

Sebagai distributor pressure transmitter Indonesia, perusahaan yang berlokasi di Kemayoran ini tidak hanya menjual pressure transmitter namun juga menyediakan produk lain seperti pneumatic chart recorder dan pressure regulator big joe 630.


Author

%d bloggers like this: