Indonetwork, Tips dan TrikSaat memasuki musim penghujan pasti ada banyak sekali permasalahan yang silih berganti, banjir salah satunya. Seperti yang kita tahu, banjir dapat mengganggu banyak aktifitas sehari hari. Apalagi jika air banjir sudah memasuki rumah. Hujan deras pun bisa menyebabkan terjadinya atap rumah bocor. 

Kebocoran ini seringkali berlangsung pada bangunan yang sudah berumur konstruksinya. Selain kebocoran, masih ada beberapa masalah lain yang jika tidak dicegah akan membuat Anda kesulitan. Berikut ini adalah tips-tips merawat rumah Anda pada saat banjir.

Tips Mengatasi Bocor di atap Rumah

tips mengatasi atap rumah bocor

Banjir sangat mengganggu aktivitas sehari hari, apalagi jika banjir sudah memasuki rumah dengan ketinggian yang lumayan. Biasanya banjir datang disaat musim penghujan deras dan frekuensi sering. Sehingga dapat menyebabkan kebocoran di dalam rumah. Lalu, bagaimana cara mengatasi rumah yang bocor? Berikut beberapa tips untuk Anda!

1. Periksa Titik Bocor

Tips pertama  yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi bocor adalah dengan memeriksa titik-titik yang bocor pada atap. Tahapan ini bisa Anda dilakukan dengan cara menunggu hujan turun, agar Anda dapat mengetahui titik kebocoran dengan tepat.

Jika di rumah Anda memiliki loteng, Anda akan lebih mudah melakukan pemeriksaan kebocoran. Cari noda air atau jamur pada loteng rumah. Kemudian, tandai titik yang bocor.

2. Pasang Lapisan Plastik di Bawah Atap

Tips kedua untuk mengatasi rumah yang bocor adalah dengan memasang plastik di bawah atap. Perlu Anda ketahui jika metode ini hanya bisa digunakan untuk sementara waktu, karena lambat laun plastik yang digunakan dapat rusak dan atap akan kembali bocor. 

Metode ini bisa berguna untuk mengatasi hujan angin. Karena saat hujan angin, air hujan dapat dengan mudah masuk pada celah – celah atap rumah.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Merawat Rumah Saat Musim Hujan

3. Pasang Alumunium Foil pada Atap

Memasang aluminium foil di rangka atap juga menjadi salah satu metode yang dapat mencegah dan mengatasi atap yang bocor, karena aluminium foil ini memiliki bahan yang mampu menahan air hujan dan tampias pada rumah Anda.

4. Periksa Kondisi Talang Air

Talang air merupakan bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat membangun rumah. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan air hujan yang berada di atap menuju wadah penampung. 

Talang air sangat sering tersumbat kotoran di atap rumah, contohnya dedaunan. Bila tersumbat, talang air bisa rusak dan menjadikan atap rumah bocor. Segeralah periksa  kondisi dan bersihkan talang air Anda dengan rutin.

Cara Antisipasi Banjir di Sekitar Rumah

banjir di sekitar rumah

Penyebab banjir yang paling sering kita tau adalah dikarenakan hujan yang terus menerus, akan tetapi, tidak hanya karena hujan saja. Banjir juga dapat disebabkan oleh ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan sehingga membuat sampah menumpuk dan kemudian menyebabkan tersumbatnya air hujan.

Bagaimana cara agar kita bisa mengantisipasi agar tidak terjadinya banjir di lingkungan rumah? Berikut cara antisipasi banjir di sekitar rumah.

1. Menanam Pohon di Halaman Rumah

Pohon memiliki banyak manfaat. Selain memberikan rasa sejuk pada halaman, pohon ternyata memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya banjir. 

Pohon yang memiliki akar yang besar akan membuat lubang pada tanah sehingga membuat masuknya air hujan kedalam tanah lebih jauh. Pohon juga dapat menyerap air hujan, sehingga dapat melancarkan penyerapan air hujan.

2. Membersihkan Selokan 

Membersihkan selokan yang terdapat pada sekitaran rumah secara rutin juga dapat mencegah terjadinya banjir. Selokan yang memiliki banyak sampah dapat membuat penyumbatan pada selokan sehingga membuat aliran air hujan tidak lancar. Selain itu, selokan yang kotor dapat menyebabkan tumbuhnya jentik nyamuk yang membuat DBD oleh karena itu membersihkan selokan secara rutin sangat penting.

3. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Penyebab banjir paling utama adalah pola masyarakat yang kerap kali membuang sampah sembarangan. Seperti yang kita tahu, membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, diare, infeksi kulit dan penyakit lainnya. 

Walau kita hanya membuang sampah kecil, akan tetapi jika dibiarkan lama kelamaan akan menumpuk yang dapat menyebabkan tersumbatnya aliran air hujan yang terdapat pada selokan atau sungai. Hal ini akan menyebabkan banjir dan berbagai masalah lainnya.

BACA JUGA: Apakah Lantai Vinyl Cocok Digunakan Di Daerah Rawan Banjir?

4. Membuat Lubang Resapan Biopori

Banjir disebabkan oleh air yang tidak terserap dengan baik di dalam tanah oleh sebab itu membuat lubang resapan air cukup membantu mencegah terjadinya banjir, menurut wikipedia  lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah, Anda dapat membuat lubang biopori sendiri di halaman rumah Anda Saat ini sudah banyak dipasaran tersedia alat bantu membuat biopori yang berbentuk seperti bor tanah.


Nah itulah tips mengatasi rumah bocor saat banjir beserta cara antisipasi. Jika Anda ingin terhindar terjadinya kebocoran atap, Anda dapat menambah alumunium foil pada pada genteng rumah Anda.

Ingin rekomendasi tempat jual aluminium atap? Anda dapat mendapatkannya di CV. Surabaya Indo Foil. Disana, Anda dapat menemukan aluminium foil atap dengan harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik. 

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks