Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Pompa air menjadi peralatan yang sangat penting saat ini untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya. Karena sudah menjadi kebutuhan, perusahaan yang jual mesin pompa air di Indonesia sudah banyak. Namun Anda harus tahu dulu tips beli pompa air supaya berkualitas dan awet.

Sekarang pompa air tidak hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga saja, namun lebih dari itu. Pompa air sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti industri dan pengairan lahan pertanian. Sehingga sebelum membeli pompa air, Anda harus mempertimbangkan kebutuhannya untuk apa.

Tips Beli Pompa Air

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli mesin pompa air. Simak rangkuman kami berikut ini.

Sekarang sudah ada berbagai jenis pompa air yang tersedia di pasaran dan bisa disesuaikan dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa jenis pompa air yang tersedia di pasaran sesuai dengan kebutuhan.

1. Pompa Air Sumur Dangkal

Pompa Sumur Dangkal - Shimizu
Sumber: shimizu.co.id

Pompa untuk air sumur yang dangkal bisa menggunakan pompa air dengan kedalaman maksimal hingga 9 meter. Pompa air untuk air dangkal pada umumnya mempunyai daya dorong sekitar 7 meter dari posisi pompa air.

Jenis pompa air ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah yang kaya dengan air. Karena keberadaan airnya biasanya dangkal, sehingga bisa disedot oleh pompa yang khusus untuk air sumur dangkal.

Namun Anda harus pastikan kedalamannya kurang dari 9 meter. Pengecekan perlu dilakukan ketika musim kemarau supaya hasilnya akurat.

2. Pompa Air Sumur Dalam Lebih Dari 9 Meter

Pompa Air Sumur Dalam

Jika kedalaman sumur lebih dari 9 meter, pilihlah pompa air yang spesifikasinya lebih bagus. Pompa air untuk kedalaman lebih dari 9 meter ini adalah pompa air semi jet dan pompa air jet. Perbedaan kedua jenis pompa jet tersebut terletak pada daya hisap dan daya pancarnya.

Pompa air jet sudah dilengkapi dengan tabung yang bisa Anda tambah kekuatan daya hisap dan daya pancarnya. Oleh sebab itulah pompa ini lebih kuat dibandingkan dengan pompa semi jet.

3. Pompa Air Diesel

Jenis pompa ini tidak bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Namun pompa air diesel ini banyak digunakan untuk pengairan. Mesin ini bisa menyedot air dengan jumlah yang sangat besar, sehingga cocok untuk pengairan lahan perkebunan dan pengairan.

Menariknya lagi, Anda tidak memerlukan tenaga listrik supaya pompa air ini bekerja. Karena mesin ini menggunakan bahan bakar bensin atau solar.

Baca juga: 10 KEUNGGULAN POMPA AIR TENAGA SURYA

4. Pompa Air Celup

Pompa air yang satu ini digunakan untuk kebutuhan kolam ikan atau akuarium. Cara kerja dari pompa ini yaitu dengan cara mencelupkannya ke dalam sumber air.

Pompa air ini bisa digunakan untuk membuat air yang bersirkulasi dan berfungsi untuk filter air kolam. Pompa air ini biasanya digunakan pada kolam dengan kedalaman sekitar 5 meter saja. Meskipun tidak sepopuler pompa lainnya, perusahaan yang jual mesin pompa air celup sekarang sudah banyak.

5. Pompa Air Booster

Pompa Booster
Sumber: shimizu.co.id

Pompa air yang satu ini tidak mempunyai daya hisap seperti halnya jenis pompa lainnya. Pompa air booster hanya dapat digunakan untuk pendorong atau penambah kekuatan pancaran air.

Pompa air ini biasanya dipasang di tengah instalasi pipa dan bisa Anda gunakan pada saluran tandon air yang terlalu tinggi. Anda juga bisa meletakannya setelah tenon supaya air yang keluar dari keran lebih memancar dan kuat.

Itulah beberapa tips beli pompa air yang bisa Anda jadikan referensi. Jadi untuk membeli pompa air itu harus disesuaikan dengan kebutuhannya untuk apa.

Editor: MUhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks